Pengertian Apa Itu SOHO Dalam Dunia Properti

March 23, 2018
Bergairahnya dunia properti membuat semua developer mulai memutar otak mereka untuk mencari inovasi yang baru dan dapat diterima pasar. Setelah membangun apartemen, perumahan, condotel, villa, ruko, dan berbagai macam produk properti lainnya, sekarang dunia properti mulai masuk tipe pembangunan yang baru yaitu SOHO.

Apa itu konsep SOHO? Anda tentu sudah sering mendengar jenis proyek yang satu ini. Beberapa contoh proyek yang mengusung jenis SOHO adalah Ciputra World Surabaya dan 88 Avenue Surabaya.

SOHO adalah singkatan dari Small Office Home Office. Hampir mrirp seperti Ruko (Rumah toko) dan Rukan (Rumah kantor), SOHO bisa digunakan sebagai tempat tinggal sekaligus tempat usaha. Lalu apa perbedaan SOHO dengan Ruko atau Rukan biasa?

Pengertian Apa Itu SOHO Dalam Dunia Properti

Hampir mirip dengan perbedaan antara rumah tapak dengan apartemen, dimana setiap unit rumah tapak dibangun langsung di atas tanah sedangkan apartemen dibangun secara vertikal. Begitu pula dengan SOHO. Ibarat ruko yang dibangun secara vertikal.

Dengan menggunakan unit SOHO, anda bisa menggunakan unit untuk membuka usaha atau cabang usaha anda tanpa tersandung masalah perijinan, karena SOHO perinjinannya untuk tinggal dan usaha. Mau membuka kantor, salon, ataupun representatif cabang semuanya bisa.

Lalu bagaimana perbandingan antara SOHO dengan ruko biasa? Berikut saya berikan beberapa perbandingan antara SOHO dengan Ruko

Kelebihan dan Kekurangan SOHO dibandingkan Ruko

Keuntungan :
  1. Lokasi yang prestisius, biasanya SOHO akan dibangun satu komplek dengan superblocknya sehingga alamat tempat usaha anda akan lebih bergengsi
  2. Biaya perawatan yang relatif lebih murah. Biaya perawatan SOHO sudah satu paket dengan service chargenya, sehingga untuk kegiatan renovasi sudah dihandle oleh pihak pengelola bangunan.
  3. Lebih aman, jika ruko rawan dibobol oleh oknum tidak bertanggung jawab, maka SOHO tidak akan terjadi karena membutuhkan akses sendiri untuk bisa masuk ke bangunan SOHO.
  4. Full fasilitas. SOHO juga dibangun berikut dengan fasilitas huniannya, sehingga anda bisa mengajak klien untuk refreshing di sekitar SOHO tanpa perlu keluar dan menambah biaya.
  5. Harga sewa yang lebih baik. Harga sewa untuk unit SOHO relatif lebih tinggi dari pada ruko. Hal ini juga karena ekspatriat dari luar negeri lebih menyukai SOHO daripada komplek ruko.
Kekurangan :
  1. Space di SOHO relatif lebih kecil daripada space yang ada di ruko. Namun, ada juga SOHO yang memiliki luas yang sangat besar.
  2. Tidak bisa renovasi tampak luar.
Jika dilihat kekurangan dan kelebihannya, tentu jauh lebih unggul SOHO. Sebagai tambahan, SOHO biasanya juga dilengkapi dengan ruang meeting yang dapat digunakan dengan mengajukan ke pihak pengelola. Sehingga anda tidak perlu bingung jika ingin mengadakan meeting namun tidak mau lokasinya jauh dari tempat kerja.

Lalu apa bedanya dengan Office Space? Tentu saja Office Space tidak bisa difungsikan untuk tempat tinggal, dan beberapa Office Space bahkan mengenakan biaya tambahan untuk overnight (Operasional di luar jam kantor). Ini tidak akan berlaku jika anda menggunakan unit SOHO.

Itulah definisi SOHO dalam dunia properti. Jika anda tertarik untuk mencari referensi untuk mengambil unit SOHO atau ingin membeli unit SOHO, bisa langsung menghubungi saya di halaman kontak di situs ini, tanpa biaya.

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *