Uji Jumlah Kosakata Mandarin dengan Permainan Jie Wei Ling

April 25, 2016
Anda sedang belajar Bahasa Mandarin? Berapa banyak jumlah kosakata yang anda kuasai? Seperti yang anda ketahui, bahwa jumlah kosakata dalam Bahasa Mandarin sangatlah banyak dan luas. Dan salah satu kesulitan dari Bahasa Mandarin adalah dua kata yang bisa digabungkan menjadi satu arti (misalnya 安 (aman) dan 排 (baris) bisa digabung menjadi 安排 (mengatur)). Mereka bisa digunakan sendiri-sendiri atau menjadi satu sesuai dengan kebutuhan.

Permainan Kata Jie Wei Ling

Jumlah banyaknya kosakata yang dikuasai sangatlah penting, terutama jika kita berbicara tentang HSK (hanyu shuiping kaoshi/tes tingkat Bahasa Mandarin), dimana anda dituntut untuk menguasai kosakata dalam jumlah banyak dan tentu saja anda juga harus tahu kapan dan bagaimana cara menggunakannya.

Nah, ada cara agar anda bisa menambah jumlah kosakata dengan jumlah besar dan beragam, yaitu dengan bermain permainan kata yang disebut dengan 接尾令 (jie wei ling). Cara bermainnya adalah dengan terus menghubungkan antara kata terakhir yang disebutkan orang sebelumnya dengan kata selanjutnya (misalnya 早上 (zao shang - pagi) - 上面 (shang mian - bagian atas) - 面包 (mian bao - roti) - 包装 (bao zhuang - kemasan - 装修 (zhuang xiu - merenovasi) - dst) secara terus-menerus tanpa henti.

Agar bisa lancar memainkan permainan ini, maka anda harus menguasai banyak kosakata (sebab kalau tidak, anda tidak bisa melanjutkan kata sebelumnya, dan berarti skor diambil oleh orang lain yang meneruskan), belum lagi apabila konteks kosakatanya bebas. Saya sendiri mencoba mengikuti permainan ini di grup Belajar Bahasa Mandarin Yuk! (BBMY) di Facebook, dan saya harus beberapa kali membuka-buka kamus untuk menemukan pasangan kata yang tepat. Kami menuliskan hanzi, pinyin, beserta dengan artinya untuk membantu orang yang tengah mempelajari Bahasa Mandarin dengan melihat daftar kata yang sudah kami keluarkan.

Permainan ini sangat menyenangkan apabila diikuti oleh banyak orang (salah satu hal yang menyenangkan adalah ketika terjadi rebutan). Namun, untuk anda yang belum bisa ambil bagian dalam permainan ini, bisa menonton orang berebut merangkai kata-kata sambil mencatat kata yang sudah keluar dan tentu saja ini akan menambah jumlah kosakata anda secara signifikan (bayangkan berapa jumlah kata yang keluar dalam 1 hari apabila ada 5 orang saja yang ikut dalam permainan ini).

Setelah anda menyerap dan memahami cukup banyak kosakata, maka anda bisa langsung ikut ambil bagian dalam permainan ini. Saya menyarankan untuk anda agar menuliskan (jangan difoto atau discreenshot karena tidak efektif dimana anda tidak mendapatkan pengalaman menuls) hanzi yang keluar, dengan begitu selain anda mendapatkan kosakata baru, anda juga melatih kemampuan menulis dan mengingat hanzi.

Jika anda berminat ikut, langsung saja join ke grup Belajar Bahasa Mandarin Yuk (BBMY) di facebook atau silahkan copy URL ini di address bar anda (https://mobile.facebook.com/groups/382453951929490?view=permalink&id=541594252682125&refid=18&_ft_=qid.6277211174468776008%3Amf_story_key.541594252682125%3Atl_objid.541594252682125). Siap untuk bermain perang kata?

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *