Apa Saja Kemampuan yang Harus Dikuasai SEO Content Writer?

Content writer atau penulis konten merupakan salah satu profesi yang cukup dicari di era digital ini. Content writer bertugas menulis artikel, review, sampai whitepaper untuk kebutuhan promosi perusahaan. Mereka akan banyak berurusan dengan kalimat, storytelling, sampai bagaimana cara membuat tulisan-tulisan yang ada menjadi engaging.

Profesi content writer ini ternyata juga ada turunannya lho! Mengingat menulis konten di website harus ramah kepada manusia dan robot sekaligus, maka munculah kaidah penulisan yang mematuhi aturan SEO (Search Engine Optimization). Biasanya, tulisan dari si content writer nantinya disunting oleh seorang SEO Specialist agar lebih ramah kepada mesin pencari, seperti Google.

Apa Saja Kemampuan yang Harus Dikuasai SEO Content Writer?
SEO Content Writer menjadi salah satu profesi yang paling dicari belakangan ini, apa bedanya dengan content writer biasa atau dengan SEO Specialist?

Namun bekerja dari 2 sudut pandang yang berbeda dalam 1 ranah kerja bukanlah hal yang baik. Belum lagi jika selera penulisan si SEO Specialist tidak bisa mengikuti selera si content writer, maka yang ada malah tulisan tidak bisa dibaca oleh manusia dan robot. Kacau deh semuanya!

Karena itu munculah sebuah profesi hasil irisan dari keduanya, yaitu SEO Content Writer. Umumnya SEO Content Writer memiliki jobdesc gabungan antara SEO Specialist dengan content writer, namun tidak masuk sampai ranah terlalu jauh.

Memangnya apa yang dikerjakan oleh SEO Content Writer?

Secara garis besar, tugas dari SEO Content Writer adalah sebagai berikut:
  • Dari sisi seorang content writer: hanya bertugas untuk menulis artikel yang akan ditampilkan di website. Tidak memiliki kewajiban untuk menulis konten di brosur, majalah, atau micro copy seperti yang dilakukan oleh content writer
  • Dari sisi SEO Specialist: hanya bertanggung jawab untuk memperbaiki faktor SEO dari artikel dan tidak bertanggung jawab untuk melakukan SEO lainnya seperti Off-Page dan Technical SEO.
Sedangkan secara detail, SEO Content Writer berkewajiban untuk
  • Memastikan struktur heading tulisan agar mematuhi hierarki heading SEO
  • Memastikan kata kunci sudah disebutkan dengan baik di dalam artikel, tanpa mengorbankan keterbacaan
  • Memastikan ketersambungan antara artikel dan halaman situs lain, dan mencegah adanya artikel yang terputus (tidak nyambung ke mana mana)
  • Menulis dengan tata bahasa yang baik
  • Membuat struktur outline artikel yang mengikuti kaidah SEO
  • Membuat meta title dan meta description artikel
Sehingga SEO Content Writer bisa menciptakan tulisan yang benar-benar SEO friendly, alias mudah terbaca dan terindex oleh mesin pencari namun tidak mengorbankan keterbacaannya bagi manusia. Terkadang ada perusahaan yang mensyaratkan seorang content writer biasa yang juga harus menguasai SEO, meskipun hampir mustahil.

KPI (Key Performance Indicator) atau Target Bagi SEO Content Writer

Tentu saja kamu tidak mungkin bekerja tanpa target. SEO Content Writer juga memiliki indikator kesuksesan dalam pekerjaannya juga. Berbeda dengan content writer biasa yang hanya ditarget jumlah konten yang dibuat, SEO Content Writer tidak hanya menangani konten secara kuantitas saja tapi juga harus bisa memiliki posisi yang baik di hasil pencarian (SERP - Search Engine Result Page).

Berikut beberapa KPI dari SEO Content Writer:
  • Posisi artikel di hasil pencarian Google
  • Traffic dari artikel tersebut dari channel organik
  • Jumlah artikel harian
  • Jumlah keyword yang ditarget setiap bulannya, beserta posisi sebelum dan sesudah
Ini membuat pekerjaan SEO Content Writer menjadi lebih teknis. Sebab mereka juga perlu memeriksa teknis artikel terlebih dahulu sebelum bisa diterbitkan. Belum lagi terkadang mereka juga harus menyunting artikel lama dan menambahkan tautan ke link artikel baru yang relevan.

Terdengar sulit ya? Tenang saja, kamu bisa mempelajari berbagai seluk beluk SEO di banyak sumber kok! Blog ini juga sedikit banyak akan membahas seputar dunia SEO yang juga merupakan cabang digital marketing. Bagaimana? Kamu tertarik menjadi seorang SEO Content Writer?
Dwinandha Legawa
Dwinandha Legawa Author blog yang lagi sibuk berkelana. Temukan saya di LinkedIn:

Post a Comment for "Apa Saja Kemampuan yang Harus Dikuasai SEO Content Writer?"