Bagaimana Mengetahui Letak Properti Yang Strategis?

October 19, 2018
Kalau berbicara tentang properti, tentu hal yang akan dibicarakan pertama kali adalah lokasinya. Semakin strategis lokasinya, maka harganya akan semakin tinggi. Bukan hanya harga saja, kenaikan investasi juga sangat dipengaruhi oleh lokasi properti.

Lalu bagaimana mengetahui letak properti itu strategis atau tidak? Di sini saya akan mengulas letak properti yang bisa dibilang "strategis". Strategis di sini bukan berarti terletak di daerah yang sudah mature tapi juga daerah yang berpotensi menjadi strategis. Apa saja itu?

Bagaimana Mengetahui Letak Properti Yang Strategis?

Terletak dekat dengan jalan utama dan memiliki lebar jalan yang memadai

Ini sangat penting. Jika aksesnya sulit, maka anda akan kesulitan jika akan bepergian. Atau jika itu adalah sebuah tempat usaha, maka akan sulit diketahui oleh calon klien. Properti yang baik, harus terletak di dekat jalan utama (tapi tidak harus di pinggir jalan karena penghuni akan merasa tidak nyaman) dan tentu saja memiliki lebar jalan yang memeadai.

Lebar jalan yang memadai adalah yang setara dengan lebar 2 buah mobil sekaligus. Ini untuk memudahkan akses keluar dan masuk yang terjadi secara beramaan.

Dekat dengan fasilitas umum

Fasilitasi umum seperti pusat perbelanjaan, pusat bisnis, pendidikan, kesehatan, dan kepemerintahan sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Tentu saja, jika letak propertinya sangat dekat dengan semua itu, maka akan sangat mempermudah kehidupan. Bahkan ada kantor pemerintah yang dibangun di dalam perumahan lho, contohnya kantor Badan Pertanahan Nasional di dalam perumahan Citraland Surabaya.

Dengan memiliki properti yang terletak dekat dengan fasilitas umum, maka semakin sedikit waktu yang terbuang untuk melakukan perjalanan dan artinya, waktu-waktu tersebut bisa digunakan untuk kegiatan produktif lainnya.

Dekat dengan Exit dan Entrace Tol

Mengapa keberadaan tol sangat penting? Karena keberadaan jalan tol, terutama di kota besar, selalu menghubungkan dan terintegrasi dengan semua daerah dalam satu kota (bahkan seluruh jabodetabek dihubungkan dengan Jalan Tol). Ini artinya, dengan memiliki properti yang terletak di dekat Jalan Tol, akan lebih mudah untuk bepergian ke seluruh daerah di dalam kota. Apalagi tol merupakan jalan bebas hambatan.

Ada rencana pembangunan lebih lanjut

Ini adalah salah satu faktor penting yang menentukan kenaikan harga properti setiap tahunnya. Dengan banyaknya rencana pembangunan yang terealisasi sepanjang waktu, maka kenaikan harga properti di sekitarnya akan semakin tinggi. Contohnya adalah daerah BSD City atau SCBD Sudirman.

Jika waktunya tepat, maka anda bisa mendapatkan keuntungan besar dalam waktu singkat (Contohnya dalam case proyek MERR Surabaya yang meningkatkan harga properti hingga 5 kali lipat dalam kurum waktu kurang dari 10 tahun). Anda bisa melihat peta perencanaan tata kota di situs pemerintah kota setempat.

Fasilitas internal memadai

Ini juga tidak kalah penting. Pastikan semua fasilitas seperti PDAM, listrik, jaringan internet, jalan umum, keamanan, dll berfungsi dengan semestinya. Semakin bagus fasilitasnya, maka akan semakin tinggi harga properti tersebut. Hati-hati, banyak kasus rumah tidak bisa terjual dengan harga yang bagus hanya karena salah satu fasilitas internal yang kurang (misalnya keberadaan PDAM yang belum ada).

Sebagai penutup, tentu saja akan berbeda jika anda membeli properti di daerah yang sudah jadi dengan daerah yang masih berkembang. Jika anda ingin berinvestasi, maka pilih lah properti yang berada di daerah yang masih berkembang karena kenaikan harganya masih sangat besar.

Namun, jika anda membutuhkan untuk segera digunakan, maka pilihlah properti yang terletak di daerah yang sudah jadi agar mempermudah kegiatan yang akan dilakukan.

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *