Mengenal Apa Itu Pin Yin Sistem Cara Baca Bahasa Mandarin

March 17, 2018
Bahasa Mandarin merupakan salah satu bahasa yang menggunakan huruf pictographic, yang artinya karakter dibuat berdasarkan gambar. Dan ya, memabng benar kalau karakter mandarin dibuat oleh para pendahulu dengan membuat gambar yang serupa dengan objeknya. Namun bagaimana orang  bisa mengetahui cara baca karakter tersebut? Apakah ada aturan bakunya?

Dengan bentuk pictographic maka Bahasa Mandarin tidak bisa dibaca dengan cara menerka-nerka. Misalnya anda tidak bisa langsung membaca karakter 我 (Wǒ) tanpa bertanya kepada orang yang bisa membaca atau membaca kamus. Jika saya misalkan anda tidak melihat kamus atau tidak bertanya kepada siapapun, maka bagaimana anda bisa mengetahui cara baca karakter itu?

Pengertian Pin Yin
Zhuyin vs Pinyin

Sebelum menggunakan Pin Yin, orang-orang china sudah membuat aturan baku tersendiri dalam cara baca karakter mandarin yang disebut Zhu Yin Fu Hao (注音符号) atau disingkat Zhu Yin atau mandarin phonetic character (arti harafiah : standar pengucapan). Namun, karena sifatnya juga pictographic, maka ini dinilai tidak efektif dan malah mempersulit orang yang mau belajar Bahasa Mandarin karena harus menghafal Zhu Yin dan Han Zi secara bersamaan. Pada masa revolusi China-lah akhirnya ditemukan cara baca yang dinilai jauh lebih mudah. Dan inilah yang disebut Han Yu Pin Yin (汉语拼音) atau biasa kita sebut Pin Yin.
Lihat juga : Bagaimana Bentuk "Abjad" Mandarin Yang Sesungguhnya?
Secara harafiah, 拼音 atau Pin Yin ini berarti penggabungan bunyi. Berbeda dengan Zhu Yin (注音) yang merupakan pictographic, Pin Yin dibuat dari alfabet yunani (terdiri a sampai z) dan dengan sedikit penyesuaian dan aturan (yang dibahas pada artikel lain) sesuai dengan aturan yang sudah diterapkan pada Zhu Yin sebelumnya dan sedikit modifikasi.

Pengembangan dan revisi Pin Yin dimulai sejak tahun 1950 dan langsung diterapkan secara nasional di Republik Rakyat Tiongkok atau RRC pada tahun 1958, menggantikan Zhu Yin yang sudah digunakan selama lebih dari 30 tahun di sana.

Sejak menggunakan Pin Yin, semua orientasi Bahasa Mandarin jadi mengikuti standar interntional. Mulai dari cara baca yang urut dari kiri ke kanan, penggunaan alfabet sebagai cara baca, dan lain-lain. Dan tentu saja ini mempermudah orang-orang dalam mempelajari Bahasa Mandarin baik orang asing maupun orang dari negara China itu sendiri.

Meskipun begitu, urutan dalam Pin Yin tidak dirubah dan tetap mengikuti urutan dari Zhu Yin. Hanya saja jika Zhu Yin menggunakan tabel vertikal, maka Pin Yin mengikuti aturan alfabet standar yaitu dari kiri ke kanan atau horizontal.

Bagaimana peran Zhu Yin dan Pin Yin di mata dunia? Karena dinilai lebih sederhana dan lebih mudah dimengerti, maka Pin Yin yang dipilih sebagai ISO (International Standard Organization) dalam hal Fonetis Bahasa Mandarin. Sehingga, semua buku international sudah menggunakan Pin Yin sebagai petunjuk cara baca, sedangkan Zhu Yin hanya digunakan di Taiwan dan pulau-pulau yang jauh dari kepemerintahan RRC sampai sekarang.

Lalu bagaimana dengan kamus? Beberapa kamus menampilkan cara baca karakter baik dari Zhu Yin dan Pin Yin (contohnya Pleco dalam kamus elektronik) sekaligus. Tentu saja ini bertujuan agar orang Taiwan tetap bisa menggunakan kamus tersebut mengingat Pin Yin tidak digunakan di Taiwan.

Itulah sejarah dan pengertian Pin Yin, Sistem Cara Baca Bahasa Mandarin yang sekarang. Dengan ini tentunya anda akan lebih semangat untuk mempelajari bahasa Mandarin. Mengingat, pemerintah Tiongkok sendiri terus bekerja keras dan berusaha membuat bahasa Mandarin semakin mudah dipelajari bagi khalayak banyak.

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *