Melakukan Ping Dengan CMD Untuk Mencegah Internet Mengalami Idle

Mungkin anda pernah mengalami hal seperti ini, dimana koneksi internet mengalami putus nyambung (terkadang bisa menerima atau mengirim data dan terkadang terputus dari koneksi). Salah satu kemungkinannya adalah koneksi yang mengalami idle atau tidak adanya proses penerimaan atau pengiriman data dalam jangka waktu tertentu.

Ping dengan CMD

Tentunya anda tidak mungkin melakukan refresh halaman setiap saat (terutama jika anda sedang membaca berita atau surfing di media sosial, lain halnya jika anda bermain game online atau sosial messaging dimana internet akan selalu bekerja). Jika anda sedang membaca artikel atau tulisan teman anda yang lumayan panjang, tentunya anda tidak akan melaukan interaksi dengan komputer dalam jangka waktu tertentu dan akhirnya menyebabkan internet menjadi "idle".

Sekarang saya akan memberikan cara sederhana dan mudah untuk mencegah hal itu terjadi. Cukup menggunakan cmd atau command prompt (bisa dicari dibagian accessories di menu start atau bisa menggunakan menu Run lalu ketikkan "cmd" di kolomnya). Silahkan diikuti langkah-langkahnya
  1. Buka cmd dengan melalui Run, Search, atau dari menu start
  2. Ketikkan ping namasitus.com -t (nama situs bisa diganti dengan alamat web tertentu)
  3. Lalu tekan enter
Maka koneksi internet akan terus menerus aktif menerima data (dengan ukuran 32 bit yang tentunya sangat kecil dan tidak berpengaruh pada kuota data anda). Fungsi "-t" disini adalah agar internet anda tidak berhenti mengunduh data, sebab secara default fungsi ping hanya disetel 3 kali pengunduhan saja dan tujuan sebenarnya dari ping ini adalah untuk menguji apakah internet bisa digunakan atau tidak.

Cara ini juga berguna untuk mengatasi koneksi yang byar pet. Maksudnya, jika koneksi anda sedikit bermasalah dalam menerima atau mengirim data (kecepatan tidak stabil, maka cara ini dapat membantu menstabilkan koneksi anda.

meski demikian, bukan berarti cara ini bisa mengatasi internet lambat atau jika ada gangguan dari penyedia layanan internet anda.

Semoga dengan menggunakan cara ini, anda bisa mengatasi koneksi modem atau wifi yang doyan putus nyambung. Hehehe.
Dwinandha Legawa
Dwinandha Legawa Author blog yang lagi sibuk berkelana. Temukan saya di LinkedIn:

Post a Comment for "Melakukan Ping Dengan CMD Untuk Mencegah Internet Mengalami Idle"