Apa Itu Generasi Sandwich dan Seberapa Besar Resikonya?

9/30/2019
Generasi Sandwich? Apa itu? Sebelum kita masuk ke dalam definisinya, saya ingin bertanya terlebih dahulu. Apakah anda sekarang tergencet pengeluaran untuk anak dan orang tua? Jika ya, maka anda berada di posisi ini!

Generasi Sandwich merupakan julukan di dunia finansial untuk seseorang yang tergencet pengeluaran anak dan orang tua sekaligus. Biasanya menjangkit orang usia 30 sampai 40 tahun dimana kondisi orang tua sudah tidak lagi produktif, dan anak yang sedang butuh dukungan finansial besar-besaran.

Tergencet Pengeluaran, Bagaimana Rasanya?

Tentu bagi orang yang tidak memiliki kontrol finansial yang baik, akan menemui kesulitan di fase ini. Apalagi jika orang tersebut adalah anak tunggal. Padahal posisi anak sendiri juga masih belum bisa mendukung finansial orang tuanya, maka lengkap sudah.

Apa Itu Generasi Sandwich dan Seberapa Besar Resikonya?

Generasi Sandwich juga bisa menimbulkan berbagai masalah sosial, dan yang paling sederhana adalah percekcokan di keluarga. Mungkin anda pernah mendengar ada kejadian pasangan yang bingung antara merawat anak atau orang tua dan akhirnya memilih meletakkan orang tua di panti jompo? Bisa jadi karena disebabkan dari kondisi ini!

Nah, Bagaimana Cara Mempersiapkan Diri Menghadapi Situasi Generasi Sandwich?

Memang ini bukan perkara mudah, namun tidak juga sampai mustahil. Yang paling penting adalah membuat perencanaan keuangan sedini mungkin serta menjaga komunikasi antar anggota keluarga. Sisi egois dari ketiga pihak juga sangat perlu diperhatikan. Jangan sampai ada yang berusaha mendahului dan menganggap bahwa pengeluaran dirinya yang paling penting.

Anda pun harus sudah sadar semenjak masih belum menikah, apakah anda terancam terjebak menjadi "Generasi Sandwich" atau tidak. Jika posisi orangtua memiliki tunjangan pensiun, mungkin anda tidak akan terlalu terbebani sebab sebagian pengeluaran masih bisa tertolong.

Pasangan juga harus mengerti, dengan posisi sebagai "Generasi Sandwich" maka pengaturan keuangan harus sedikit lebih ketat. Sebisa mungkin juga gunakan uang yang tersisa untuk investasi untuk berjaga-jaga jika siapa pun di keluarga tiba-tiba memerlukan pengeluaran mendadak, seperti sakit contohnya.

Generasi Sandwich semakin mengancam?

Di era dimana orang-orang sudah malas memiliki banyak anak, maka rasio generasi sandwich akan semakin tinggi dibandingkan dengan dulu saat orang-orang masih memiliki banyak anak. Apalagi ditambah dengan variasi kebutuhan yang semakin beragam.

Nah, daripada anda kelabakan di kemudian hari, lebih baik mulai dipersiapkan dari sekarang! Atur keuangan sebaik mungkin dan selalu jaga komunikasi antar keluarga agar keuangan tidak kacau. Akhir kata, semangat untuk anda para pasangan yang sangat kuat dan tangguh yang bisa menanggung kebutuhan anak dan orang tua sekaligus. Anda sungguh luar biasa!

A person who loved to learn and share
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *