Cara Cerdas Menghindari Virus Agar Tidak Mampir ke Komputer Anda

May 01, 2016
Anda tentu kesal apabila komputer anda terkena virus bukan? Apalagi kalau sampai memperlambat kinerja komputer, komputer anda menjadi sulit untuk melakukan apapun seperti bermain game, bekerja, atau apa pun. Bahkan, di beberapa kasus ada virus yang menyebabkan beberapa program penting seperti Photoshop atau Microsoft Office menjadi tidak bisa dijalankan.

Sialnya, virus ini bisa datang tanpa diundang. Banyak sekali media yang bisa mengantarkan virus-virus ini agar bisa mampir ke komputer anda. Kebanyakan virus berasal dari flashdisk yang sering berpindah tangan (sering dipinjamkan), atau malware yang secara tidak sengaja terunduh dari internet. Tentu anda tidak menginginkan hal tersebut terjadi di komputer anda bukan? Dalam kasus yang sudah terlalu parah, komputer harus diformat ulang dan tentu saja ini menghapus semua data anda (termasuk data penting).

Virus Komputer

Virus pun ada beberapa jenis. Beberapa di antaranya adalah spyware, adware, malware, PUP (Potentialy Unwanted Programs), dan lain-lain. Masing-masing virus memiliki sifat dan cara menginfeksi sendiri-sendiri. Nah, di artikel ini, saya akan memberitahu anda semua agar komputer anda terbebas dan bisa tercegah dari virus.
Lihat Juga : Mengamankan Komputer Dari Tangan Jahil

Pasang Antivirus yang kredibel


Hati-hati dalam memilih antivirus, pastikan anda sudah membaca testimoni dari pengguna sebelumnya. Ada beberapa antivirus abal-abal yang tidak melakukan kerja apa pun di komputer anda, atau bahkan malah merusak komputer anda (dengan memunculkan iklan atau malah memperberat kinerja komputer).

Anda bisa menguji kemampuan antivirus anda (cara ini tidak terlalu disarankan), dengan menancapkan flashdisk yang sudah terdapat virus di dalamnya. Jika antivirus anda tidak bereaksi, maka bisa dipastikan antivirus yang anda gunakan adalah antivirus abal-abal. Saya menyarankan anda menggunakan Avast atau AVG (menurut pengalaman saya 2 antivirus ini cukup ampuh mencegah datangnya virus dari mana pun dan jenis apa pun).

Hati-hati mengakses internet


Hal ini masih berhubungan dengan poin pertama tadi. Jika anda mengakses internet, pastikan anda membuka halaman yang memiliki reputasi baik. Reputasi baik disini termasuk sedikit banyaknya munculan (pop-up iklan atau yang lainnya). Pop Up ini biasanya akan mengarahkan anda ke situs yang tidak jelas (dan tentunya berpotensi mengandung virus). Nah, jika anda menggunakan antivirus yang baik, hal ini bisa dicegah karena antivirus akan mencekal akses ke sana. Namun, apabila komputer anda tidak dilindungi oleh antivirus yang memadai atau anda tengah menggunakan komputer orang lain, sebaiknya hanya mengunjungi halaman yang memiliki reputasi yang baik.

Situs yang memiliki reputasi buruk biasanya adalah situs download non-official, penyedia serial number, atau situs konten dewasa. Ada baiknya anda benar-benar melakukan pertimbangan terlebih dahulu sebelum mengunjungi situs-situs seperti itu.

Waspada saat menginstall program baru


Berhubungan dengan poin kedua tadi, jika anda mendownload aplikasi dari situs download non official (tidak resmi), maka kemungkinan installer tersebut telah ditumpangi program lainnya yang tidak anda ketahui (biasanya adware). Pastikan anda membaca dengan teliti apa yang akan anda install, apakah benar program tersebut (hati-hati ketika anda melihat bagian terms and condition, karena biasanya di situ terdapat celah untuk menambahkan program tersembunyi). Jika memang sudah terlanjur, anda masih bisa menggunakan program AdWare Cleaner keluaran Xplode untuk menghapus adware yang menyerang komputer anda.

Pastikan anda mengunduh file dengan ekstensi yang benar


Untuk orang awam yang tidak terlalu paham dengan dunia komputer, kadang-kadang asal melakukan download file tanpa melihat ekstensinya terlebih dahulu. Misal mengunduh lagu tapi ekstensinya .exe (executable, ekstensi untuk program yang biasanya dijalankan). Hati-hati! Karena kemungkinan besar itu adalah virus jenis spyware atau malware, yang bisa merusak dan mencuri data di komputer anda. Pastikan anda mengunduh file dengan ekstensi yang benar.

Memasang deep freeze


Apabila komputer anda sering dipinjam, memasang program deep freeze bisa menjadi solusi ampuh untuk mencegah virus datang ke komputer anda. Program deep freeze ini nantinya akan "membekukan" sistem komputer anda, sehingga program tidak bisa melakukan perubahan apa pun. Cukup efektif.

Memang tidak mungkin menghilangkan virus dari jagat komputer. Saya sendiri juga tidak begitu paham apa modus dari pencipta virus ini (jelas merugikan orang lain) dan anda hanya bisa mencegahnya agar tidak bersarang di komputer anda. Semoga artikel ini membantu. Salam!

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *