Mengapa Banyak Situs Menggunakan Clickbait (Umpan)?

April 04, 2018
Belakangan ini kita sering melihat fenomena judul yang memancing orang untuk mengunjungi sebuah situs tertentu. Mulai dari starter blog sampai dengan situs yang berkelas nasional. Judul yang memancing pengunjung inilah yang disebut clickbait.

Namun, penerapan clickbait seringkali terkesan berlebihan. Bahkan, dalam taraf yang lebih parah, judul sama sekali tidak mengintepretasikan isi artikel apapun. Tentu saja, ini akhirnya membuat para pengunjung melontarkan hujatan kepada pengurus situs karena mereka tidak mendapatkan informasi yang dijanjikan.

Mengapa banyak clickbait bertebaran di dunia internet? Salah satunya adalah agar memancing para pengunjung datang ke situs tersebut dan meningkatkan traffic. Meningkatnya traffic situs tersebut pada akhirnya juga berbanding lurus dengan penghasilan yang dihasilkan situs.

Kenapa banyak clickbait?

Lain halnya dengan situs non profit seperti Wikipedia, mereka tidak memerlukan judul yang bersifat clickbait karena memang tidak ada yang dikejar. Sedangkan situs yang mengejar penghasilan akhirnya menggunakan metode ini karena penulisan judul yang benar terkadang tidak memancing orang untuk mengunjungi suatu situs.

Contoh judul yang mengandung clickbait:
Orang ini membuka rahasia tentang kaya dalam satu jam. Lihat caranya!
Atau contoh clickbait yang lebih ekstrim:
Orang ini bisa bangkit dari kematian hingga 20 kali. Alasannya bikin terkejut! 
Tentunya kedua judul di atas sangat menggoda untuk dikunjungi bukan? Namun, secara nalar saja sudah bisa dipastikan kalau kedua kejadian di atas mustahil untuk terjadi di dunia nyata. Namun, demi menggenjot penghasilan situs, maka cara ini dilakukan

Implementasi clickbait yang sangat melenceng, juga terjadi karena latar belakang masyarakat yang masih belum paham tentang dunia internet. Banyak dari kalangan (terutama orang tua) masyarakat yang menilai kalau informasi di internet 100% benar adanya tanpa mengetahui kalau setiap orang bisa dengan bebas dan gratis untuk menyebarkan informasi apapun tanpa klarifikasi di suatu situs internet.

Clickbait ini juga bisa dikaitkan dengan maraknya berita hoax. Berita hoax merupakan "umpan pancingan" yang sangat efektif untuk mendapatkan pengunjung. Pada awalnya, pengelola situs menggunakan judul clickbait untuk memancing ketertarikan calon pengunjung dan dikombinasikan dengan artikel hoax yang membuat pengunjung langsung mengklik tombol share tanpa klarifikasi.
Baca Juga Meskipun Melanggar Hukum, Ini Alasan Mengapa Hoax Tetap Dibuat
Tapi tentu saja perlu diingat, tidak semua clickbait bersifat negatif. Seperti yang sudah diutarakan kalau memang tujuannya adalah meningkatkan pengunjung suatu situs, maka judul clickbait yang bersifat informatif dan dilengkapi dengan artikel yang benar dan relevan tidak bisa disalahkan. Meskipun kontroversial, namun clickbait juga cukup memiliki pengaruh dalam SEO (Search Engine Optimasion).

Akhir kata, saya ingatkan kepada anda untuk tidak hanya melihat artikel dari judulnya saja namun baca terlebih dahulu isinya. Ingat, Undang-undang ITE juga akan menjerat anda yang membagikan berita hoax di internet terlepas anda melek teknologi atau tidak. Selalu waspada terhadap implementasi clickbait yang tidak bertanggung jawab.

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *