Perlengkapan Epik Untuk Belajar Bahasa Mandarin

Lagi gencar gencarnya nih posting tentang Bahasa Mandarin. Maklum sebentar lagi sudah era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) jadi sudah seharusnya kita punya suatu kelebihan khusus dibandingkan dengan yang lain.

Kali ini saya akan membahas tentang "perlengkapan epik" untuk membantu anda saat memempelajaro Bahasa Mandarin. Apa saja itu?

Seperti yang anda ketahui, dalam mandarin ada banyak hal yang berbeda dibandingkan dengan bahasa lain. Salah satunya adalah karakter dalam mandarin yang berbentuk piktografik (gambar), dan artinya anda memerlukan waktu yang lebih banyak dibandingkan anda belajar Bahasa Inggris atau bahasa yang lainnya yang masih menggunakan huruf latin dalam penyampaian kata.

Yang lebih sulit lagi, anda harus secara mutlak mengucapkan nada dengan benar. Yup, saya mencoba pelafalan mandarin saya yang masih bisa dibilang pas pasan ini dengan siri (aplikasi asisten apple). Saya mencoba mengucapkan beberapa kata untuk sekedar berlatih dan hasilnya? ”对不起,我不清楚你刚说什么了” atau dalam Bahasa Indonesia artinya "maaf saya tidak mengerti anda ngomong apa barusan". Sakitnya....

Nah, biar anda tidak senasib dengan saya, saya akan memberi anda perlengkapan untuk mempermudah anda mempelajari Bahasa Mandarin. Silahkan disimak.

1. Aplikasi asisten


Google now


Kehadiran aplikasi asisten seperti google now, siri, atau robin akan sangat membantu anda untuk berlatih mengucapkan kata dengan benar. Karena jika anda salah nada, maka aplikasi tersebut tidak akan bisa memahami maksud anda. Pertama kali anda mencoba, kecepatan pengucapan anda harus pelan pelan. Mengapa? Karena anda pasti belum terbiasa dengan bahasa unik ini sehingga pengucapan anda akan kaku dan ini menyebabkan aplikasi tersebut tidak bisa mendengar ucapan anda apabila anda terlalu cepat saat mengucapkan kata atau kalimat.

2. Kamus elektronik


Pleco


Tentu anda pasti tahu apa kegunaan kamus elektronik. Bagi anda yang menggunakan android atau ios anda bisa menggunakan aplikasi kamus mandarin elektronik seperti bi shun da ren atau pleco. Kamus elektronik ini tidak hanya memberikan cara pengucapan dan arti, namun juga radical, komponen penyusun, dan urutan goresan. Bahkan di beberapa kamus yang sudah canggih, mereka bisa memberi tahu anda contoh penggunaan dalam kalimat. Sayan sangat tidak menyarankan untuk menggunakan buku kamus, karena cara penggunaannya sangat rumit.

3. Keyboard untuk hanzi


Google pinyin input


Dengan menggunakan keyboard yang sudah dilengkapi dengan kemampuan menulis hanzi, makan anda bisa mulai bereksperimen dengan mengetikkan apapun dalam bahasa mandarin. Hal ini juga bisa membantu menghafal pinyin atau zhuyin anda. Atau anda juga bisa menguji kemampuan menulis anda dengan hand recognizer (hanya beberapa aplikasi yang sudah mendukung fitur ini). Beberapa contohnya adalah sogou pinyin shurufa dan google pinyin input.

4. Softcopy HSK


Hsk level 3


Ini dia yang paling pemting. Softcopy HSK banyak disebarkan di internet, sehingga anda bisa dengan mudah mengunduhnya. Softcopy HSK ini berguna untuk melatih pendengaran anda. Dengan satu syarat, pastikan anda tidak melihat kunci jawabannya terlebih dahulu.

5. Baidu SE


Baidu adalah vendor aplikasi terkenal asal Tiongkok. Pasti semua aplikasinya pasti sudah support Bahasa Mandarin. Dengan mencarimenggunakan search engine baidu, maka anda bisa meningkatkan kemampuan membaca anda. Atau anda juga bisa bergabung ke forum tanya jawab baidu di zhidao.baidu.com.

Itulah beberapa aplikasi yang bisa membantu anda saat belajar Bahasa Mandarin. Semoga bisa membantu mempermudah anda semua. Terima kasih.
Dwinandha Legawa
Dwinandha Legawa Author blog yang lagi sibuk berkelana. Temukan saya di LinkedIn:

6 comments for "Perlengkapan Epik Untuk Belajar Bahasa Mandarin"

  1. wahh sepertinya menarik nih belajar bahasa mandarin, tapi dasarnya aja saya belum tahu, tapi nice share deh gan

    ReplyDelete
  2. pernah nih ane belajar mandarin . susah susah gampang :D

    ReplyDelete
  3. jadi pengen mau nih belajar bahasa mandarin ^^ thanks infonya

    ReplyDelete

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog.