Menggunakan WhatsApp Business Untuk Alat Komunikasi Bisnis

April 27, 2018
Baru-baru ini WhatsApp merilis aplikasi bisnisnya yang baru, yaitu WhatsApp Business. Sesuai namanya, aplikasi ini digunakan untuk menunjang kebutuhan komunikasi bisnis yang semakin hari semakin kompleks dan fleksibel.

Sebelumnya, anda bisa mengunduh WhatsApp Business di Google play store secara official. Ukuran aplikasinya tidak berbeda jauh dengan WhatsApp reguler. Apa kira-kira yang membedakan WhatsApp Business dengan WhatsApp Reguler?

Menampilkan detail profil usaha secara lengkap

Berbeda dengan WhatsApp reguler yang hanya menampilkan nama, nomor WA, dan status. Di WhatsApp Business, tampilan profil akan menunjukkan nama usaha, alamat situs, nomor telepon, droppin, sampai alamat email. Ini tentu akan lebih membantu calon customer untuk mengenal lebih dekat dengan usaha anda tanpa harus mencari-cari terlebih dahulu.

WhatsApp Business

Fitur Fast Reply dan Salam Pembuka

Anda juga bisa menambahkan salam pembuka di WhatsApp Business. Artinya, setiap orang yang menghubungi nomor WhatsApp Business anda akan mendapatkan salam secara otomatis, dimana salam pembuka bisa diedit sesuka hari. Sebagai saran, salam pembuka bisa diisi dengan intro profil dan kontak usaha anda (seperti yang saya implementasikan).

WhatsApp Business juga mendukung fitur fast reply. Hanya dengan mengetikkan kata kunci tertentu, maka anda bisa langsung membalas pesan calon klien anda tanpa harus mengetik panjang. Ini tentu berguna jika anda ingin mengenalkan kategori produk, summary dari produk yang anda jual, maupun detil biaya.

Anda bisa mengatur setelan ini langsung di opsi setting.

Fitur yang sama powerfull dengan WhatsApp Reguler

Secara garis besar, tidak ada perbedaan jauh antara WhatsApp Reguler dengan WhatsApp Business dari sisi operasional. Anda hanya memerlukan nomor handphone aktif untuk menggunakan WhatsApp Business. Fitur seperti backup chat, panggilan suara, dan lain-lain masih tetap ada.

Auto Reply di luar jam kerja

Di WhatsApp Business, anda bisa menggunakan auto reply di luar jam kerja. Artinya, klien anda tidak merasa dicuekin atau tidak ditanggapi karena mereka bisa langsung melihat balasan otomatis yang berisi keterangan kalau usaha masih belum beroperasi karena di luar jam kerja. Ini berguna jika anda sedang liburan atau urusan lain yang mendadak harus meninggalkan usaha anda untuk sementara waktu.

Migrasi dengan mudah

Migrasi dari WhatsApp Reguler ke WhatsApp Reguler juga tidak sulit. Bagi anda yang sudah menggunakan WhatsApp reguler sebelumnya, bisa langsung melakukan migrasi tanpa menghapus akun. Cukup dengan memasukkan nomor telepon ke aplikasi WhatsApp Business, maka anda akan langsung bisa menggunakan aplikasinya. Jangan lupa untuk melakukan backup chat.

Lalu apa yang membedakan akun WhatsApp Reguler dan WhatsApp Business? WhatsApp akan memberikan pemberitahuan kepada user jika menghubungi akun yang terhubung menggunakan WhatsApp Business. Profil bisnis juga akan tampil meskipun dibuka dari aplikasi WhatsApp Reguler.

Dengan begini maka nomor WhatsApp untuk bisnis anda akan semakin profesional. Dan lagi, fitur WhatsApp Business bisa anda nikmati secara gratis dan tanpa iklan. Siap untuk migrasi?

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *