Jenis Dan Pengertian Konsep Pembangunan Properti

March 16, 2018
Membeli properti idaman sudah tentu menjadi impian banyak orang. Namun, memilih jenis properti yang akan dibeli juga bukan perkara mudah. Salah-salah malah anda mendapatkan hunian yang tidak cocok dengan kepribadian anda.

Nah, dalam tulisan ini akan saya bahas beberapa konsep properti yang mungkin akan cocok sebagai bahan pertimbangan anda baik itu apartemen maupun perumahan.

Minimalis

Minimalis adalah desain yang cocok bagi para keluarga baru atau professional muda. Selain ukurannya yang tidak terlalu besar, harganya juga bisa dibilang cukup terjangkau.

Rumah Minimalis
Rumah Minimalis

Namun jangan salah. Namanya memang minimalis, tapi tidak berarti anda mendapatkan properti dengan kualitas ecek-ecek. Bahkan sebagian besar developer perumahan sudah mulai menggunakan konsep dan desain ini untuk perumahannya, dengan alasan lebih modern dan sepertinya benar karena bangunan minimalis terlihat lebih "fresh" daripada model bangunan lain.

Klasik Modern

Bagi anda yang mencari properti dengan model yang tidak biasa, maka bisa memilih model klasik modern. Biasanya terdapat pilar-pilar berukuran besar tampak depan bangunan dan desain seperti jaman romawi.

Karena kehadiran pillar tersebut, plafon untuk rumah dengan jenis klasik ikut menjadi sangat tinggi bahkan bisa sampai 4 meter! Dan tentunya memberikan sirkulasi udara yang sangat baik untuk rumah anda.

Rumah tumbuh

Belakangan ini mulai ramai digunakan untuk model pembangunan. Apa yang dimaksud dengan rumah tumbuh? Yaitu rumah yang bisa ditambah bangunannya sewaktu-waktu. Artinya jika hari ini anda membeli rumah dengan luas bangunan 36 m2, maka bukan tidak mungkin kedepannya anda bisa menambah bangunan hingga 90 m2 dan tentunya harus dibarengi dengan perhitungan yang tepat.

Contoh konsep rumah tumbuh adalah di perumahan Royal Residence Menganti Gresik.

Garden Villa

Ini adalah konsep baru yang unik namun sayangnya kurang populer. Konsep Garden Villa merupakan konsep pembangunan rumah 4 lantai yang berjejeran dan disertai taman dan jalan pribadi yang tidak menjadi satu dengan jalan umum.

Apa maksudnya? Mungkin anda bisa melihat salah satu perumahan yang mengusung komplek Garden Villa adalah Wisata Bukit Mas Surabaya tepatnya di cluster Nothredame. Di sana anda akan melihat desain rumah yang agak mirip dengan desain rumah toko (Ruko) 4 laintai yang saling berjejeran.
Garden Villa Wisata Bukit Mas Surabaya
Garden Villa Wisata Bukit Mas Surabaya

Di sana juga anda akan melihat 2 tingkat jalan, yaitu satu jalan raya yang berada di basement, befungsi untuk lalu lintas kendaraan serta akses parkir (tentu saja memiliki kelebihan anti hujan dan panas yang baik untuk kendaraan anda). Serta jalan pribadi di tingkat duanya yang bisa anda manfaatkan untuk taman sekaligus tempat ngobrol dengan tetannga.

Konsep Garden Villa biasanya memiliki jumlah kamar yang banyak (diatas 4 kamar) karena memang umumnya juga digunakan untuk liburan. Dan pula memiliki fasilitas pribadi yang hanya boleh digunakan untuk penghuni cluster tersebut.

Resort

Biasa digunakan untuk apartemen. Konsep pembangunan resort merupakan konsep yang mengutamakan ruang terbuka (tidak berjejal-jejalan) bahkan untuk apartemen sekalipun. Ruang terbuka digunakan untuk taman, fasilitas, penghijauan, playground, danau, dan lain-lain.

Resort Apartment
Contoh Pembangunan Resort

Konsep ini biasanya digunakan untuk perumahan elit. Jika mau yang harga terjangkau, bisa memilih apartemen karena apartemen juga sering mengusung model ini. Terkadang ketika saya berada di sebuah perumahan atau apartemen yang memiliki konsep resort, saya merasa tidak sedang berada di Indonesia. Karena memang konsep pembangunannya yang sangat dihitung dengan teliti dan indah.

American Style

Meniru konsep yang ada di Amerika, beberapa developer mulai membangun perumahan dengan konsep american style. Konsep ini mengakibatkan rumah dan lingkungan yang dibangun memiliki nuansa Western.

Di Surabaya, saya masih belum menemukan perumahan yang mengusung konsep ini. Jika di Jabodetabek anda bisa melihatnya di komplek Paramount Land Gading Serpong.

Itulah kira-kira beberapa konsep pembangunan properti yang banyak dipakai oleh para developer untuk mengembangkan proyek perumahan mereka. Pastikan anda memilih konsep yang cocok dengan selera anda, dan tentu saja yang cocok di kantong juga karena setiap konsep pasti berimbas ke harga rumah.

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *