5 Platform Kelas Online Gratis Untuk Belajar Digital Marketing

8/30/2020

Kamu tertarik menjadi seorang digital marketing? Sayangnya saat ini masih belum ada jurusan universitas di Indonesia yang membahas khusus tentang digital marketing. Jika masih ngotot mau mempelajarinya lewat jalur akademik, maka kamu harus ikut banyak jurusan sekaligus. Seperti bahasa, marketing, DKV, dan ilmu komunikasi.

Nggak mungkin kan kamu ikut banyak jurusan sekaligus dalam satu waktu? Belum tentu juga kamu bisa menyerap semua ilmunya sekaligus, atau bahkan tidak mendapatkan ilmu apapun karena terlalu pusing!

5 Platform Kelas Online Gratis Untuk Belajar Digital Marketing
Digital marketing sudah menjadi profesi yang cukup diperhitungkan sekarang. Apakah ada tempat khusus untuk mempelajari digital marketing?

Tenang saja, sekarang kan sudah era internet! Kamu bisa mengakses berbagai macam kelas belajar digital marketing secara gratis. Mulai dari kelas kecil seperti yang disediakan Niagahoster, sampai kelas komprehensif yang disediakan oleh Facebook dan Google langsung. Wow!

Apa saja kelas online Digital Marketing gratis yang bisa diikuti?

Perlu diperhatikan bahwa semua kelas yang disebutkan di sini hanya mendukung bahasa Inggris. Jika kamu tidak menguasai bahasa tersebut, maka dikhawatirkan kamu tidak bisa memahami kelasnya dengan baik, Beberapa kelas cukup baik hati dengan memberikan subtitle bahasa lokal, seperti kelas yang diadakan Google. Namun sebagian besar tidak.

1. Google Digital Garage (lengkap dengan tes sertifikasi!)

Google Digital Garage merupakan kelas online gratis yang diadakan oleh Google, yang juga merupakan kiblat dari para digital marketer di jaman sekarang. Google Digital Garage membahas tentang pengertian DIgital Marketing, tips-tips, pengelolaan sosial media, toko online, sampai cara-cara untuk melakukan ekspansi ke luar negeri.

Google Digital Garage

Kelas diadakan dengan format yang cukup lengkap. Mulai dari video interaktif, workbook, sampai ujian yang permasalahannya diambil dari kejadian nyata. Kelas ini merupakan kelas yang paling recommended dan cocok untuk diambil oleh kamu yang masih pemula di bidang digital marketing. Bahasa yang digunakan juga bukan bahasa super formal kok! Jadi pasti tidak kaku.

Nantinya di akhir kelas kamu akan mendapatkan sertifikat setelah menyelesaikan ujian komprehensifnya. Sertifikat ini nantinya bisa dijadikan bukti bahwa kamu adalah digital marketer handal kepada perusahaan yang akan kamu lamar.

2. Google Skillshop (lengkap dengan sertifikat)

Masih satu grup dengan yang sebelumnya, hanya saja Google Skillshop lebih berfokus pada pelajaran teknikal (alat-alat yang bisa digunakan untuk mendukung Digital Marketing), seperti Google Ads, Google Analytics, dan Google Tag Manager.

Google Skillshop

Semua pengetahuan tentang alat-alat tersebut dirangkum dalam setiap paket kelas yang diberikan, yang tentu saja gratis! Di beberapa kelas seperti Google Analytics Academy, kamu juga akan menemukan modul yang disertai akun demo, sehingga kamu bisa langsung mempraktekan teori yang kamu dapatkan.

Satu perbedaan yang cukup menarik. Untuk mendapatkan sertifikat, kamu hanya perlu menyelesaikan semua tesnya (biasanya ada 4 tes) dan mendapatkan nilai minimal 80%. Tentu saja ini lebih mudah dibangdingkan harus mengerjakan satu ujian besar seperti di Google Digital Garage.

3. HubSpot Academy (lengkap dengan sertifikat)

Sebagai perusahaan penyedia aplikasi social monitoring terbesar, HubSpot juga menyediakan berbagai kelas seputar dunia digital marketing secara komprehensif dan mudah dimengerti. HubSpot menyediakan kelas teori dunia marketing dan hubungan dengan tools yang mereka miliki.

Setiap modul kelasnya memiliki durasi yang cukup panjang (bahkan saya sendiri memerlukan waktu sekitar 1 minggu untuk menyelesaikan setiap kelas, dimana saya mencicil modulnya selama 30 menit - 1 jam per hari). Tentu saja karena HubSpot mau semua muridnya paham dan mengerti setiap subjek secara lengkap.


Di setiap modul, nantinya kamu akan disuguhkan quiz ringan dengan 2-5 pertanyaan. Tenang saja, bukan quiz yang super ruwet seperti ujian sekolah kok, kamu hanya akan diberikan pertanyaan yang bersifat review dari modul yang sudah kamu pelajari sebelumnya.

HubSpot memberikan format kelas full video saja (masih agak kurang jika dibandingkan dengan milik Google yang dilengkapi format lain). Namun menurut pendapat saya pribadi, kelasnya sudah cukup baik dan mudah dipahami.

4. LinkedIn Online Learning (lengkap dengan sertifikat)

Platform media sosial untuk professional ini ternyata juga memberikan pelatihan bagi pengguna. Melalui aplikasinya, LinkedIn Online Learning, LinkedIn memberikan pelatihan dalam format video kelas online. Metode pembawaannya hampir sama dengan HubSpot Academy.

Hanya saja, LinkedIn Online Learning tidak hanya berfokus pada marketing dan tools pendukungnya saja. Tapi juga berbagai subyek lain seperti bahasa, manajemen, rekrutmen, data science, dan sebagainya.

LinkedIn Online Learning

Dan yang perlu diingat adalah, tidak semua kelas tersedia secara cuma-cuma. Kamu perlu membayar biaya berlangganan jika ingin mengikuti kelas yang lebih advanced. Tapi saya kira kelas-kelas gratis yang ada di LinkedIn sudah cukup sebagai langkah awal untuk memandu karirmu.

LinkedIn juga memberikan sertifikat tanda selelsai, dan sertifikat tanda lulus tes (jika tersedia). Yang paling menarik adalah, pengguna bisa berinteraksi dengan pengguna lainnya lewat forum Q&A yang disediakan di dalam kelas. Kamu pun juga bisa mempelajari profil pengajar dengan mengunjungi halaman LinkedIn mereka.

5. Facebook Blueprint

Berikutnya adalah Facebook Blueprint. Platform ini merupakan tempat yang sempurna jika kamu mau belajar tentang cara mengelola akun FB/IG, advertising, sampai bagaimana cara membuat konten yang engaging bagi followers dari akun kamu.

Facebook Blueprint

Model kelasnya masih menggunakan video yang dilengkapi dengan quiz singkat, namun pembawaannya sangat anak muda banget. Sebagian besar kelas Facebook Blueprint hanya membahas tentang paltform Facebook dan Instagram sendiri, meskipun ada yang diselingi dengan fundamental digital marketing.

Sayangnya jika kamu mau mengambil sertifikasi, maka kamu perlu melakukan pembayaran dan melakukan prosedur yang cukup belibet.

Itulah daftar 5 platform kelas online gratis yang bisa kamu gunakan untuk belajar digital marketing. Tenang saja, semuanya bisa kamu ikuti meskipun kamu tidak memiliki dasar pengetahuan sama sekali, karena memang mereka mengajar dari dasar terlebih dahulu.

Sertifikat dan kelas-kelas yang sudah kamu ikuti, tentunya bisa kamu pajang di CV atau di akun LinkedIn-mu sebagai bukti profisiensi dari kemampuan digital marketing yang kamu miliki. Satu yang perlu diingat, jangan pernah mengikuti kelas hanya karena ingin mengejar sertifikat!

Selamat belajar, dan teruslah meningkatkan kemampuan tanpa henti agar kamu tidak ketinggalan dengan perkembangan zaman yang semakin canggih ini. 

A person who loved to learn and share
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Latest
Previous
Next Post »

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *