Kelebihan Indonesia Dibanding Dengan Negara Lain

Pernah dengar lagu "Kolam Susu" yang dibawakan oleh Koes Plus? Negara kita ini memiliki banyak kelebihan dibanding dengan negara lain. Namun sayangnya, terkadang kita malas untuk mempelajarinya dan malah lebih tertarik dengan negara lain. Berikut adalah kelebihan Indonesia yang paling mencolok jika dibandingkan dengan negara lain.

indonesia culture

1. Makanan Pokok


Setiap daerah mempunyai makanan pokok sendiri-sendiri. Hal tersebut mengacu pada kondisi geografis daerah yang mempengaruhi bisa atau tidaknya tumbuhnya tanaman. Sebagai contoh, makanan pokok di Indonesia adalah nasi, sedangkan China utara adalah mi.

Kondisi geografis Indonesia memang mendukung hampir semua jenis tanaman untuk tumbuh, sehingga kita bisa memilih antara makan nasi, mi, jagung, dll. Kelebihan itu membuat banyak orang dari luar negeri yang menganggap bahwa tanah kita adalah tanah surga. Dan karena itulah masyarakat Indonesia dengan nyamannya mencampur antara nasi dan mi (alasannya sih buat lauk), padahal jika dilogika hal itu sama saja dengan makan nasi dan nasi goreng sebagai lauk. 

2. Kondisi Geografis dan SDA


Temperatur lingkungan di Indonesia juga tidak begitu dingin atau panas, semua ideal. Guru saya juga mengatakan kalau tinggal di Indonesia sangat nyaman dan enak, mengingat bahwa tempat tinggal asal guru saya adalah daerah Hebei (China utara) yang sangat panas.

Perbedaan musim Indonesia juga tidak terlalu mencolok. Kita bisa menjalani berbagai aktivitas harian tanpa ada halangan yang berarti. Bayangkan jika diluar negeri (Khususnya barat bagian utara), terutama saat musim dingin, jelas anda tidak bisa menjalani aktivitas harian dengan lancar. Perbedaan suhu yang mencolok tersebut juga berakibat pada durasi pendidikan yang hanya efektif selama 6 bulan saja. Di Indonesia, kita bisa menjalani masa pendidikan selama 1 tahun penuh tanpa halangan apapun.

Penyebaran sumber daya alam negara ini juga berlimpah, hampir semua jenis logam ada. Sayangnya negara kita masih belum maju seperti yang lain, sehingga kita tidak bisa mengelolanya sendiri.

Kekurangannya, Indonesia terletak di pertemuan 2 lempeng besar yaitu Eurasia dan Indo-Australia , sehingga banyak kejadian gempa di negara ini.

3. Karakteristik Makanan


Negara kita juga memiliki banyak cita rasa makanan. Jika dibandingkan antara masakan Indonesia dan Korea, jujur saya lebih memilih masakan Indonesia. Mengapa? Masakan Korea hanya didominasi rasa asam (kebetulan saya tidak menyukainya) karena merupakan hasil fermentasi seperti Kimchi atau doenjang. Sedangkan masakan Indonesia memiliki ragam rasa yang lebih beragam. Bahkan bumbu di Indonesia juga lebih baik daripada China lho! Masakan China (yang asli dari sana) biasanya rasanya nanggung (manis dibilang tidak manis dan sebagainya).

4. Keanekaragaman Budaya


Jika dilihat dari sisi keanekaragaman budaya, maka negara kita jelas tidak kalah dengan negara lain. Pernah membayangkan jumlah lagu dan tari daerah yang ada di Indonesia? Bahkan orang dari luar berusaha untuk mempelajari budaya kita dengan baik. Sebagai contoh, festival tari Majapahit yang dipentaskan di Pandaan 2 tahun lalu, diikuti oleh kurang lebih 10 negara lho! Bayangkan.

Sayangnya banyak dari kita tidak menyayangi semua kelebihan tersebut, bahkan terkesan mencampakkan. Ironisnya, beberapa budaya khas kita bisa sampai diklaim oleh negara lain. Padahal kekurangan negara ini hanyalah SDM dan perekonomiannya. Hargailah negerimu sendiri.
Dwinandha Legawa
Dwinandha Legawa Author blog yang lagi sibuk berkelana. Temukan saya di LinkedIn:

16 comments for "Kelebihan Indonesia Dibanding Dengan Negara Lain"

  1. masih banyak lagi gan,, kelebihan indonesia di banding negara lain,, kalau disebutin bisa gak muat nih :D

    terima kasih gan infonya

    ReplyDelete
  2. sangat jelas dan rinci gan. infomasinya sangat bermanfaat. thanks

    ReplyDelete
  3. makin cinta ni sama negara sendri,kebudayaannya banyak banget

    ReplyDelete
  4. Indonesia memang negara ku... hahaha garuda didadaku

    ReplyDelete
  5. Indonesia memang negara kaya hanya saja banyak orang yang serakah memakan kekayaan Negara ini sendirian

    ReplyDelete
  6. wah banyak juga kelebihannya ya :v

    ReplyDelete
  7. itulah kenapa saya bangga jadi orang indonesia hehe

    ReplyDelete
  8. I love Indonesia Yeahhhh... heheee bangga jd indonesia

    ReplyDelete
  9. Ada lagi gan yg jadi kebanggaan indonesia yaitu aneka ragam pekerjaan yg tidak ada di negara lain.
    Misal: tambal ban, ojek payung, dll

    ReplyDelete
  10. makanya disebut sebagai raksasa yang sedang tertidur juga, entah ketiduran entah emang sengaja dibikin tidur haha

    ReplyDelete
  11. mantap nih, bangga saya gan jadi anak indonesia, walaupun anak desa tapi alhamdulilah bisa hidup rukun

    ReplyDelete
  12. Indonesia sebenarnya bisa melampau negara-negara lain bahkan bisa mengalahkan amerika jika SDM kita dengan kualitas tinggi dan tentu saja Freeport yang bisa menunjang negara Indonesia menjadi negara maju !

    ReplyDelete
  13. Indonesia sebenarnya bisa menjadi negara maju asalkan bisa memanfaatkan keadaan sebaik mungkin.

    ReplyDelete

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog.