Mau Mengisi Interior Rumah? Perhatikan Hal-Hal Ini!

April 27, 2018
Membeli sebuah properti (Rumah atau Apartemen) tentu tidak lengkap jika belum menentukan isinya. Banyak orang akhirnya memutuskan untuk menggunakan jasa interior demi mendapatkan ruangan yang indah dan terkesan homy.

Namun, perlu diperhatikan juga bahwa desain interior tidak serta merta ditentukan oleh desainer interior yang akan anda sewa. Kebanyakan memang sudah memberikan rekomendasi desain yang disertai dengan proposal sehingga anda bisa mendapatkan desain yang sesuai keinginan anda secara cepat. Tapi, tentu tidak semua jasa desain interior bisa langsung menentukan rekomendasi dengan cepat mengingat banyaknya konsep pembangunan dan keinginan konsumen yang berubah-ubah dan bervariasi, nah berikut beberapa pertimbangan yang bisa anda gunakan untuk menentukan desain interior rumah.

Perhatikan Rencana Interior Rumah

Pastikan sesuai dengan budget anda

Yang pertama dan terutama, tentu sesuaikan dengan budget anda. Percuma sudah merancang jauh-jauh jika budgetnya ternyata tidak cukup.

Biaya dalam desain interior ditentukan dari jenis dan konsep furnitur yang akan digunakan. Anda tentu akan mendapatkan harga yang berbeda untuk furnitur dengan bahan yang berbeda. Pastikan anda sudah memperhitungkan budget dengan furnitur yang akan anda gunakan nantinya.

Sesuaikan dengan konsep perumahan

Anda tentu tidak mau kan jika desain rumah nabrak atau tidak sesuai dengan kondisi lingkungannya? Contohnya anda tentu tidak mungkin membuat rumah dengan desain Japanese Cottage jika konsep perumahannya American Style. Yang ada malah kacau dan tidak sesuai.

Pastikan anda sudah mengecek warna dan model furnitur dan cek apakah furnitur yang digunakan sesuai dengan konsep rumah dan lingkungan.

Hati-hati dengan ukuran furnitur

Semua properti dibangun dengan rasio dan ukuran kamar yang berbeda-beda. Termasuk jika anda membangun rumah sendiri. Jangan menggunakan furnitur ukuran besar di kamar yang kecil dan begitu sebaliknya. Mengapa?

Karena jika ukuran furnitur dengan ruangan tidak sesuai, maka akan menimbulkan kesan yang buruk. Contoh, jika anda menggunakan lemari ukuran besar di kamar yang kecil akan menimbulkan kesan sumpek dan sempit. Sedangkan jika anda menggunakan lemari kecil di kamar besar, akan menimbulkan kesan sepi. Konsultasikan dengan jasa desain interior anda.

Pertimbangkan biaya perawatan

Beberapa furnitur seperti lampu kristal, lampu hias, pernak-pernik, ataupun beberapa jenis sofa yang rumit bisa membutuhkan biaya perawatan yang besar. Lampu kristal contohnya, akan sulit dibersihkan padahal jarang digunakan karena membutuhkan daya konsumsi yang besar sehingga akan mudah kotor.
Pastikan anda sudah mempertimbangkan biaya perawatannya. Jangan hanya karena ingin terlihat mewah dan mahal anda tidak melihat bagaimana perawatan kedepannya. Ingat, lebih baik furnitur biasa dengan kondisi bersih dan bagus daripada furnitur mewah yang terbengkalai.

Ketahanan terhadap perubahan jaman

Beberapa konsep seperti klasik merupakan konsep yang hanya booming sesaat atau konsep musiman. Tidak ada salahnya untuk mengikuti tren yang sedang mode saat ini, tapi pertimbangkan juga bagaimana rencana kedepannya jika nantinya akan dijual. Ingat, interior yang dirasa tidak cocok atau hanya bersifat musiman dalam jangka pendek bisa berakibat tidak dihargai oleh calon pembeli baru.

Beberapa mode yang tahan lama sampai sekarang adalah model modern minimalis dan konsep resort.

Memiliki rumah dengan interior yang bagus tentu menjadi idaman setiap orang. Namun, jangan sampai pada akhirnya malah terkesan norak dan pada akhirnya mengecewakan anda.

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *