Mengenal Apa Itu Marketplace dan Manfaatnya Bagi UMKM

October 20, 2018
Dunia internet adalah dunia yang sangat luas dan tidak pernah berhenti. Banyak hal yang bisa dilakukan di internet, seperti bermain game, mencari teman, membaca informasi, trading, dan salah satunya yang cukup penting yaitu Jual Beli.

Jual Beli dalam Internet, biasanya disebut Marketplace. Marketplace ini tentu sangat berguna bagi UMKM, karena UMKM merupakan usaha dengan modal terbatas dan sistem yang masih sangat sederhana.

Mengingat Marketplace selalu terintegrasi dengan mesin pencari atau search engine (Seperti Google dan bing), maka dengan mendaftarkan barang di marketplace di Internet maka akan meningkatkan jumlah transaksi.

Mengenal Apa Itu Marketplace dan Manfaatnya Bagi UMKM

Sebenarnya tidak hanya UMKM saja yang sudah menggunakan sistem jual beli online. Bahkan kelas retail seperti Alfamart dan Indomaret juga sudah menggunakan sistem ini, bedanya mereka membuat dan mengembangkan aplikasi sendiri dimana ini cukup sulit atau bahkan tidak mungkin bagi UMKM.

Lalu bagaimana caranya? Cukup mudah. Hanya dengan mendaftarkan akun di beberapa situs marketplace yang ada di Indonesia (beberapa diantaranya yang cukup terkenal adalah Tokopedia dan Shopee). Anda mungkin akan diminta untuk mengupload Foto KTP asli.

Usahakan untuk memberikan data yang lengkap dan mendetail agar toko semakin mudah terlihat oleh pembeli. Mengingat jumlah dan kemungkinan transaksi ditentukan dari keterlihatan produk di mesin pencari, maka gunakan pilihan kata yang sering digunakan oleh warga internet. Hindari penggunaan kata-kata yang terlalu ilmiah.

Keuntungan marketplace bagi UMKM

Lalu, apa saja sih keuntungan jual beli online bagi UMKM? Tentu saja ada banyak sekali keuntungan yang bisa didapat seperti :
  1. Mempermudah mendapatkan calon pelanggan tanpa mengeluarkan biaya marketing yang besar
  2. Situs jual beli online selalu buka 24 jam, sehingga memaksimalkan potensi mendapatkan calon customer
  3. Gratis dan terbuka untuk UMKM manapun
  4. Bahkan ada beberapa vendor yang menyediakan promo bagi para penjual yang mendaftarkan barang di platformnya. Seperti Shopee yang memberikan promo gratis ongkos kirim atau Flash Sale LAZADA.
Jika dulu UMKM hanya bisa menjangkau daerah sekitarnya saja, maka sekarang itu sudah tidak lagi. UMKM sekarang sudah bisa langsung menjangkau seluruh Indonesia (atau bahkan dunia) dengan bantuan internet. tentu saja setiap UMKM wajib menguasai teknologi tingkat dasar, minimal mempelajari cara mengembangkan usaha via internet.

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *