Mengenal Manfaat dan Pengertian Bee Pollen

Sebelumnya, saya sudah membahas tentang propolis. Sekarang, saya akan membahas tentang produk perlebahan lainnya, yaitu Bee Pollen. Bahan ini juga banyak digunakan oleh berbagai produsen suplemen kesehatan.

Apa itu Bee Pollen?

Pollen adalah serbuk berwarna emas atau kecoklatan dan berasal dari serbuk sari bunga jantan, dimana serbuk sari ini digunakan untuk proses penyerbukan. Setiap butir pollen berisi 500.000 hingga 5 juta spora pollen yang kaya akan nutrisi dan memiliki kemampuan bereproduksi.

Lebah mengumpulkan pollen sebagai sumber makanan selain madu murni. Satu hal yang menarik, lebah hanya mengambil pollen dengan kualitas terbaik, lalu mencampurnya dengan nektar bunga dan air liur. Hasilnya, menjadi makanan yang sempurna bagi bangsa lebah tersebut, di mana pollen merupakan sumber energi terbaik yang akan digunakan lebah saat bekerja.

Mengenal Manfaat dan Pengertian Bee Pollen

Apa saja yang terkandung di dalam Bee Pollen?

Bee Pollen dikenal sebagai sumber makanan paling sempurna dari alam, kaya akan kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh manusia, terutama anak-anak, yaitu :
  1. Asam amino, termasuk asam amino esensial (asam amino yang tidak dapat disintesis oleh tubuh). Asam amino dibutuhkan oleh tuuh sebagai zat pembangun bagi pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan serta pengatur kelangsungan proses di dalam tubuh.
  2. Vitamin dan mineral, yang diperlukan untuk pertumbuhan, perkembangan, perbaikan, dan pemeliharaan sel tubuh, serta meningkatkan daya tahan tubuh pada anak-anak.
  3. Enzim dan koenzim, yang diperlukan untuk proses pencernaan makanan dan proses sintesa yang terjadi dalam tubuh.
  4. Nutrisi penting lainnya, seperti fruktosa dan glukosa yang merupakan sumber karbohidrat; asam fenolik dan flavonoid yang merupakan anti-oksidan tinggi; serta bahan-bahan penting lainnya seperti lecithin, lycopene, dll.
Penelitian menunjukkan bahwa hanya Bee Pollen yang memiliki kandungan nutrisi yang lengkap selain ASI (Air Susu Ibu). Fakta yang menarik adalah bahwa sampai sekarang masih belum ditemukan cara untuk melakukan sintesis secara sempurna terhadap Bee Pollen. Karena itulah, Bee Pollen mendapatkan julukan "makanan yang sempurna dari alam".

Manfaat Bee Pollen

Berikut beberapa manfaat Bee Pollen secara garis besar:

1. Sebagai sumber nutrisi yang lengkap

Tadi sudah disebutkan bahwa Bee Pollen mengandung banyak sekali nutrisi di dalamnya. Kandungan nutrisi ini berguna untuk membantu perkembangan tubuh serta membantu meningkatkan daya tahan tubuh, terutama pada anak-anak yang sistem kekebalan tubuhnya masih berkembang.

2. Membantu meningkatkan konsentrasi dan kinerja otak

Kandungan asam glutamat pada Bee Pollen berfungsi membawa mineral kalium ke otak, sehingga dapat membantu meningkatkan konsentrasi (berbeda dengan kafein yang ada dalam kopi, Bee Pollen tidak memiliki efek samping), serta meningkatkan daya tahan tubuh pada anak.

Bee Pollen juga mengandung lechitin dan asam pantotenat yang ikut berperan dalam meningkatkan kinerja otak.

Banyak bukan manfaat yang ada dalam Bee Pollen? Namun, hati-hati saat membeli produk olahan Bee Pollen karena ada beberapa produk yang tidak menggunakan Bee Pollen dengan kualitas yang baik. Pastikan anda sudah mengkonsultasikan produk suplemen anda ke konsultan kesehatan anda.
Dwinandha Legawa
Dwinandha Legawa Author blog yang lagi sibuk berkelana. Temukan saya di LinkedIn:

Post a Comment for "Mengenal Manfaat dan Pengertian Bee Pollen"