Mengenal Lebih Dekat Dengan Rider (Manfaat Tambahan Asuransi)

Sebelum kita memulai, terlebih dahulu anda harus mengetahui apa itu Rider? Rider di sini bukan orang yang menaiki tunggangan atau sejenisnya. Dalam dunia asuransi, rider adalah manfaat tambahan dalam polis dengan nilai premi tambahan.

Artinya, dengan anda menabung lebih banyak dalam asuransi maka anda bisa berkesempatan mengambil rider yang lebih banyak dengan manfaat yang lebih lengkap pula. Jenis-jenis rider bisa berbeda dari setiap perusahaan asuransi yang menyediakan namun secara garis besar sama semua jenisnya.

Jika anda berniat menjadi nasabah produk asuransi non-paket, maka anda akan ditawarkan berbagai macam rider yang bisa anda pilih sesuai kebutuhan. Lain halnya jika anda menjadi nasabah produk paket, di mana ini sudah menjadi satu kesatuan dan tidak bisa diganti.

Rider Asuransi Tokio Marine

Rider di sini berguna agar anda tidak perlu membeli banyak produk asuransi. Sama halnya jika anda membeli 2 polis asuransi kesehatan dan asuransi jiwa, tentu akan lebih praktis jika anda membeli 1 polis asuransi jiwa dengan rider kesehatan.

Nah, sekarang apa saja jenis rider yang biasa tersedia di asuransi? Untuk saat ini saya akan memberikan beberapa jenis rider yang ada di Tokio Marine Life Insurance.

Rider Payer Waiver

Manfaat dari rider ini adalah untuk melindungi jika terjadi resiko terhadap orang yang bertanggung jawab dalam membayar premi. Jika pembayar premi mengalami resiko seperti cacat atau meninggal, maka rider ini akan aktif dan secara otomatis premi asuransi akan digratiskan namun polisnya akan tetap aktif sampai masa kontrak habis.

Payer Waiver hanya bisa dibeli jika pemegang polis dan tertanggung adalah orang yang berbeda.

Rider Accidental Death and Disability

Manfaat rider ini adalah untuk memberikan uang pertanggungan jika terjadi resiko kematian atau cacat akibat kecelakaan.

Jika anda memutuskan untuk mengambil manfaat tambahan dari rider ini, maka anda juga bisa mengatur uang pertanggungannya. Dari besar uang pertanggungan ini lah nominal tabungan tambahan akan diperhitungkan.

Perlu diketahui bahwa ada versi rider Accidental Death saja, yang artinya uang pertanggungan hanya bisa diklaim apabila tertanggung meninggal dunia akibat kecelakaan.

Rider Hospital and Surgery

Manfaat rider ini adalah memberikan sejumlah santunan apabila tertanggung mengalami resiko kesehatan sehingga diperlukan tindakan pembedahan. Jumlah santunan yang diberikan sesuai dengan jenis plan yang dipilih.

Semakin tinggi level plan yang dipilih, maka premi yang dibutuhkan semakin besar.

Rider Hospital Cash Plan

Rider ini bermanfaat untuk memberikan santunan jika tertanggung harus diopname di rumah sakit. Jumlah santunan yang diberikan menyesuaikan dengan pilihan plan yang dipilih, dan dapat diklaim tanpa melihat tagihan yang ditagihkan oleh rumah sakit.

Rider Critical illness

Sesuai namanya, rider ini bermanfaat untuk memberikan santunan apabila terjadi resiko penyakit kritis. Jumlah penyakit kritis yang ditanggung oleh pihak asuransi bisa berbeda-beda (dan untuk Tokio Marine bisa menanggung sampai dengan 55 penyakit kritis).

Syarat klaimnya adalah hasil diagnosa dokter harus sesuai dengan keterangan yang ada di polis asuransi.

Jika anda mengambil jenis Critical Illness Early Care, maka resiko penyakit akan ditanggung sejak awal diagnosa.

Rider Advanced Medicare

Rider ini bermanfaat untuk mengcover biaya yang timbul dari terapi cuci darah untuk gagal ginjal dan kemoterapi untuk kanker. Jumlah dan syarat klaim menyesuaikan dengan pilihan plan yang dipilih oleh tertanggung.

Itulah jenis-jenis rider yang ada di Tokio Marine Life Insurance. Jika anda menggunakan asuransi lain, mungkin akan ada perbedaan. Pastikan anda sudah mengontak agen asuransi anda untuk informasi detailnya.

Sebagai tambahan, rider bisa dibeli baik dari asuransi tradisional maupun Unit Link.
Untuk perbedaan asuransi tradisional dengan unit link, bisa dilihat di : Perbedaan Asuransi Tradisional dan Unit Link 
Dwinandha Legawa
Dwinandha Legawa Author blog yang lagi sibuk berkelana. Temukan saya di LinkedIn:

Post a Comment for "Mengenal Lebih Dekat Dengan Rider (Manfaat Tambahan Asuransi)"