Apa Itu Virtual Acoount (VA) Dan Kelebihannya

March 11, 2018
Semakin hari, dunia transaksi dan keuangan semakin maju. Dulu, kita kemana-mana harus bawa uang fisik untuk melakukan transaksi jual beli, meskipun ada atm dan bank tidak semua bisa menerima transaksi via wire transfer (bahakn Google Adsense pada awalnya hanya mendukung Western Union untuk penayang luar negeri).

Sekarang, jaman semakin canggih. Untuk beli tiket pesawat saja sudah bisa lewat HP dan hebatnya tanpa melangkah keluar rumah sekalipun hanya bermodal aplikasi entah anda pakai Traveloka, Tiket.com, dan lain-lain.

Salah satu metode cara bayar yang paling digemari adalah via bank transfer atau uang digital seperti Go-Pay, TravelokaPay, GrabPay, OVO Cash, dan lain-lain. Tapi saya tidak membahas uang digital sekarang ini.

Untuk tranfer via bank, biasanya dibagi dua jenis yaitu dengan rekening biasa atau Virtual Account (VA). Mayoritas bank di Indonesia sudah mendukung untuk pembayaran via Virtual Account (VA) ini. Contoh untuk mengisi Go-Pay bisa lewat nomor Virtual Account (VA) 70001 ditambah nomor telepon yang terdaftar contoh 700108223*******, dengan catatan ini adalah nomor Virtual Account (VA) untuk customer.

Virtual Account BCA Pada Aplikasi GoJek
Virtual Account BCA Pada Aplikasi GoJek

Lalu, apa saja keuntungan dari menggunakan Virtual Account (VA) ini? Berikut kelebihan-kelebihannya.

Instant Confirmation atau Konfirmasi Instan

Masih jaman ya upload bukti transfer? Kalau anda sering pakai cara bayar bank transfer konvensional, anda tetntu diharuskan mengirim bukti transfer, dan tentunya ini akan merepotkan anda. Iya kalau anda bisa pakai m-banking atau klik, kalau lewat ATM (Anjungan Tunai Mandiri atau Automated Teller Machine)? Harus repot foto-foto, belum kalau hasil fotonya buram atau ponsel mengalami error sistem. Berapa lama waktu yang harus terbuang?

Dengan menggunakan Virtual Account (VA) maka mengirim bukti transfer sudah tinggal kenangan karena sistem langsung membaca dan mengkonfirmasi pembayaran yang anda lakukan secara otomatis (Ingat kalau akun Virtual Account (VA) selalu dikontrol oleh sistem yang disediakan oleh bank yang bekerja sama, dan nomor akunnya selalu berbeda untuk setiap customer sehingga tidak mungkin bisa terjadi "slip transaksi" atau transaksi yang tertukar (bisa jadi judul sinetron baru nih).

Sayangnya aplikasi yang cukup terkenal dan besar seperti Traveloka malah belum menyediakan cara bayar lewat Virtual Account (VA) ini.

Baca Juga : Fungsi dan Bentuk Bank

Dukungan Auto Debet

Dengan menggunakan Virtual Account (VA), maka pembayaran tagihan listrik atau iuran lingkungan bisa dilakukan secara otomatis tanpa harus keluar rumah dan jadwalnya bisa disesuaikan dengan tanggal jatuh tempo (anda tidak perlu takut kelewatan dan terkena denda).

Beberapa perumahan dan apartemen sudah mendukung auto debet via Virtual Account (VA) ini sehingga tidak mempersulit penghuni saat akan membayar tagihan bulanan dan tentu berdampak pada kelancaran layanan pada hunian tersebut (lebih hemat kertas karena tidak perlu mencetak tagihan dan surat peringatan)

Tidak perlu repot mendaftarkan Daftar Transaksi m-banking

Jika anda adalah pengguna m-banking terutama BCA (Bank Central Asia), maka tidak perlu repot untuk mendaftarkan nomor Virtual Account (VA), ke daftar transfer (tidak perlu bayar pulsa lagi tentunya). Memang, tidak terlalu signifikan, paling hanya tambah bayar pulsa 350 rupiah (untuk pengguna Telkomsel). Tapi, kalau anda sangat jarang (atau bahkan hanya sekali saja bertransaksi dengan instansi tersebut) maka akan merepotkan karena membuat daftar transfer anda semakin panjang.

Mobile Internet Banking BCA
Mobile Internet Banking BCA

Ini juga mempersingkat waktu, kalau kita mempertimbangkan efek "kejadian tidak terduga" misalnya sistem SMS yang tiba-tiba error (untuk m-banking BCA perlu mengirim SMS tambahan agar bisa menambahkan nomor rekening baru di daftar transfer) maka akan terasa dampaknya. Kita di sini membicarakan tidakan preventif.

Di mana aja kapan saja dan lebih hemat waktu

Pembayaran pun bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja (asal anda punya internet untuk pengguna m-banking dan intenet banking) Mengingat tidak perlu upload bukti transfer yang merepotkan, dan tentu saja tidak perlu menunggu waktu konfirmasi transaksi.

Banyak kelebihan yang ditawarkan dengan cara bayar lewat Virtual Account (VA) ini. Namun, agar terhindar dari kesalahan dan kegagalan transaksi, pastikan layanan yang anda gunakan mendukung cara bayar ini. Anda bisa menghubungi Layanan Konsumen untuk menanyakan detailnya.

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *