Cara Membangun Basis Followers Pertama

6/28/2019
Dalam dunia internet, basis followers adalah hal yang penting. Mengapa? Sebab dari sinilah konten anda akan dinikmati dan disebarkan pertama kali sebelum mencapai ke segmen yang lebih luas. Hanya saja, bagaimana cara yang tepat untuk mendapatkan basis followers tersebut?

Semua lini pekerjaan tak lepas dari basis followers. Mulai dari yang offline sampai yang online. Bahkan seorang youtuber pun perlu memiliki basis followersnya, dimana jika youtuber itu adalah artis maka basis followers-nya adalah lingkaran teman-teman artisnya dimana mereka yang akan mendukung konten anda ke ruang lingkup yang lebih luas.

Cara Membangun Basis Followers Pertama

Nah, bagi kita para pengusaha mikro, tentu tak bisa segarang para pengusaha makro dalam membangun basis followers. Tapi kita bisa membuatnya seefektif dan semudah mungkin. Berikut beberapa cara sederhana yang bisa anda lakukan untuk membangun basis followers :

1. Gunakan Grup Media Sosial

Membangun komunitas adalah ide yang sangat baik sebagai langkah awal. Anda bisa menggunakan Facebook, LINE Square, atau bahkan group WA sekalipun untuk membangun hubungan dekat dengan para followers anda. Tapi anda perlu menghindari spamming link ajakan ke grup lain ya, sebab menurut pengalaman saya jika anda spamming maka anda akan mendapatkan spammer juga.

Dari sini anda bisa saling bercakap-cakap dimana goal akhirnya adalah mereka mau mengajak teman-teman mereka untuk bergabung dengan grup anda, lalu turut menjadi pengikut anda. Memang tidak bisa cepat dan instan.

2. Jangan Biarkan Kolom Komentar!

Ada banyak influencer atau akun mikro yang bergaya makro, dimana mereka cuek terhadap kolom komentar. Lama-kelamaan kolom komentarnya pasti akan ditinggal karena tidak pernah ditanggapi oleh pemilik akun.

Tidak perlu menanggapi semua komentar. Tapi setidaknya tanggapilah beberapa, terutama mereka yang rajin berkomentar di setiap konten yang dibuat. Dengan begini, mereka akan rajin mengomentari konten anda dan potensi basis followers segera terbentuk.

Goalnya adalah bagaimana agar orang lain di luar lingkaran anda bisa masuk dan memberi komentar di konten anda, dan tentu saja memancing orang tersebut menjadi followers anda yang baru.

3. Selalu Balas Pesan Masuk

Nah ini juga penting! Balas semua pesan yang masuk sebab para pengikut sangat senang jika pesannya dibalas. Lama kelamaan mereka akan rutin menghubungi anda via pesan personal dan sekali lagi, ini menjadi awal dari basis followers anda.

Goal akhir adalah dimana mereka bisa memberikan kritik dan saran objektif tanpa keraguan, syukur-syukur jika memberikan request konten. Anda bisa menyebutkan mereka yang meminta konten pada anda sebagai bentuk apresiasi.

4. Gunakan Fanspage dan Akun Resmi

Kalau ini fokusnya adalah untuk kalian para penulis atau yang bekerja di luar lingkar sosial media itu sendiri. Seperti yang sudah kita tahu kalau sistem sosial di platform kepenulisan sangat minim. Kita bahas saja soal Blogger, kita tidak bisa membangun jaringan dekat dengan fitur yang ditawarkan Blogger karena tidak adanya fitur saling balas pesan.

Dengan ini, maka anda juga bisa turut memperkenalkan produk atau karya anda di luar lingkaran anda sendiri. Perlu diketahui bahwa cara ini perlu dikombinasikan dengan cara lain.

Yah, kurang lebih begitu cara membangun basis followers yang pertama. Jangan lupa untuk selalu update konten anda agar akun anda tidak dianggap idle atau diam.

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *