Ciri-Ciri Seorang Sahabat Palsu

February 09, 2016
Di dunia, tidak ada orang bisa hidup sendiri. Dengan kata lain, setiap orang butuh kehadiran orang lain untuk melengkapi hidupnya. Relasi orang bisa dibedakan menjadi 3 tingkatan, yaitu kenalan, teman, dan sahabat.

Relasi pada tingkat sahabat adalah relasi yang bisa dikatakan paling menyenangkan. Seorang sahabat biasanya adalah orang yang selalu bersama anda baik dalam suka maupun duka, dan seringkali juga bisa dijadikan sebagai teman curhat yang baik. Namun, terkadang ada juga orang yang bisa dikatakan sebagai "sahabat palsu", seorang yang seakan-akan bertindak layaknya seperti sahabat padahal dia adalah musuh dibalik selimut yang siap-siap menjatuhkan anda, berikut ciri-cirinya. (dia menunjukkan si "sahabat palsu")

False Friendship

1. Berusaha menyerap habis ilmu anda


Ini adalah kemampuan yang paling dimiliki oleh seorang sahabat palsu, dia akan siap menyerap semua ilmu anda mulai dari dasar hingga tingkat lanjut. Dia akan senang belajar dengan anda, dan hebatnya lagi orang tersebut memanfaatkan kemampuan anda untuk kepentingannya bersama dengan orang lain yang tidak anda ketahui. Dalam tingkat yang lebih parah, orang seperti ini bisa memanfaatkan anda untuk mengejar ambisinya.

2. Hanya datang saat dia butuh


Saat dia membutuhkan (contohnya ketika ia membutuhkan orang untuk membantu mengerjakan tugas atau proyek), dia akan datang pada anda, bertanya dan mengajak anda berbicara, seolah-olah dia adalah sahabat sejati anda. Padahal, kedoknya hanyalah agar anda mengajari orang tersebut agar proyek dan tugasnya bisa selesai dengan sempurna, dan tentunya anda akan dilupakan sesegera mungkin setelah itu selesai. Pada taraf yang lebih parah, anda akan diminta untuk bekerja sama dengan dia, namun nama anda dicoret dari daftar partisipan dan dia akan mengklaim kalau dialah sang "pionir". Hati-hati!

3. Tidak niat menolong anda


Ketika anda membutuhkan pertolongan, mungkin dia datang tapi tentu saja dengan syarat. Misal, ketika anda ingin meminjam laptop, maka anda akan disuruh membeli kartu wifi terlebih dahulu. Seorang sahabat, pasti akan meminjamkan barangnya tanpa banyak berbicara. Bahkan dia tidak mau meninggalkan kegiatannya untuk sementara untuk menolong anda!

4. Pemaksa


Bahkan untuk sekadar acara tidak penting sekalipun, anda akan dipaksa untuk ikut serta. Dia akan memanfaatkan rasa sungkan anda untuk kepentingan pribadi. Sialnya, anda tidak digubris di acara yang telah dia buat tersebut, ibarat dia hanya mencari figuran.

5. Mengacuhkan anda


Jika dia tengah sedang berada bersama anda, dan tiba-tiba datang seorang "pihak ketiga", maka anda akan sesegera mungkin diacuhkan. Anda hanya akan didengarkan seperlunya, sementara dia asik bicara dengan si "pihak ketiga" tersebut. Jika ini terjadi, segera tinggalkan spot karena anda hanya dianggap sampah disana.

6. Tidak senang dengan prestasi anda


Sekilas terlihat seperti mengapresiasi, namun dibalik pertanyaan yang dia ajukan tentang prestasi anda, tersembunyi hinaan secara implisit. Misalnya jika anda bisa membuat sebuah poster, maka dia akan bertanya "Editan template orang ya?". Pertanyaan ini sekilas terasa seperti bercanda, namun tidakkah dia memiliki canda yang lebih berkualitas?

7. Senang memanfaatkan anda


Jika dia membutuhkan sesuatu dia akan mengontak anda untuk segera melakukannya, tanpa basa-basi. Menyebalkannya lagi, pekerjaan itu (harusnya) dia kerjakan sendiri. Hebatnya, dia mengklaim kalau itu adalah ide dan karyanya. Jika anda sudah pernah mendengar kelakuan seperti ini pada siapapun sahabat anda, sebaiknya segara potong saja hubungan anda daripada kecewa sendiri pada nantinya

Demikian profil "sahabat palsu", semoga bisa membantu anda yang bingung menilai apakah sahabat yang anda miliki sekarang memang benar-benar sahabat atau hanya sekadar "hama pengganggu". Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali, lebih baik anda segera memutuskan hubungan apabila anda menemui 1 atau lebih sifat yang saya sebutkan pada sahabat anda, daripada anda kecewa dan frustrasi sendiri setelah menjalin hubungan pertemanan sekian lama.

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 Comments:

Write Comments
February 18, 2016 at 10:25 AM delete

kalau ada 7 ciri itu bukan sahabat palsu namanya..tapi musang berbulu ayam

salam
Ilmu pesugihan cyber

Reply
avatar

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *