Aplikasi Untuk Menulis Hanzi di Smartphone

May 03, 2016
Belajar Bahasa Mandarin tapi ponsel tidak bisa menulis hanzi? Terdengar sedikit aneh. Beberapa orang memang menggunakan cara lama untuk memasukkan hanzi lewat handphone yaitu dengan menggunakan mengetikkan pinyin/zhuyin di Google Translate lalu menyalinnya ke tempat yang diinginkan. Tapi tidakkah terasa sangat ribet, karena harus gonta ganti aplikasi terus menerus?
Lihat Juga : Perlengkapan Epik Untuk Belajar Bahasa Mandarin
Nah, beberapa orang juga sering bertanya bagaimana cara menulis hanzi di ponsel. Di sini saya akan memberitahu anda aplikasi yang nyaman dan bagus untuk digunakan menulis hanzi di ponsel. Tenang saja, semua aplikasi yang saya sarankan mendukung metode pengetikkan hanzi untuk tradisional maupun simplified serta mendukung metode input hybird (bisa diganti ke input biasa kembali).

Sogou Shurufa (搜狗输入法)


Sogou Shurufa

Salah satu metode input pinyin yang paling terkenal di jagat komputer (saya menggunakan sogou di komputer). Selain penggunaannya yang mudah, fitur yang beragam, serta skin yang bisa diganti sesuka hati dan mendukung input hand recognizing. Nah, kali ini sogou sepertinya juga menduduki posisi teratas.

Dibekali fitur yang hampir sama dengan versi komputernya, sogou hadir di dnia smartphone sebagai input method terbaik. eberapa fitur unggulannya adalah pinyin yang bisa diedit (aplikasi lain tidak bisa mengedit pinyin yang sudah dimasukkan, sehingga apabila ada kesalahan di tengah-tengah pengetikan, harus menghapus dari posisi pengetikan terakhir). Sogou juga menyediakan emoji yang otomatis muncul apabila kata yang diketikkan pas dengan emoji tersebut. Sogou juga memberikan kemudahan untuk menulis 短语 (duan yu = kalimat singkat) dengan menyediakan template yang sering digunakan dalam percakapan.

QQ Shurufa (QQ输入法)


QQ Shurufa

QQ shurufa juga merupakan metode input yang cukup terkenal di jagat komputer setelah sogou. Fitur yang disediakan sudah dirasa cukup untuk melakukan pengetikan hanzi. Mendukung metode input suara, pinyin, wubi, dan tentu saja hand recognizing. Fitur-fiturnya bisa dibilang sampir sama dengan Sogou.

Google Pinyin Input


Google Pinyin Input

Jika anda ingin metode input hanzi yang tidak berbeda dengan metode input konvensional android, anda bisa memilih opsi ini. Tampilannya tidak jauh berbeda dengan keyboard android konvensional. Namun sayang, minim kustominasi. Google pinyin input mendukung 4 macam layout pengetikan (Qwerty, T9, Hand recognizing, serta metode input wubi). Sangat mudah digunakan untuk pemula, karena bahasa pengantarnya juga menggunakan Bahasa Inggris (berbeda dengan QQ dan Sogou yang menggunakan bahasa pengantar Bahasa Mandarin).

GO Keyboard


GO Keyboard

Bisa dibilang ini adalah aplikasi input method dengan fitur terlengkap yang pernah ada. Kustominasi tanpa batas, navigasi lengkap, emoji, serta dukungan bahasa yang berlimpah. Artinya, jika anda menggunakan GO Keyboard, maka tidak perlu mendownload aplikasi input method lainnya dan cukup mendownload bahasanya saja (tentu saja ukurannya lebih kecil daripada anda mendownload aplikasinya). Sayang GO Keyboard cukup berat apabila dijalankan di ponsel low end, sehingga tidak disarankan untuk menggunakannya di ponsel dengan kapasitas RAM kecil.

Bagaimana? Sekarang tidak bingung pastinya jika ingin menulis hanzi di ponsel. Cukup mengunduh salah satu dari semua aplikasi di atas, maka anda sudah bisa melakukan pengetikan hanzi dengan mudah dan nyaman.

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *