Fungsi Lengkap dan Kekuatan dari Facebook Pixel

Dalam dunia digital marketing, kamu mungkin sudah pernah dengan Facebook Pixel. Ya, Facebook Pixel merupakan teknologi kode pelacakan yang dibuat oleh Facebook guna mengumpulkan data dari situs websiter tertentu. Facebook Pixel ini sangat terkenal di kalangan advertiser atau pengiklan yang memanfaatkan IG/FB Ads sebagai salah satu sumber iklan mereka.

Cara kerjanya hampir sama seperti Google Analytics, yaitu cukup tanamkan satu kode di dalam website dan semua data akan terekam di dasbor laporan secara otomatis. Hanya saja laporan yang disajikan oleh Facebook tidak selengkap data yang disajikan oleh Google Analytics. Lalu sebenarnya, apa sih fungsi dan kekuatan utama dari kode Facebook Pixel ini?

Fungsi Lengkap dan Kekuatan dari Facebook Pixel
Facebook Pixel kerap disebut di dunia digital marketing, terutama ketika kita membahas FB Ads. Sebenarnya apa sih fungsi dari Facebook Pixel?


Kegunaan Dasar Facebook Pixel

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, Facebook Pixel berfungsi persis seperti Google Analytics. Berikut beberapa fungsi dasar dari Facebook Pixel:
  • Melacak konversi
  • Mendapatkan data pengunjung
  • Melacak asal pengunjung
  • Menghitung conversion value
  • Mendeteksi kebiasaan pengunjung di website
Data-data ini nantinya bisa diakses di analytics.facebook.com, dan antarmuka yang diberikan oleh facebook bisa dibilang cukup sederhana jika dibandingkan dengan Google Analytics. Hanya saja, sistem laporan yang ada masih sederhana dan belum selengkap di Google Analytics.

Facebook Analytics

Kamu bisa mendapatkan informasi-informasi umum seperti jumlah pengunjung, perbandingan pengunjung baru dan pengunjung yang kembali, sampai waktu rata-rata yang dihabiskan pengunjung di dalam situs.

Cara Memasang Facebook Pixel

Untuk memasang Facebook Pixel, anda bisa membuat akun bisnis terlebih dahulu. Setelah itu anda bisa masuk ke menu Pixel di dalam Business Settings dan silahkan ikuti petunjuk yang ada. Kamu bisa memasang langsung kode pixel di dalam HTML situs yang ingin ditrack, atau bisa juga dengan bantuan tool pihak ketiga seperti Google Tag Manager.

Facebook Pixel Setting


Untuk mendeteksi apakah pixel sudah terpasang atau belum, kamu bisa menggunakan Facebook Pixel Helper yang ada di toko chrome extension. Nantinya, alat ini akan memberitahu kamu apakah Facebook Pixel sudah terpasang dengan benar atau belum.

Tentu saja dengan kamu memasang pixelnya tidak serta merta data akan muncul langsung di dasbor laporan, kecuali situsmu memiliki traffic puluhan ribu pengunjung setiap harinya. Kamu mungkin perlu menunggu satu atau dua hari sampai Facebook bisa mendapatkan data yang cukup untuk ditampilkan di dalam dasbor laporan Facebook Analytics.

Kekuatan Facebook Pixel yang Sebenarnya

Nyatanya Facebook Pixel bisa membantumu untuk melipatgandakan hasil dari strategi digital marketingmu lho! Facebook Pixel tidak hanya berguna untuk mendapatkan data pengunjung saja, tapi juga berguna untuk menggunakan data pengunjung tersebut sebagai sumber optimasi strategi kamu. Penasaran?

Facebook Pixel Bisa Digunakan Sebagai Optimasi IG/FB Ads

Facebook Pixel bisa digunakan sebagai salah satu sumber optimasi performa iklan IG/FB Ads. Terutama jika iklanmu memiliki target URL ke landing page atau sales page yang kamu buat. Dengan bantuan Facebook Pixel, kamu bisa memastikan bahwa iklan kamu hanya tampil ke audience yang tertarik untuk membeli produk kamu.

Facebook Pixel Bisa Digunakan Sebagai Optimasi IG/FB Ads

Caranya adalah dengan mendefinisikan konversi yang ada di dalam website (misalnya, jika pengunjung berhasil melihat halaman thank you, maka akan dihitung sebagai konversi). Definisi ini nantinya akan digunakan oleh Facebook Pixel sebagai acuan untuk menayangkan iklan kepada audiens, dan memastikan bahwa iklan hanya muncul di audiens yang berpotensi menyelesaikan konversi tersebut.

Ditambah lagi kamu juga bisa menggunakan fitur cost control sehingga kamu bisa mengendalikan batas budget yang kamu keluarkan di setiap kampanye. Contohnya, kamu bisa memasang cost control sebesar Rp. 10.000/konversi, dan Facebook akan menyesuaikan penayangan iklan agar biaya yang kamu bayarkan tidak lebih dari Rp. 10.000/konversi.

Kamu Bisa Menggunakan Strategi ROAS (Return On Ad Spent) dengan Facebook Pixel

Facebook Pixel bisa juga digunakan untuk mendifinisikan conversion value (salah satu dari fungsi dasar Facebook Pixel). Selanjutnya data nilai konversi yang didapatkan (misalnya Rp. 50.000/konversi) bisa kamu gunakan untuk strategi ROAS di IG/FB Ads.

Misalnya jika kamu menyetel ROAS 500% dengan budget iklan Rp. 1.000.000 dan nilai konversi sebesar Rp. 50.000/konversi, maka Facebook akan mengontrol pengeluaran iklan kamu agar kamu bisa mendapatkan conversion value sebesar Rp. 5.000.000 (Rp. 1.000.000 x 500%) atau setara dengan 100 transaksi dari iklan yang kamu jalankan.

Facebook Pixel Bisa Membantumu Untuk Strategi Remarketing

Tidak semua pengunjung yang masuk ke website-mu secara otomatis berubah menjadi pembeli/pelanggan, meskipun mereka sudah berinteraksi dengan konten yang kamu buat. Data pengunjung ini secara otomatis terekam dan masuk ke dalam database Facebook Pixel yang kamu pasang.

Facebook Pixel Bisa Membantumu Untuk Strategi Remarketing

Dan kamu bisa menggunakan data tersebut untuk tujuan remarketing. Misalnya dari satu kampanye launching produk ada 5.000 orang yang mengunjungi situs kamu dan melihat promo launching tersebut. Kamu bisa mentarget 5.000 pengunjung itu dengan promo tambahan agar mereka mau mempertimbangkan untuk membeli produk yang kamu laiunching tersebut.

Strategi remarketing adalah strategi yang cukup efektif, karena kamu audience yang kamu sasar adalah audience yang sudah pernah bertemu dengan kamu sebelumnya. Ibaratnya, kamu hanya mengingatkan mereka bahwa mereka pernah berinteraksi dengan kamu. Tentu saja rasio keberhasilannya akan lebih tinggi dibandingkan kamu berinteraksi dengan audience yang benar-benar baru.

Kesimpulan

Cukup menarik bukan menggunakan Facebook Pixel? Dengan begini strategi digital marketingmu, terutama di IG Ads dan FB Ads akan jauh lebih efektif lagi dibandingkan sebelumnya. Tapi tentu saja tidak dengan menggunakan Facebook Pixel lalu iklanmu akan langsung menjadi dahsyat secara otomatis. Tetap saja targeting dan ads creative yang menarik juga memiliki peran yang besar.
Dwinandha Legawa
Dwinandha Legawa Author blog yang lagi sibuk berkelana. Temukan saya di LinkedIn:

Post a Comment for "Fungsi Lengkap dan Kekuatan dari Facebook Pixel"