Cara Mengatur Aplikasi Startup Komputer Dengan MSCONFIG

December 18, 2015
Startup komputer lemot? Tentu saja menyebalkan! Apalagi kalau sedang dikejar-kejar waktu, misalnya ketika anda akan memulai presentasi namun laptop anda menyala dengan kecepatan startup yang setara dengan kecepatan seekor siput yang berlari, wah! bisa berkurang rasa siap anda di hadapan audiens. Atau misalnya anda tengah bermain game, lalu tiba-tiba komputer anda melakukan restart otomatis (mungkin karena error atau kepanasan) dan komputer anda startup dengan kecepatan yang sangat lelet. Bisa barabe dong! Apalagi kalau lagi main raid boss atau dungeon, hahaha.

Tenang, kali ini saya akan memberitahu anda cara untuk mengendalikan aplikasi yang berjalan saat startup dan aplikasi yang berjalan otomatis tanpa konfirmasi. Sebenarnya, startup yang lelet bisa disebabkan 2 hal yaitu karena kehadiran virus atau terlalu banyak aplikasi yang berjalan saat startup. Nah, windows (versi apapun) ternyata sudah memberikan fasilitas untuk "mematikan" aplikasi aplikasi yang tidak dikehendaki tersebut, yaitu dengan menggunakan MSCONFIG.

MSCONFIG

Sebelum memulai, saya sarankan anda jangan mengutak-atik apapun selain dari yang saya beritahu (kecuali kalau anda memang master komputer). Karena dalam MSCONFIG terdapat berbagai pengaturan booting, dimana jika anda salah melakukan konfigurasi, maka hasilnya adalah komputer anda gagal booting (bootloop). Silahkan simak cara-caranya dibawah ini.
  1. Panggil Run dengan menggunakan tombol windows (sebelah kiri tombol Alt) + R, atau dengan cara klik start - Run.
  2. Ketikan "msconfig" (tanpa tanda kutip)
  3. Akan muncul kotak setting MSCONFIG. Anda hanya perlu mengatur tab "Startup" dan "Services" saja.
  4. Masuk ke tab "Services", sebelumnya klik dulu check box "Hide All Microsoft Services" untuk menghindari kesalahan saat menonaktifkan aplikasi (jika anda salah mematikan aplikasi windows, maka ada kemungkinan beberapa fitur akan berhenti bekerja).
  5. Silahkan klik checkbox di setiap aplikasi yang ingin anda matikan.
  6. Setelah itu masuk ke tab "startup" (PERINGATAN : Jangan sembarangan menghilangkan centang di sesi ini, karena ada beberapa fitur windows didalamnya, pastikan tidak ada prefix "C:\WINDOWS\system32" di bagian Command)
  7. Silahkan klik checkbox di aplikasi yang tidak anda kehendaki untuk memulai saat startup (informasi : beberapa virus juga bisa dideteksi lewat msconfig, contohnya adalah serviks)
  8. Kalau sudah, silahkan klik OK lalu restart komputer anda.
  9. Jika yang dilakukan benar, maka kecepatan startup seharusnya lebih cepat daripada sebelumnya.
Nah, mudah bukan? Namun, saya peringatkan sekali lagi ya, jangan sembarangan mengganti pengaturan jika anda tidak begitu mengerti apa fungsinya. Agar komputer anda tidak menjadi "lemot" lagi ke depannya, pastikan anda tidak mencentang opsi "Run At Startup" agar aplikasi tidak "sembarangan" memulai proses. Salam!

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

4 Comments

Write Comments
December 19, 2015 at 3:36 PM delete

Thanks share gan, menambah wawasan

Reply
avatar
December 19, 2015 at 4:27 PM delete

kalau pasang sendiri takut error nanti gan...

Reply
avatar
Mas Bayu
AUTHOR
December 19, 2015 at 4:50 PM delete

mantabzzzz makasih infon

Reply
avatar

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *