Pengertian Apa Itu Unit LOFT di Apartemen Dan Kelebihannya

March 23, 2018
Siapa bilang kalau tinggal di apartemen tidak bisa tingkat? Kali ini saya akan memperkenalkan apa itu konsep LOFT dalam unit apartemen. Sedikit informasi saja, di Surabaya masih belum banyak apartemen yang menyediakan unit jenis LOFT ini.

LOFT sendiri bukan merupakan singkatan dari akronim apapun. Penggambaran unit LOFT ssecara garis besar adalah konsep unit apartemen 2 lantai. Ada unit LOFT yang memiliki void dan ada yang tidak, bergantung dengan bagaimana developer membangunnya.

Apa Itu LOFT?

Beberapa contoh proyek apartemen yang menyediakan pilihan unit LOFT adalah Waterplace Residence, Vieloft Ciputra World, dan Atrivm Residence.

Memilih unit LOFT, tentunya akan menyediakan space yang jauh lebih luas daripada unit biasa. Meskipun anda memilih unit 1 bedroom sekalipun anda tetap masih bisa mendapatkan ruang keluarga dan dapur yang cukup luas.

Untuk urusan penataan, biasanya di lantai dua dilengkapi kamar tidur sedangkan lantai satu untuk dapur dan ruang keluarga. Dengan menempatkan semua kamar di tingkat dua, maka tidak ada space yang terbuang di lantai satu. Meskipun begitu, untuk unit loft yang memiliki kamar tidur lebih dari satu, terdapat kamar mandi juga di lantai dua.

Selain space yang lebih lebar, unit LOFT juga memungkinkan anda untuk menerima tamu tanpa mengganggu privasi di kamar anda mengingat ruang keluarga yang berada di bawah.
Beberapa developer ada yang menyebut ini dengan tipe Mezzanine. Sama saja sebenarnya, hanya berbeda penyebutan.
Unit dengan tipe LOFT ini memiliki peluang pengembangan yang cukup variatif. Bahkan ada unit yang memiliki taman pribadi, yang notabene tidak mungkin jika anda tinggal di Apartemen. Contohnya adalah Garden Manion di 88 Avenue, tipe LOFT ini memungkinkan untuk memiliki space tambahan di balkon (tidak harus taman).

Denah LOFT
Contoh Denah LOFT

Dengan adanya void, maka anda juga bisa memasang lampu kristal untuk kepentingan dekoratif. Bayangkan saja jika anda memasang lampu kristal besar di unit apartemen biasa yang plafonnya tidak terlalu tinggi? Namun, dengan unit LOFT maka ini menjadi mungkin.

Menggunakan unit LOFT juga dapat memberikan angle view yang lebih luas dari unit biasa. Namun, ebagai kompensasinya anda tidak bisa melihat view dari kamar karena posisi pintu masuk dan tingkat dua otomatis menjadi segaris jika anda ingin mendapatkan view yang lebih luas.

Bagaimana penghitungan Semi Gross Area (SGA) atau luasnya? Sama saja dengan biasa. Karena yang dihitung sebagai luas hanyalah yang terdapat bangunan, sedangkan void tidak dihitung sehingga tidak perlu khawatir ada kelebihan hitung.
Lihat Juga : Pengertian Apa Itu SOHO Dalam Dunia Properti
Berbeda dengan SOHO, tidak semua unit LOFT bisa digunakan untuk hunian sekaligus tempat usaha. Karena ada developer yang mendeskripsikan LOFT sebagai SOHO sekaligus dan ada yang tidak. Pastikan anda menanyakan hal ini ke marketing yang menghandle anda agar tidak terjadi salah paham.

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *