Tips dan Trik Cara Mudah Menghafal Jalan Dalam Kota

March 17, 2018
Kemampuan orang dalam topografi memang berbeda-beda. Ada yang bisa dengan mudah menghafal jalan (cukup sekali atau dua kali lewat sudah langsung paham) namun ada juga yang lamban dalam menghafal jalan (saya contohnya).

Sebenarnya konteks menghafal jalan tidak hanya terbatas dalam jalan raya saja, tapi bisa juga digunakan untuk menghafalkan jalan pada pusat perbelanjaan, airport, ataupun tempat lain yang ukurannya cukup besar.

Menghafalkan Jalan Yang Kompleks
Menghafalkan Jalan Yang Kompleks

Saya tergolong sebagai orang yang cukup sulit menghafalkan jalan baru, bahkan meski saya tinggal di kota yang tidak terlalu kompleks yaitu di Surabaya. Saya tidak bisa membayangkan bagaimana jika saya berada di Jakarta, mungkin bisa mati kutu saya.

Namun, lamban bukan berarti tidak bisa. Salah satu cara yang paling sederhana memang sering-sering keluar jalan-jalan mengelilingi kota, namun tidak semua orang bisa terus keliling-keliling setiap hari kecuali anda seorang sales. Berikut saya berikan tips agar anda bisa menghafal jalan dengan lebih mudah

Gunakan aplikasi navigasi

Kehadiran aplikasi navigasi seperti Waze, Google Maps, Apple Maps, dan lain-lain cukup membantu anda dalam mengenali jalan baru. Anda cukup menyetel aplikasi navigasi saat sedang berjalan dan rute pun langsung diatur secara otomatis.

Meskipun begitu, aplikasi navigasi semacam ini tidak diupdate secara real time artinya jika ada jalan yang tiba-tiba dibuat menjadi one way karena suatu alasan, maka tidak terjadi di aplikasi navigasi sehingga anda bisa-bisa malah melanggar lalu lintas.

Selain itu karena sudah beredar larangan untuk menggunakan telepon selular saat berkendara, maka cara ini tidak terlalu disarankan saat anda berada di jalan raya yang ramai.

Hafalkan landmark (acuan)

Salah satu cara yang cukup efektif adalah dengan menghafalkan landmark. Bisa dengan gedung yang memiliki nama cukup unik atau dengan bentuk jalan. Di kota yang cukup besar seperti Surabaya dan Jakarta bisa dengan menggunakan mall atau nama apartemen di sekitarnya.

Cara ini terbukti cukup ampuh, karena saya sendiri sudah mencobanya. Jika sering anda lakukan maka saya yakin otak anda bisa lebih baik daripada aplikasi navigasi.

Gunakan jalan yang sama untuk berangkat dan kembali

Menggunakan jalan alternatif memang lebih cepat dan mudah karena menghindari volume kendaraan yang cukup besar di jalan raya. Namun jika anda langsung menggunakan jalan alternatif yang berbeda saat berangkat dan kembali, maka bisa dipastikan anda akan kesulitan menghafalkan rute jika sewaktu-waktu anda harus menjalankan rute yang sama.

Mengapa? Karena jalan alternatif biasanya merupakan jalan kecil yang masuk ke pemukiman penduduk dan banyak belokan yang harus anda lakukan (contohnya adalah jalan alternatif darmo harapan yang bisa langsung menuju Pakuwon Trade Center Surabaya).

Gunakan sepeda motor

Akan lebih mudah bagi anda untuk berjalan-jalan dan mengukur jalan jika menggunakan sepeda motor. Selain lebih irit bensin, sepeda motor bisa melakukan manuver yang jauh lebih baik daripada mobil (sehingga kalau sewaktu-waktu kebablasan anda bisa langsung memutar).

Sepeda motor juga bisa masuk ke jalan yang tidak bisa dimasuki roda empat, sehingga jika anda mau menggunakan jalan alternatif, akan jauh lebih mudah.

Sering buka aplikasi peta

Sering-seringlah iseng-iseng membuka aplikasi peta. Tidak perlu sampai yang terlalu bagaimana. Cukup ke lokasi yang belum pernah anda tuju sebelumnya. Ini berguna jika sewaktu-waktu anda harus menuju ke lokasi tersebut, maka anda sudah punya ancer-ancernya.

Buka saja beberapa lokasi yang belum pernah dituju, lalu coba lihat bagaimana navigasi ke sana. Tidak perlu setiap hari, tapi misalnya jika anda sedang ada waktu luang.

Memang menghafalkan jalan merupakan perkara yang tidak mudah. Bahkan orang yang keluar setiap hari seperti driver ataupun ojek online pun tidak menjamin mereka bisa menghafalkan seluruh lokasi di penjuru kota. Namun, dengan anda hafal jalan yang akan anda lewati, tentu akan menghemat lebih banyak waktu bukan dibandingkan harus bertanya?

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *