Keuntungan Menggunakan Agen (Broker) Properti Resmi AREBI Bagi Penjual

March 13, 2018
Menggunakan agen properti sudah menjadi tren saat ini. Dengan tujuan mempermudah mencari  atau menjual properti idaman, banyak calon pembeli maupun penjual yang menghubungi agen properti lokal setempat.

Namun, tak banyak orang yang tahu bahwa untuk agen atau broker properti resmi hanya yang berada di bawah naungan AREBI (Asosiasi Real Estate Broker Indonesia). Dengan menggunakan broker yang non AREBI, anda mungkin bisa mendapatkan resiko seperti :
  • Harga yang di mark up (ini dilarang keras di kode etik AREBI)
  • Listing yang tidak valid (kebanyakan terjadi di broker properti abal-abal yang asal mencari listing)
  • Jumlah komisi yang terlalu besar (dalam AREBI terdapat standar komisi yang diterapkan untuk jasa broker)
  • Tidak adanya payung hukum, sehingga sulit untuk mengadu jika terjadi masalah
  • Kebanyakan hanya bertindak sebagai makelar (kebanyakan broker non AREBI bertindak hanya sebagai perantara saja dan tidak membantu proses jual beli dan legalitas, meskipun tidak semua)
  • dan lain-lain
Nah, di sini saya akan mengulas apa saja keuntungan yang dinikmati (dalam artikel ini khusus untuk pemilik atau penjual rumah) jika anda menitipkan penjualan properti anda kepada agen atau broker properti resmi dengan lisensi AREBI, berikut ulasannya.

BRIGHTON AREBI Indonesia
BRIGHTON Sebagai Real Estate Agent di bawah naungan AREBI INDONESIA

Jaringan yang pasti

Agen properti yang berada di bawah naungan AREBI, bisa melakukan kerja sama jual beli dengan agen AREBI lainnya. Artinya, jika anda menitipkan penjualan rumah ke satu agen AREBI saja, maka sudah pasti agen properti AREBI lain bisa ikut membantu menjual (selama mereka memiliki calon pembeli yang tepat).

Jaringan AREBI sendiri semuanya merupakan orang-orang yang berkecimpung dalam dunia properti dan bukannya organisasi abal-abal. Contohnya, jika anda menitipkan penjualan satu rumah kepada saya (Saya merupakan anggota dari BRIGHTON SURABAYA yang merupakan agensi di bawah naungan AREBI), maka saya tetap bisa menawarkan rumah atau properti anda kepada agen lain yang memiliki calon pembeli atau buyer. Sangat efisien.

Jumlah komisi yang mudah

AREBI memiliki standar alam menentukan komisi yang diterima oleh agensi yang berada di bawah naungannya. Seorang agen, tidak boleh meminta komisi di atas standart yang sudah ditetapkan AREBI kecuali atas persetujuan pemilik. Berikut harga jasa atau fee agen di bawah naungan AREBI:
  • Untuk jual beli
    • Harga di bawah 1 miliar jumlah komisi 3%
    • Harga antara 1 miliar sampai dengan 3 miliar jumlah komisi 2.5%
    • Harga di atas 3 miliar jumlah komisi 2%
  • Untuk sewa menyewa
    • Harga total sewa di bawah 25 juta jumlah komisi 10%
    • Harga total sewa 25 juta sampai dengan 50 juta jumlah komisi 7.5%
    • Harga total sewa di atas 50 juta jumlah komisi 5%
Dengan begitu, anda pun tidak berat dalam membayarkan fee untuk agen yang anda gunakan. Sebagai tambahan, agen AREBI hanya menerima komisi jika terjadi transaksi.

Membantu proses jual beli sampai tanda tangan Akta Jual Beli (AJB)

Anda tidak perlu bingung untuk mengatur apa yang harus dilakukan begitu properti anda laku terjual. Jika anda pertama kali melakukan jual beli properti, maka agen AREBI akan membantu anda dalam melakukan prosedur jual beli properti dari awal sampai selesai. Mulai dari mengatur uang muka sampai dengan order notaris dan penandatangan Akta Jual Beli serta pelunasan

Agen AREBI juga bisa menawarkan untuk menampung uang muka atas properti sampai transaksi selesai dan berjalan lancar. Hal ini untuk menjaga agar calon pembeli tetap serius dalam melanjutkan alur jual beli dan tidak cari alasan untuk membatalkan karena pinalti akan secara otomatis diberlakukan di sini.

Membantu proses pemasaran dengan berbagai media

Agen resmi AREBI, biasanya bekerja sama dengan berbagai media periklanan baik itu elektronik atau cetak. Sehingga jika anda menitipkan properti anda ke agen AREBI maka besar kemungkinan properti anda akan diiklankan di media periklanan online maupun offline secara gratis.

Tidak itu saja, agen AREBI juga bisa menawarkan anda untuk pemasangan banner tanda dijual atau sewa ataupun tawaran untuk melakukan open house selama beberapa hari. Layanan ini juga sifatnya gratis tidak ditanggung biaya apapun.

Dan tentunya semua agen AREBI berkecimpung di dunia properti sehingga ahli di bidangnya

Semua agen AREBI diwajibkan untuk mengikuti dan memahami training yang diadakan oleh instansi tempatnya bernaung. Dan setiap minggu akan diadakan pertemuan untuk membahas apa pun yang ada di dunia properti (dan ada sesi sharing properti yang dijual). Tentunya anda tidak akan khawatir karena properti anda berada di tangan yang tepat.

Itulah kelebihan menggunakan jasa properti bagi penjual. Apabila anda memiliki properti yang ingin dijual dan membutuhkan jasa untuk pemasaran properti bisa langsung menghubungi saya di halaman contact atau menekan menu feedback atau bisa langsung menghubungi saya lewat WA 082236200764. Sekian dan terima kasih.

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *