Singkatan Dalam Bahasa Mandarin (Bisnis)

Dalam Bahasa Indonesia, kita mengenal singkatan-singkatan bukan? Seperti dll (dan lain-lain) atau No. Telp. (Nomor Telepon). Sama halnya dengan Bahasa Mandarin, kita juga mengenal singkatan. Nah, bagaimana bentuk singkatannya? Apakah goresannya dikurangi (itu mah penyederhanaan karakter, bukan disingkat)? Tentu saja tidak, disini kita menggunakan hanzi secara efektif namun tetap dapat dimengerti secara sekilas.

Singkatan Bahasa Mandarin

Coba bayangkan jika anda harus menulis 4 hanzi sekaligus dan artinya hanya "sekecrut (sangat simpel dan sedikit)" saja? Sedangkan anda bisa menyingkatnya menjadi 2 hanzi? Tentu saja merepotkan, karena kebanyakan dalam Bahasa Mandarin, 1 kata bisa diterjemahkan sampai 2,3, atau bahkan 4 hanzi. Tapi, ternyata orang-orang China tentu saja tidak mau repot. Mereka menciptakan singkatan-singkatan (terkadang sedikit rancu) agar mempermudah dan meningkatan efektivitas dalam menulis (mengingat hanzi juga bukan huruf yang mudah). Nah apa saja contoh-contohnya?

Coba perhatikan perbedaan berikut:
法律规定的 (fa lv gui ding de) = Legal/Ditetapkan/Sesuai peraturan
dengan yang dibawah ini
法定 (fa ding) = Legal/Ditetapkan/Sesuai peraturan
Cukup jauh kan perbedaannya (3 hanzi lho)?

Coba perhatikan lagi perbedaan di bawah ini:
选择地址 (xuan ze di zhi) = Memilih lokasi
dengan yang di bawah ini
选址 (xuan zhi) = Memilih lokasi
Anda tentu bisa membayangkan berapa banyak jumlah hanzi yang bisa anda kurangi tanpa merubah arti sebelumnya. Jika hanya menulis kalimat pendek untuk kepentingan tugas sih masih tidak terlalu berefek ya, tapi bagaimana jika anda menulis artikel panjang (seperti blog contohnya?).

Sayangnya ada juga yang rancu seperti di bawah ini
拿出一毛钱 (na chu yi mao (satuan uang) qian) = Mengeluarkan sejumlah uang
Disingkat menjadi seperti ini
缴纳 (jiao na) = membayar/menyerahkan
Sedikit tidak nyambung bukan? Mulai dari hanzi yang tertulis sampai artinya yang sedikit rancu. Tapi sepertinya memang itulah seninya Bahasa Mandarin, harus pandai-pandai melihat hubungan kata. Oh ya, dalam pelajaran lanjutan Bahasa Mandarin, anda juga diwajibkan menguasai singkatan-singkatan ini mulai dari asalnya hingga artinya (tergolong dalam 高级 (tingkat tinggi) karena memang kebanyakan hanya bahasa bisnis yang disingkat-singkat).

Masih banyak lagi singkatan lainnya. Belajar Bahasa Mandarin memang kompleks dan menyenagkan bukan?
Dwinandha Legawa
Dwinandha Legawa Author blog yang lagi sibuk berkelana. Temukan saya di LinkedIn:

1 comment for "Singkatan Dalam Bahasa Mandarin (Bisnis)"

  1. 有没有别的词汇?
    我在找这个词。
    太谢谢 :)

    ReplyDelete

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog.