Buat Sosial Media Menjadi Bermanfaat

April 25, 2016
Sosial media? Anda tentu hampir setiap saat membukanya. Tapi, apa yang anda lakukan di sana? Update status? Ngobrol panjang lebar? Menghina orang (menjadi haters)? Ada kok cara agar aktivitas di media sosial tak hanya menjadi kegiatan yang buang-buang waktu saja.

Facebook

Banyak hal yang bisa dilkukan di media sosial (yang tentu saja bersifat positif dan tidak hanya membuang waktu). Dan tentunya, juga tidak kalah mengasyikkan daripada sekadar membual di media sosial. APa saja itu? Yuk cekidot!

Join Grup Sesuai Hobi dan Berdiskusi di Sana


Salah satu kegiatan favorit saya di media sosial. Yup, jika anda memiliki suatu hobi (misalnya saya suka Bahasa Mandarin), maka bergabunglah dengan grup yang memiliki topik pembicaraan tersebut. Usahakan bergabung dengan grup yang sudah memiliki anggota yang banyak, agar nanti ujung-ujungnya tidak nganggur juga. Disarankan bergabung dengan grup yang memiliki anggota lebih dari 500 orang.

Mengapa begitu? Jumlah anggota yang banyak, artinya bahasan yang ada setiap hari juga akan bertambah dan tidak idle. Dengan begitu, setiap hari anda juga akan mendapatkan ilmu dan pengalaman baru dari anggota lainnya. Sangat efektif jika digunakan untuk mempelajari seputar hobi anda dan menyelami pengalaman orang lain yang memiliki minat yang sama atau berbagi pengalaman. Jangan lupa, apabila anda menemukan informasi yang relevan dengan grup anda, anda bisa membagikan dan mendiskusikannya di dalam grup.

ada kemungkinan juga anda bisa terkena bully dari anggota grup lainnya, tidak perlu marah karena itu memang wajar sebagai seorang newcomer.

Setel Profil Agar Lebih Banyak Informasi dan Wawasan yang Masuk


Terus aktif di media sosial juga bisa membuat anda lebih terbuka terhadap informasi dari dunia luar loh! Coba saja anda ikuti fanspage atau official account dari situs-situs berita ternama. Situs-situs besar, biasanya akan membagikan artikel yang telah dibuat via official account media sosialnya, sehingga anda juga tidak perlu repot-repot berkunjung dan mencari artikel tersebut. Coba saja kalau anda mengikuti setidaknya 10 official account dari situs berita ternama di dunia, anda tentu tidak akan ketinggalan informasi apapun.

Tukar Pengalaman dan Pendapat


Bisa dibilang ini adalah langkah selanjutnya dari join grup. Setelah anda join dan aktif dalam sebuah grup, tentunya anda akan memiliki beberapa teman baru (entah yang lebih tinggi, setara, atau lebih rendah kemampuannya dari anda). namun, tetap saja pengalaman setiap orang bisa berbeda, nah cobalah untuk berbincang-bincang dengan mereka. Hitung-hitung mencari pengalaman dan teman baru.


Tidak sulit bukan? Cukup melakukan 3 hal diatas, maka kegiatan di media sosial anda pasti sudah berubah dari yang hanya sekedar melihat-lihat timeline, update status, atau yang paling parah (menjadi haters) menjadi seorang aktivis yang mencari dan membagikan informasi.

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 Comments:

Write Comments
pilmotivasi
AUTHOR
October 6, 2016 at 12:41 PM delete

Tamabahn satu lagi fungsi sosial media juga bisa buat cari trafik visitor hehe :D
Juga bisa buat jualan ataupun iklan dagangan di sosial media, terutama yang jualan online hehe.

Reply
avatar

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *