Uji Kecepatan Situs Dengan GTMetrix

May 08, 2016
Memiliki situs dengan tingkat kecepatan muat yang tinggi memang sudah wajib hukumnya bagi seorang webmaster atau pun blogger. Bahkan, Google pun mengatakan bahwa "sebuah situs haruslah cepat" dan memang survey membuktikan bahwa 51% pengguna internet akan meninggalkan situs yang mereka kunjungi apabila tidak dapat menyelesaikan pemuatan semua sumber daya situs selama 4 detik. Ya, cuma 4 detik dan visitor anda akan terbang semua apabila tidak dapat memenuhi aturan tersebut.

GTMetrix, test your page

Jika semua itu terjadi, tentu saja buruk efeknya terhadap situs anda. Terutama terhadap ratio bounce rate (pengunjung yang keluar dari sebuah situs tanpa melakukan tindak lanjut terhadap situs tersebut). Jika, ratio bounce rate tinggi, maka kesehatan situs tersebut harus dipertanyakan.

Nah, untuk itu, anda dapat menguji kecepatan situs anda dengan menggunakan tool bernama GTMetrix. Tool ini menggunakan dua acuan dalam menentukan hasil, yaitu YSlow (milik Yahoo) dan Google Speed Insights (Milik Google) dan tentu saja keduanya bukan tool biasa yang dibuat oleh antah berantah.

Disini, situs anda akan dianalisis dari berbagai aspek. Mulai dari penggunaan cache, pengompressan gambar, sampai penggunaan header. Setiap aspek memiliki nilai sendiri-sendiri dan dikonversikan ke dalam sistem grading (A-F) lalu dirata-rata. GTMetrix juga menyediakan nilai rata-rata pada setiap aspek yang dinilai, sehingga anda dapat mengetahui apakah nilai yang anda peroleh sudah sesuai dengan standar pada umumnya atau tidak.

Anda juga bisa melakukan komparasi dengan situs lain. Apabila anda ingin mengetahui  (misalnya jika anda memiliki situs lebih dari satu dan anda ingin membandingkan satu sama lain) mana yang paling baik, maka anda bisa mencoba fitur komparasi ini. Nantinya, satu sama lain akan terlihat keunggulannya (ditandai dengan panah warna hijau) dan kelemahannya (panah warna merah).

Untuk mobilitas yang lebih tinggi (terutama untuk kepentingan bisnis), GTMetrix juga menyediakan fitur GTMetrix Pro. Dengan menggunakan versi Pro, maka anda akan mendapatkan fitur-fitur tambahan seperti Pengecekan otomatis setiap jam. Terdapat 5 versi  paket yang disediakan yaitu Basic, Bronze, Silver, Gold, dan Custom (desain sendiri). Anda bisa memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Untuk cara penggunaannya sendiri tidak sulit, cukup mengunjungi alamatnya saja (gtmetrix.com), lalu tinggal masukan alamat web yang ingin anda analisis lalu tekan Analyze, maka anda GTMetrix akan melakukan analisa dan memberikan hasilnya kepada anda.

Dengan tool ini, maka anda bisa mengoptimalkan performa dari situs web anda. Siap bersaing?

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *