Mengenal Lebih Dekat Istilah "One Stop"

Mungkin anda pernah atau bahkan sering mendengar istilah "One Stop". Jika diartikan secara mentah-mentah maka artinya adalah "satu kali berhenti saja", contohnya adalah istilah "One Stop Shopping", maka artinya adalah "Berbelanja dengan satu kali berhenti saja". Nah, apa maksud dari satu pemberhentian tersebut?

Mengenal Lebih Dekat Istilah "One Stop"

Pada dasarnya, manusia sangat tidak suka repot. Sekarang anda coba membayangkan saat anda harus berbelanja banyak jenis barang sekaligus, misal harus beli bahan makanan, perkakas, dan alat kebersihan rumah tangga. Jika anda membelinya di tempatnya sendiri-sendiri, tentu saja tidak mungkin karena pasti terkendala waktu dan energi.

Nah, karena itulah istilah "One Stop Shopping" digalakan. Jika anda berkunjung ke suatu supermarket besar yang ternama, maka anda bisa membeli banyak jenis barang dalam satu waktu, tanpa harus berpindah toko. Salah satu contohnya adalah Transmart Carrefour, dimana mereka menyediakan pakaian, bahan makanan, perkakas, alat elektronik, sampai perabotan rumah tangga. Semua dalam satu lokasi.

Strategi One Stop banyak digunakan untuk menarik pelanggan dari daerah konvensional seperti pasar tradisional. Namun, One Stop ini bukan berarti tidak ada kekurangan. Ya, karena menyediakan dari terlalu banyak bidang, maka biasanya yang disediakan juga tidak 100% lengkap seperti toko yang dikhususkan untuk menjual barang tersebut. Contohnya, anda bisa membeli alat-alat perkakas sederhana seperti obeng di minimarket, tapi coba anda membeli bor atau kunci pas dengan ukuran bervariasi atau membeli dongkrak hidrolik.

Istilah One Stop juga ada di dunia maya. Seperti "One Stop Download", artinya anda bisa mendownload apapun di situs tersebut. Muali dari game, ringtone, musik, wallpaper, dan lain-lain.

Istilah One Stop juga bisa dikatakan identik dengan All In One, atau semua menjadi satu.

Sangat signifikan bukan perbedaan anatara One Stop dengan konvensional? Dengan adanya fasilitas "One Stop", maka urusan apapun dapat diselesaikan dengan waktu singkat. Namun, jika anda membutuhkan sesuatu yang lebih lengkap, maka tetap disarankan untuk pergi ke tempat yang memang dikhususkan untuk hal tersebut karena kembali lagi, One Stop hanya untuk ruang lingkup luas.
Dwinandha Legawa
Dwinandha Legawa Author blog yang lagi sibuk berkelana. Temukan saya di LinkedIn:

4 comments for "Mengenal Lebih Dekat Istilah "One Stop""

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog.