Mengapa Game Gratis Lebih Populer Daripada Berbayar?

May 09, 2016
Gratis atau bayar? Dua pertanyaan ini terlihat sepele, tapi nanti hasil akhirnya akan sangat berbeda. Jika anda adalah seorang game addict, tentunya anda sering melihat ada game yang gratis dan ada juga yang berbayar. Baik itu versi apa pun. Wii, PS, Ponsel, Komputer, dan lain-lain.

Free Games?
Tentunya semua orang cinta yang gratis daripada yang berbayar. Alasan utamanya adalah apabila ternyata game tersebut tidak sesuai dengan ekspetasi kita, kita tidak kehilangan uang terlebih dahulu. Tapi, apa hanya itu alasannya? Tentu tidak, ada banyak alasan lain yang membuat anda akan memilih yang gratis daripada yang berbayar. Dan memang, faktanya perkembangan game yang gratis jauh lebih cepat daripada yang versi berbayar.

Game gratis tidak repot dengan pembayaran


Game gratis tentu hanya perlu modal kuota internet (untuk mendownload tentunya). Jika anda ingin memainkan game berbayar, tentu anda harus melakukan pembayaran terlebih dahulu, baik itu offline lewat toko atau order (tentu saja harus menunggu hingga barang sampai dan apabila membeli di toko, ada kemungkinan game tersebut habis terjual), maupun lewat online (anda harus melewati prosedur pembayaran via kartu kredit atau yang lainnya). Jika anda sudah memiliki semua itu, tidak begitu masalah. Tapi, bagaimana yang tidak? Masa, harus menunggu orang tua terlebih dahulu? Jika anda lewat order VCD, ada juga resiko barang tidak sampai ke rumah atau rusak di tengah pengiriman.

Game gratis biasanya lebih ramai pemain


Sekarang kita berbicara khusus game online. Game gratis tentu saja lebih ramai pemain karena siapa saja bisa memainkannya, tidak peduli anda memiliki uang atau tidak. Terlebih lagi, jika anda memainkan game online berbayar, anda harus rutin memperbarui lisensi bermain anda atau anda tidak akan bisa login. Tentunya ini agak merepotkan, terutama jika secara isidental (entah kelupaan atau bagaimana) anda tidak memperpanjang lisensi bermain anda, dan ketika anda mau login anda baru teringat hal tersebut. Jelas ini sudah membuat "semangat bermain" down lebih dahulu.

Mengenal rating dalam dunia game dan film : Mengenal Batasan Usia Dalam Video Game dan Perfilman

Memang, suasana dalam game online yang gratis biasanya agak tidak seimbang (karena hadirnya fitur in app purchase atau yang dikenal dengan istilah item mall). Tapi sepertinya harga lisensi bermain yang diakumulasi selama beberapa tahun, harganya juga tidak lebih murah.

Game gratis lebih aman dari pembajakan


Kalau sudah gratis, mau dibajak bagaimana lagi? Ini yang membuat game gratis dirasa lebih ramah dari kejahatan cyber. Dengan memainkan game gratis yang anti bajakan, anda pastinya tidak dirudung rasa bersalah dan bagi pembuat, juga tidak akan menanggung rugi karena gamenya dibajak. Nah, jika anda tidak mau berkontribusi dalam dunia pirasi seperti itu, lebih baik memainkan game gratis daripada memainkan game berbayar tapi bajakan.

Tapi ada juga kekurangannya


Apa kekurangannya? Tentu saja, biasanya game gratis tidak dikerjakan semaksimal mungkin, sehingga seringkali banyak ditemukan bug dan glitch dalam jumlah besar. Belum lagi ada game gratis yang dikerjakan asal-asalan dan tidak layak rilis (biasanya terlihat dari gambar yang acak-acakan, gameplay tidak jelas, dan interface yang merepotkan). Tapi, tidak sedikit juga kok game gratis yang dikerjakan dengan sangat baik bahkan sempurna.

Satu lagi, jika kita bicara tentang game gratis ponsel, tentu saja anda akan ingat dengan yang namanya ads. Ya, advertising yang berlebihan, terutama yang berbasis pop-up di tengah permainan yang tentu saja mengganggu kenyamanan bermain. Namun, jika periklanan tersebut masih di dalam taraf yang masih bisa ditolerir tentu tidak masalah bukan?

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *