Mengenal Apa Itu Superblock dan Keuntungannya

March 12, 2018
Akhir-akhir ini banyak developer yang membangun komplek hunian dengan konsep Superblock. Apa sih superblock itu? Mengapa developer sangat gencar melakukan pengembangan dengan konsep superblock?

Secara garis besar, konsep superblock adalah konsep pembangunan dimana di dalam satu komplek tersebut terdapat berbagai macam fasilitas. Contoh pengembangan superblock di Surabaya yang cukup lengkap adalah Ciputra World yang terletak di Jalan Mayjend Sungkono, Surabaya Barat.

Apartemen Superblock Surabaya
Superblock Menawarkan Hunian yang Lebih dari Sekedar Hunian

Dalam satu komplek Ciputra World sendiri terdapat berbagai macam fasilitas dan gedung, seperti : Gedung Mall yang sudah lengkap dengan tenant terkenal, Gedung Office (masih tahap pembangunan), Gedung Apartemen (saat ini sudah ada 2 tower yang sudah jadi yaitu The Via dan The Vue), Gedung SOHO atau disebut Small Office Home Office (Bisa jadi hunian maupun tempat usaha), sampai dengan hotel bintang lima.

Ada banyak keuntungan tinggal di dalam komplek superblock (dan harus dibayar dengan harga yang lebih tinggi dari hunian biasa tentunya). Salah satu yang paling sederhana adalah jika anda memiliki tempat usaha dan hunian di satu komplek yang sama, maka akan menghemat waktu dan tenaga untuk setiap kali anda berangkat atau pulang kerja.

Untuk lebih lengkapnya bisa simak beberapa hal di bawah ini :

Gengsi

Salah satu alasan untuk tinggal di Superblock adalah gengsi, dan ini sudah banyak saya temui dari para klien. Biasanya orang akan dengan bangga menyebutkan alamat tinggal mereka. Contohnya ketika ada rekan yang bertanya di mana alamat anda, Maka anda bisa dengan bangga mengatakan "Ciputra World" dan tentunya rekan anda akan langsung tahu dan bisa membayangkan bagaimana tempat tinggal anda.

Dan memang tempat tinggal di superblock (apalagi di lokasi strategis dan pengembang ternama) harganya dibanderol sangat tinggi. Untuk 1 unit apartemen ukuran 2 BR (Bedroom) di Via Vue saja bisa seharga 2,5 Miliar rupiah (belum termasuk pajak).

One Stop Living

Anda bisa dengan mudah mencari makan (tinggal turun ke Mall atau commercial area jika tempat tinggal anda di superblock yang berkonsep seperti MOI (Mall Of Indonesia) Kelapa Gading), Berbelanja juga hanya tinggal turun ke supermarket yang ada di Mall, mau beli baju juga tinggal turun. Atau mungkin mau bertemu klien? Sangat mudah, tinggal bertemu di Mall atau Lobby Apartemen anda dan semua aman terkendali.

Apartemen Superblock Fasilitas Lengkap
Superblock dengan fasilitas lengkap

Ada beberapa superblock yang menyertakan sekolah juga. Contohnya Trans Park Juanda yang menghadirkan kampus LSPR (London School Of Public Relation) dan Marvell City Surabaya yang menghadirkan Mawar Sharon School), jadi anak anda juga lebih mudah untuk mengakses sekolah tanpa perlu khawatir tidak ada yang mengantar/menjemput.
Untuk informasi pengertian One Stop yang lebih lengkap klik : Mengenal Lebih Dekat Istilah "One Stop"

Lokasi yang Strategis

Membangun superblock bukanlah perkara mudah, sehingga developer sudah pasti memilih lokasi yang sangat strategis untuk membangun proyeknya. Semua superblock pasti terletak di lokasi yang sangat strategis, berikut beberapa contohnya
  • Grand Sungkono Lagoon (PP Properti) Surabaya terletak hanya beberapa ratus meter dari exit toll Terdekat
  • Grand Kamala (PP Properti) Lagoon Bekasi terletak tepat di Exit Toll Bekasi Barat
  • Mall Of Indonesia (Agung Sedayu) Jakarta terletak di nol Jalan Boulevard Kelapa Gading (ROW 40 meter)
  • Tunjungan City (Pakuwon Group) Surabaya terletak di Pusat Kota dan hanya 3 KM dari exit toll terdekat
Oleh kaena itu, tidak perlu khawatir kalau investasi di Superblock tidak akan menghasilkan return yang menarik karena semuanya sudah diperhitungkan.

Pangsa Sewa yang Tinggi

Kaum Expatriat tidak akan mau menyewa unit apartemen di pinggiran ataupun apartemen yang tidak memiliki fasilitas yang lengkap. Superblock selalu memiliki harga sewa yang tinggi, bahkan melewati rasio harga sewa rumah di perumahan terdekatnya. Contoh saja, unit tanglin tipe studio di Superblock Pakuwon Indah Surabaya memiliki nilai sewa sampai 38 juta per tahun (padahal harga unitnya masih kisaran 450 jutaan, artinya hampir 10% nilai ROInya). Sedangkan harga sewa rumah di Citraland paling mahal-mahalnya (dan yang laku) di kisaran 250 juta sampai 300 juta, padahal harga rumahnya bisa 7 Miliar lebih yang artinya returnnya hanya 3 sampai 5 persen saja.

Tapi, kelemahannya adalah biasanya kalau weekend mall akan ramai dan penuh orang. Hal ini akan mempersulit penghuni saat akan keluar masuk hunian. Namun, sepertinya tidak terlalu berefek jika dibandingkan dengan kelebihan-kelebihan yang sudah disebutkan di atas.

bagaimana? Masih ragu untuk berinvestasi atau tinggal di Superblock?

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *