Sosial Media Wajib Untuk Anak Muda! Berguna Banget Lho!

Kebutuhan sosial media jaman sekarang sepertinya sudah bisa dibilang kebutuhan "semi-primer". Mulai dari anak sekolah sampai perusahaan kelas dunia, sekarang sudah punya akun sosial media sendiri-sendiri!

Bahkan sekarang sudah ada jabatan "Social Media Specialist" atau "Social Media Manager" di berbagai perusahaan. Ini menunjukkan bahwa peran sosial media tidak bisa dipandang sebelah mata. Sosial media pun juga dianggap sebagai marketing tools yang paling efektif.

Sosial Media Wajib Untuk Anak Muda! Berguna Banget Lho!

Fitur-fiturnya pun semakin hari semakin lengkap. Bahkan ada yang sudah dilengkapi dengan CV seperti Facebook dan LinkedIn. Nah bagi anak muda zaman sekarang, kalian harus melek banget nih soal social media. Apalagi sekarang sosial media juga dijadikan tolak ukur agar kamu bisa mendapatkan pekerjaan atau beasiswa loh!

Sosial Media Wajib Bagi Anak Muda!

Berikut saya infokan beberapa sosial media yang wajib kalian miliki dan mulai kamu kelola dari sekarang. Apa saja ya?

LinkedIn

Terutama bagi kalian yang ingin melamar di perusahaan besar, wajib banget nih punya LinkedIn. Timeline-nya pun bisa diisi dengan berbagai kajian atau laporan kegiatan yang bermanfaat. Satu lagi fitur spesial dari LinkedIn, kalian bisa melamar pekerjaan secara online lewat media sosial ini lho!

Jangan lupa untuk mengisi bagian daftar riwayat hidup (CV) sebagus-bagusnya. Isi juga bagian kemampuan dan bahasa selengkap-lengkapnya. Perlu diketahui, bahwa bagian HRD perusahaan biasanya juga aktif mencari calon pekerja potensial melalui LinkedIn. Jadi, pastikan semua bagiannya terisi dengan baik dan benar termasuk foto profil.
Kalian juga bisa mengambil beberapa tes di LinkedIn sebagai bukti bahwa kalian memiliki kemampuan yang cukup di bidang yang digeluti. Namun, sekarang masih belum semua bidang tersedia

Instagram

Siapa bilang Instagram cuma buat pansos? Instagram bisa kamu sulap menjadi portofolio yang sangat cantik, selama kamu tahu bagaimana caranya. Instagram juga merupakan media sosial yang sangat penting bagi kalian yang bercita-cita masuk di dunia kreatif dan entertainment.

Dunia Instagram juga bisa dimanfaatkan sebagai ladang uang. Semua orang tentu tahu bahwa sudah banyak akun yang bertebaran dengan jumlah pengikut fantastis yang membuka layanan iklan berbayar. Yah, memang tidak mudah untuk membangun akun sebesar itu tapi tidak ada salahnya mencoba kan?

LINE

LINE bisa dibilang merupakan salah satu sosial media yang memiliki kekuatan yang cukup besar, terutama setelah dirilisnya fitur LINE Square (OpenChat). Dengan menggunakan LINE OpenChat, maka setiap pengguna bisa mencari teman dan koneksi baru sesuai dengan kegemarannya. Sst, kalian juga bisa mencari info lowongan kerja juga loh! Saya sendiri juga mendapatkan pekerjaan dari LINE Square.

Selain itu, LINE juga dilengkapi dengan fitur jual beli. Ini sangat membantu kalian yang ingin membuka online shop. Tertarik untuk mencoba?

Telegram

Telegram memiliki fitur yang sebagian besar hampir mirip dengan WA. Namun, ada kelebihan tersendiri di Telegram. Yaitu, kita bisa mencari grup bebas seperti di dalam LINE OpenChat. Salah satu yang menarik, grup ini bisa menampung sampai ratusan ribu member loh!

Terlebih lagi, kita bisa menemukan banyak hal menarik. Seperti mencari teman yang memiliki hobi dan kesenangan yang sama atau mencari pekerjaan part-time. Semua chat pun tersimpan di dalam layanan cloud milik Telegram, sehingga tidak akan hilang meskipun kita ganti ponsel.

Nah, beberapa contoh di atas sudah membuktikan bahwa media sosial bukan hanya untuk sok edgy kan? Yuk mulai gunakan sosial media untuk kegiatan positif!
Dwinandha Legawa
Dwinandha Legawa Author blog yang lagi sibuk berkelana. Temukan saya di LinkedIn:

Post a Comment for "Sosial Media Wajib Untuk Anak Muda! Berguna Banget Lho!"