Peran Website Dalam Dunia Usaha di Revolusi Industri 4.0

10/11/2019
Dalam era digital dan revolusi industri 4.0, ternyata masih banyak perusahaan yang tidak mengelola website-nya dengan baik atau bahkan masih belum memiliki website! Tidak perlu jauh-jauh, anda coba saja lihat usaha tetangga anda. Apakah ia sudah memiliki website usahanya sendiri?

Miris, padahal internet merupakan pangsa pasar yang sangat besar pada zaman sekarang. Bahkan pengguna internet di Indonesia terhitung mencapai 171 juta orang loh (sumber : APJII)! Bayangkan saja, artinya kita semua memiliki peluang untuk mendapatkan pelanggan sebanyak itu (setidaknya sebagian dari 171 juta tadi).

Tidak salah kan? Toh sekali anda mendaftarkan website anda, maka website anda bisa langsung ditemukan di mesin pencari seperti Google atau Bing. Tentu saja dengan catatan anda juga harus merawat website anda dengan baik.

Memangnya apa semua usaha perlu website?

Tergantung sih. Kalau anda memang ingin menjaring calon customer yang lebih luas dibandingkan dengan metode konvensional, maka website perusahaan adalah hal yang wajib. Apalagi kalau usaha yang anda jalankan adalah menjual barang. Wah, anda benar-benar rugi! Karena anda melewatkan kesempatan untuk mendapatkan pembeli potensial di luar lingkaran anda!

Peran Website Dalam Dunia Usaha di Revolusi Industri 4.0

Belum lagi jika anda menggunakan website, maka anda bisa menghemat waktu saat mengenalkan usaha anda. Mengapa? Tentu saja anda tinggal menunjukkan website anda ke calon customer, dan mereka akan dengan mudah mengetahui di bidang apa usaha anda bergerak. 

Bahkan anda bisa menggambarkan portofolio perusahaan dengan lebih atraktif dan professional, tanpa perlu membuat dokumen yang merepotkan. Mengingat, tampilan di website bisa diatur sedemikian rupa.

Terus, bagaimana caranya membuat website professional?

Tidak sulit, sebab pada zaman sekarang sudah sangat banyak sekali layanan berbasis CMS (Content Management System) baik gratis maupun berbayar. CMS ini juga memberikan antarmuka grafis (Graphic User Interface/GUI), sehingga anda tidak perlu repot belajar coding terlebih dahulu.

Mulai dari WiX sampai Wordpress, anda bisa membuat website tanpa perlu mempelajari kode-kode website yang cukup rumit. Bahkan situs ini juga terbuat dari CMS gratisan blogger, meskipun ada biaya domain sekitar 160 ribu rupiah per tahun.

Anda juga bisa menggunakan jasa pembuatan website yang sekarang banyak tersebar di seluruh internet. 

Nah setelah anda membuat website untuk usaha anda, kira-kira apa saja sih keuntungan yang diberikan website?

Meningkatkan Keterlihatan Usaha 

Tentu saja, seperti yang sudah saya infokan di atas bahwa website yang anda buat bisa dicari oleh siapa pun di mesin pencari seperti Google maupun Bing di semua platform (android maupun PC). Ditambah dengan optimasi di social media atau Google Business, maka usaha anda bisa jauh lebih melejit dibandingkan tidak menggunakan website.

Kesempatan Periklanan Yang Lebih Luas

Siapa yang tidak kenal dengan Google Ads, Facebook Ads, Instagram Ads, dan segala jenis platform periklanan online lainnya? Jika anda ingin memasang iklan di sana, maka akan jauh lebih mudah jika anda punya website sendiri bukan? Calon pelanggan pun bisa langsung mengunjungi website dan mempelajari apa yang anda tawarkan, yang akhirnya berakhir dengan konversi.

Menjaring Pembeli Lebih Luas

Terutama jika usaha anda adalah usaha yang menawarkan barang dan jasa. Dengan menggunakan website, anda bisa menjaring pembeli bahkan yang berada di luar negeri sekalipun. Pembeli yang mengunjungi website anda pun bisa dengan mudah mendapatkan informasi tentang usaha anda. Tentunya ini akan membantu meningkatkan omzet usaha anda bukan?

Lebih Professional

Dengan memiliki website sendiri, maka identitas perusahaan anda akan terlihat lebih professional. Beberapa orang akan menganggap perusahaan yang tidak memiliki website adalah perusahaan yang kurang bonafid, karena tidak berani menunjukkan identitasnya di muka umum.

Jangan lupa agar mendesain website usaha selaras dengan identitas usaha yang anda bangun. Sesuaikan font dan background website agar pengunjung betah untuk menjelajahi website dan mengenali usaha anda.

Lebih Mudah Memperkenalkan Produk Baru

Dengan anda memiliki website untuk usaha, maka anda bisa membuat pengumuman atau promosi apapun di website anda. Ini sangat berguna agar pelanggan bisa dengan mudah menemukan apa yang baru dari usaha anda.

Coba bayangkan jika anda tidak memiliki website? Anda mungkin perlu menghabiskan banyak biaya untuk kebutuhan promosi produk baru, yang mungkin saja juga tidak efektif.

A person who loved to learn and share
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *