Mengapa Belajar Bahasa Mandarin Itu Penting?

10/16/2019
Bahasa Mandarin merupakan salah satu bahasa asing yang mulai diperhitungkan belakangan ini. Salah satu penyebabnya adalah karena kebangkitan dan pertumbuhan ekonomi negara China yang terus melesat, hingga akhirnya memasuki banyak negara di seluruh dunia.

Ini mengakibatkan banyak perusahaan asal China yang masuk, dan Indonesia pun tidak terlepas dari fenomena ini. Sebut saja kebutuhan ponsel di Indonesia sekarang, sudah didominasi oleh perusahaan asal China bukan? Oppo, Realme, VIVO, Xiaomi, dan Huawei adalah beberapa contoh perusahaan vendor ponsel asal China.

Tidak hanya sampai di sana saja, bahkan sekarang bank asal China pun sudah mulai menjamur. Seperti CCB (China Construction Bank/中国建设银行) contohnya, yang mulai merangsek ke seluruh daerah di Indonesia. Ini menunjukkan bahwa China tidak main-main dalam usahanya untuk memperluas perkembangan ekonomi dunia.

Mengapa Belajar Bahasa Mandarin Itu Penting?

Apa Dampaknya?

Dampak yang akan terjadi adalah banyak kerja sama antara pengusaha Indonesia dengan China, dimana yang paling kecil adalah di bagian lapangan pekerjaan. Dengan banyak perusahaan China yang bergabung di pasar Indonesia, maka otomatis perusahaan mereka membutuhkan banyak pekerja dari Indonesia.

Salah satu bedanya negara China adalah mereka lebih menyukai bahasa mereka sendiri dibandingkan bahasa asing seperti bahasa Inggris. Oleh karena itu, kemampuan bahasa Mandarin sangat diperlukan jika anda ingin bekerja di perusahaan yang berbasis di China.

Tidak perlu panik, bukan berarti kemampuan bahasa Inggris anda menjadi tidak bermanfaat. Bagaimana pun, yang namanya berbisnis pasti akan berinteraksi dengan banyak orang dari seluruh dunia. Tapi, dengan menguasai keduanya maka anda bisa berinteraksi dengan lebih banyak orang bukan?

Bahasa Mandarin sangat diperlukan di dunia kerja

Bahkan jika anda berencana menjadi pengusaha sekalipun! Anda tentu ingin jika usaha anda mendapatkan banyak kerja sama bukan? Karena banyak investor China yang "berkeliaran" di Indonesia, maka akan jauh lebih baik jika anda bisa berbahasa sama seperti mereka sehingga kemungkinan anda mendapatkan kerja sama akan lebih baik.

Apalagi jika anda adalah calon karyawan. Kemampuan bahasa Mandarin bisa menjadi nilai tambah anda dibandingkan dengan kandidat lain. Dijamin deh, jika anda menuliskan kemampuan berbahasa Mandarin bahkan jika itu adalah pasif, maka akan langsung terlihat oleh tim HRD yang mengecek CV anda. Saya sudah mengalaminya sendiri.

Faktanya, orang yang menguasai bahasa Mandarin di Indonesia masih tergolong sedikit padahal permintaannya sangat besar. Bukankah ini menjadi peluang anda? Dengan begini sudah tidak ada alasan lagi kalau lapangan pekerjaan sulit didapat!

Lalu bagaimana cara mempelajari bahasa Mandarin ini?

Memang belajar bahasa baru bukanlah perkara mudah, apalagi bahasa Mandarin tidak menggunakan sistem abjad seperti layaknya bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Tapi justru itulah alasan mengapa bahasa ini menjadi penting dan langka.

Nah, sekarang tergantung respon anda terhadap fenomena ini. Apakah anda sudah mulai tertarik belajar bahasa Mandarin? Anda bisa menemukan konten kami tentang bahasa Mandarin di post berlabel "Mandarin".

A person who loved to learn and share
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *