Bagaimana Bentuk "Abjad" Mandarin Yang Sesungguhnya?

January 24, 2016
Di atas dunia ini, mungkin ada ribuan jenis abjad. Seperti abjad latin, Yunani, Ibrani, Thailand, Jepang (Hiragana), sampai dengan abjad jari (bahasa isyarat)! Yang paling kita kenal adalah abjad latin (dimulai dari a dan diakhiri oleh z). Banyak negara menggunakan abjad latin termasuk Indonesia. Nah, sekarang bagaimana abjad yang digunakan dalam Bahasa Mandarin?

Yang dimaksud disini bukan hanzi loh ya! Karena hanzi sudah mewakili satu kata dan sudah memiliki arti, dengan kata lain hanzi bukan abjad. Yang akan dibahas disini adalah, darimana muncul cara baca dari hanzi-hanzi tersebut? Sebagai contoh, hanzi 我 bagaimana bisa dibaca "wo3" (Angka 3 menunjukkan sheng diao)?

Zhu Yin and Pin Yin


Abjad dalam Bahasa Mandarin dibagi 2 yaitu Zhu Yin (注音) dan Pin Yin (拼音). Zhu Yin merupakan abjad otentik yang disebut dengan MPS (Mandarin Phonetic Symbols) atau biasa dikenal dengan sebutan Bopomofo, sedangkan Pin Yin merupakan abjad yang sudah disesuaikan dengan abjad latin, dengan kata lain Pin Yin adalah Zhu Yin yang dirubah ke huruf abjad latin dengan beberapa aturan tambahan yang biasa disebut "Aturan Pin Yin".

Saat ini, Pin Yin-lah yang digunakan sebagai standar internasional untuk petunjuk melafalkan Bahasa Mandarin, sedangkan Zhu Yin hanya digunakan di Taiwan. Lalu bagaimana penggunaannya? Yuk disimak.

Pin Yin


Untuk tata cara penggunaan dan cara baca Pin Yin, kurang lebih hampir sama dengan abjad latin. Cara penulisan dari kiri ke kanan dengan Sheng Diao di atas huruf vokal yang memenuhi syarat, serta penggunaan huruf mati bantuan (y dan w) untuk abjad vokal tunggal (contohnya 我 = wo3). Sedangkan di komputer, banyak juga yang menggunakan angka sebagai penunjuk Sheng Diao yang lebih praktis. Sheng Diao sendiri ada 5 jenis, yaitu "-" untuk nada pertama, "/" untuk nada kedua, "v" untuk nada ketiga, "\" untuk nada keempat, dan kosong untuk nada kelima.

Pin Yin hanya digunakan untuk mempelajari Mandarin khusus pemula. Faktanya, anda tidak akan menemukan Pin Yin di buku seperti novel atau majalah.

Zhu Yin


Zhu Yin berbentuk simbol-simbol khusus yang mewakili huruf vokal dan konsonan tertentu. Di Taiwan, kebanyakan keyboard juga memiliki kompatibilitas untuk melakukan input dengan Zhu Yin. Berbeda dengan Pin Yin, tata cara penulisan dan cara baca dari Zhu Yin tidak sama dengan abjad latin (contohnya 我 = ㄛˇ). Dalam implementasinya, cara penulisan Zhu Yin adalah dari atas ke bawah dengan peletakkan Sheng Diao di samping kiri susunan Zhu Yin. Sheng Diao di Zhu Yin berbeda dengan Pin Yin, berikut detailnya, kosong untuk nada pertama, "/" untuk nada kedua, "v" untuk nada ketiga, "\" untuk nada keempat, dan "." untuk nada kelima.

Jika anda mempelajari Pin Yin lalu mempelajari Zhu Yin, maka anda dijamin akan pusing karena penggunaannya yang sangat berbeda. Tata cara penulisan Zhu Yin menggambarkan cara pengucapannya langsung, sedangkan Pin Yin menggunakan aturan terlebih dahulu.

Berikut tabel antara Zhu Yin dan Pin Yin.

Zhu Yin Pin Yin
a
o
e
e "pepet"
i
u
v
b
p
m
f
d
t
n
l
j
q
x
g
k
h
z
c
s
zh
ch
sh
r
ai
ei
ao
ou
an
n
ang
ng
er

Agar anda terbiasa, cara satu-satunya hanya banyak berlatih menulis. Karena sama sekali tidak ada kesamaan atau kemiripan atau pun hubungan yang saling terikat antara Zhu Yin, Pin Yin, dan Hanzi. Anda tidak bisa menerka-nerka Pin Yin dari Zhu Yin, Zhu Yin dari Pinyin, maupun Hanzi dari keduanya. Semoga membantu! Salam.

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *