Keuntungan Memiliki Kemampuan Baca Cepat

May 10, 2016
Jaman sekarang siapa yang tidak bisa membaca? Tentu saja hampir semua orang jaman sekarang sudah bisa membaca, setidaknya membaca tulisan bahasa sendiri. Kemampuan baca orang rata-rata memang "hanya" 400 kata per menit, secara terlihat sedikit bukan?

Meningkatkan kemampuan kecepatan membaca memang masih terlihat belum esensial akhir-akhir ini, karena banyak orang merasa sudah cukup memiliki kecepatan baca orang biasa. Padahal, jika memiliki kemampuan membaca tingkat tinggi, tentunya banyak keuntungan yang didapatkan mulai dari yang kecil sampai yang besar. Coba lihat beberapa manfaatnya:

Seberapa Cepat Anda Membaca

Tidak perlu waktu lama untuk mengerjakan ujian apapun terutama di bagian membaca


Ujian seperti UNAS, SBMPTN, UAS, dan ujian-ujian lainnya, terutama yang berkaitan dengan bahasa tentunya memiliki soal yang berupa tulisan bukan? Apalagi jika itu adalah soal bahasa (entah bahasa apapun), panjang soal bisa-bisa terlihat sangat panjang sampai-sampai anda malas untuk mengerjakannya. Ada beberapa teman saya dari yang rajin sampai yang malas, ternyata menjawab soal yang berupa bacaan panjang dengan cara menebak karena takut tidak sempat mengerjakan soal yang lain.

Nah, lain halnya jika anda memiliki kemampuan baca cepat 1000 kata per menit bukan? Sepanjang-panjangnya soal, rasanya tidak mungkin sampai 1 buku bukan? Dengan kemampuan kecepatan baca yang di atas rata-rata, mengerjakan soal yang berupa cerita atau analisis bacaan, tidak terlalu sulit.

Tidak perlu waktu banyak untuk menghabiskan satu novel atau buku lainnya


Bayangkan jika anda adalah seorang pembaca novel, dan anda memiliki kemampuan baca yang tergolong biasa. Mau berapa hari untuk menghabiskan 1 seri novel? Apalagi kalau novel tersebut adalah pinjaman dari teman atau sewa dari perpustakaan, terasa sayang bukan apabila tidak bisa menyelesaikan membaca novel tersebut dalam jangka waktu yang ditentukan?

Lain halnya jika anda memiliki kemampuan baca tingkat tinggi dengan kecepatan baca 1500-2000 kata per menit. Jumlah kata dalam novel minimal adalah 40.000 kita (bisa lebih), maka jika anda memiliki kemampuan baca biasa, membutuhkan waktu sekitar 40.000/400, maka memerlukan waktu sekitar 100 menit. Sedangkan, jika memiliki kemampuan baca 2000 kata per menit, maka waktu yang diperlukan adalah 40.000/2000, maka waktu yang diperlukan hanyalah 5 menit untuk melahap novel tersebut.

Tidak perlu waktu lama untuk membaca artikel di web


Terlihat cukup sepele, namun apabila anda bisa membaca dengan cepat artikel yang ada di web, anda tidak perlu menghabiskan waktu berlama-lama de belakang komputer atau HP anda dan artinya anda lebih sayang terhadap mata anda.

Apakah mustahil memiliki kemampuan membaca super cepat seperti yang saya sebutkan di atas? Tidak juga, ada beberapa seminar yang mengadakan pelatihan baca cepat. Salah satunya adalah WBA speed reading yang berlokasi di JX International, Surabaya. Seminar tersebut dihelat setiap minggu. Ada juga seminar bacakilat yang dihelat di Gedung Pusdiklat Bulog di Jakarta Selatan. Nah, sekarang bagaimana dengan kemampuan baca anda sendiri?

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *