Mengenal Hanping, Kamus dengan Fitur Lengkap Cocok Untuk Starter

May 05, 2016
Belajar Bahasa tidak mungkin bukan tanpa menggunakan kamus? Menggunakan kamus, tentunya berfungsi untuk mencari kata-kata yang anda tidak ketahui artinya. Namun, jika anda menggunakan buku kamus biasa dalam mempelajari Bahasa Mandarin, anda harus hafal 158 urutan radical menurut Kangxi ci dian (kamus kangxi) sehingga tentunya sangat rumit dan kompleks terutama untuk anda yang tidak terlalu cepat dan mudah menghafal ini bukan perkara mudah.

Hanping Clipboard

Oleh karena itu, kamus elektronik pun dijadikan pilihan terbaik. Yup, karena bisa dengan mudah mencari arti dari sebuah kata hanya dengan mengetikkan pinyin, zhuyin, atau metode input apapun tanpa harus repot menghafal 158 radicals. Begitu juga jika ingin mencari Bahasa Indonesia ke Bahasa Mandarin, cukup mengetikkan kata yang ingin dicari dan secara otomatis kamus elektronik anda akan menampilkan hasil yang paling relevan.
Lihat Juga : Pleco, Aplikasi Kamus Mandarin Elektronik Berlogo Ikan
Sebelumnya, saya pernah menulis tentang kamus elektronik Pleco, nah sekarang saya akan menulis tentang Hanping, kamus ini memiliki 2 versi yaitu versi berbayar (fitur lengkap) dan gratisnya (fitur terbatas).

Untuk yang versi gratisnya sendiri tetap sudah mendukung berbagai macam fitur (hanya minus di OCR (Optical Camera Recognition), Contoh kalimat, dan Cantonese).

Memang tidak sekompleks Pleco, karena di Hanping tidak ada contoh kata tambahan apabila anda mencari satu kata, tidak adanya contoh kalimat, dan tidak adanya komponen serta radical. Tapi, seperti yang saya katakan, karena sederhana dan tidak terlalu kompleks, maka kamus ini cocok untuk starter yang baru belajar Bahasa Mandarin.
Alat Belajar Mandarin lainnya cek : Perlengkapan Epik Untuk Belajar Bahasa Mandarin
Untuk fitur pencariannya sendiri, juga sudah mendukung fitur Custom Search (pencarian dengan kode tertentu untuk mewakili sebuah kata). Contoh jika anda ingin menulis 吃饭 (chi fan = makan) namun anda lupa kata 饭, maka anda bisa menuliskan "chi1*" dengan ini kata 饭 diwakili oleh tanda bintang. Anda juga bisa mencari kata lengkap dengan nadanya, misal jika ingin mencari 吃 (chi nada 1) maka anda bisa menuliskan "chi1" untuk hasil yang lebih akurat. 

Hanping Search

Namun ada beberapa fitur unggulan yang dimiliki oleh Hanping ini.yaitu "Clipboard Monitoring", yaitu fitur yang bisa menerjemahkan kata yang anda copy ke clipboard secara otomatis. Sangat membantu, terutama apabila anda sering menemukan hanzi yang tidak anda ketahui artinya di internet.

Fitur unggulan lainnya adalah, kompatibilitas terhadap Traditional Character. Apabila anda mempelajari Simplified serta Traditional Character, maka Hanping bisa menampilkan versi dari kedua hanzi tersebut dalam satu waktu.

Lalu Hanping juga memiliki beberapa list untuk anda yang ingin mempelajari Bahasa Mandarin dalam lingkup tertentu. Hanping menyediakan 12 list secara default. Contohnya jika anda ingin mempelajari idiom, maka Hanping sudah menyediakan daftarnya untuk memudahkan anda belajar.

Hanping Radicals

Di samping itu, Hanping juga menyediakan daftar radical lengkap dengan artinya. Jika anda memilih salah satu dari radical itu, maka akan muncul daftar hanzi yang menggunakan radical tersebut.

Bagaimana? Dengan adanya kamus keren ini, belajar Bahasa Mandarin menjadi lebih mudah bukan?

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *