Perbedaan Cashless dan Reimbursement

May 01, 2018
Dalam dunia asuransi, cara klaim dibagi menjadi dua yaitu Cashless dan Reimbursement. Mungkin ada sebagian dari nasabah atau calon nasabah asuransi yang masih bingung dengan perbedaan dari kedua cara klaim ini.

Secara harafiah, Cashless berarti anda tidak perlu mengeluarkan uang sama sekali dan biaya langsung ditanggung oleh pihak asuransi. Sedangkan untuk reimbursement, anda harus melunasi tagihan terlebih dahulu baru pihak asuransi akan mengganti setelah anda melengkapi dokumen persyaratan yang dibutuhkan.

Perbedaan Cashless dan Reimbursement

Tapi, apakah ada perbedaan untuk faktor lain? Berikut penjabaran lengkapnya:

Kepraktisan

Untuk cashless jelas jauh lebih praktis karena anda tidak perlu mempersiapkan uang sama sekali dan tinggal memberikan kartu asuransi anda ke pihak rumah sakit. Pihak rumah sakit nantinya yang akan menggesek kartu asuransi anda dan tidak ada pengurangan nilai tunai. Perlu diingat, untuk cashless prosedur administratif akan dilakukan di awal sebelum pihak tertanggung dirawat di rumah sakit.

Sedangkan untuk reimbursement, anda wajib untuk melunasi tagihan terlebih dahulu baru kemudian anda bisa mendapatkan ganti setelah anda menyelesaikan prosedur administratif.

Rumah sakit rekanan

Untuk cashless, hanya rumah sakit rekanan khusus yang menerima pembayaran langsung dari perusahaan asuransi yang digunakan. Pastikan anda sudah mengonsultasikan hal ini ke pihak asuransi agar tidak terjadi masalah di kemudian hari.

Sedangkan untuk reimbursement, jumlah rumah sakit rekanan akan jauh lebih luas bahkan bisa sampai seluruh rumah sakit. Asal semua kondisi dan syarat untuk klaim terpenuhi.

Premi

Pembayaran premi yang dibutuhkan untuk produk cashless biasanya dipatok lebih tinggi dari reimbursement. Ini karena pertimbangan kemudahan tadi, dan anda tidak diwajibkan untuk mengisi data administratif yang merepotkan nasabah.

Mana yang lebih baik?

Ini tergantung dari kebutuhan anda. Namun, cashless biasanya lebih diminati karena tidak memerlukan proses yang ribet dan menyulitkan. Bahkan, perusahaan asuransi sekarang mayoritas juga sudah mendukung sistem cashless dan bekerja sama dengan rumah sakit di luar negeri. Ini artinya anda tidak perlu bingung dan risau akan sistem pembayaran dan mata uang ketika akan berobat di luar negeri.

Berbeda dengan reimbursement, dimana anda akan merasakan perbedaannya ketika berobat di luar negeri. Jelas dokumen yang harus diurus akan lebih rumit dan kompleks.

Namun, apabila anda lebih sering menggunakan rumah sakit dalam negeri, maka kedua sistem ini tidak terlalu tampak perbedaannya. Hanya tergantung pada kebutuhan anda saja.

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *