Mengenal Liang Ci Satuan Dalam Bahasa Mandarin (Bagian Dua)

Sesuai janji saya pada artikel sebelumnya, kali ini saya akan melanjutkan membahas 量词 (liang ci) atau satuan dalam bahasa mandarin. Sebagaimana anda ketahui bahwa dalam Bahasa Mandarin, jumlah kata satuan sangat banyak dan memiliki fungsi lain selain daripada menjadi kata satuan tersebut. Nah, sekarang mari kita lanjutkan pembelajaran yang belum selesai pada artikel yang lalu.

Liang Ci

6. 首 (shou)


首 digunakan untuk menunjukkan satuan untuk hal-hal yang berbau sastra seperti lagu atau puisi. 首 juga memiliki arti lain yaitu kepala atau awal. 首 juga merupakan komponen dari karakter 道 (dao) dari situs feichangzhidao ini. Bagaimana cara penggunaannya? Silahkan dilihat dibawah ini.
Sebagai satuan : 给我们唱两歌吧!gei wo men chang liang shou ge ba! (Nyanyikan 2 lagu bagi kami dong!)
Sebagai awal : 到最后回才发现 dao zui hou hui shou cai fa xian (Sampai akhirnya kembali ke awal baru tersadar)

7. 双 (shuang)


双 berarti sepasang, maka satuan 双 ini biasanya digunakan untuk kaos kaki, sepatu, atau sandal. Ada juga beberapa frasa yang menggunakan 双 tapi bukan sebagai satuan, melainkan memang berarti sepasang/rangkap/dobel. Bingung? Mari kita masuk ke contoh.
Sebagai satuan : 我要卖一拖鞋 wo yao mai yi shuang tuo xie (Saya mau membeli sepasang sandal)
Sebagai kata ganti : 张开手变成翅帮守护你 zhang gai shuang shou bian cheng chi bang shou hu ni (Dengan kedua tangan terbuka menjadi sayap untuk melindungimu) (Lirik lagu Tong Hua)

8. 位 (wei)


位 merupakan satuan untuk orang yang dihormati atau disegani. Sebagai contoh jika ada pelayan restoran yang menanyakan  berapa jumlah orang yang akan ikut makan, maka mereka wajib menggunakan 位 dan dilarang keras menggunakan 个 (ge). Begitu juga jika anda sedang saling telepon dengan orang yang derajatnya lebih tinggi atau orang ayng tidak dikenal, maka anda WAJIB menggunakan frasa 你哪位? (ni na wei? = anda siapa?), dan dilarang keras menggunakan 你是谁? (ni shi shui? = anda itu siapa?) Berikut contoh penggunaan 位 untuk satuan
请问几?qing wen ji wei? (Mohon tanya, berapa orang)
 Kita tidak perlu lagi menggunakan 人 (ren) dibelakang 位,  karena 位 sudah termasuk dengan orangnya.

9. 趟 (tang)


趟 adalah satuan untuk perjalanan (contohnya adalah jika anda ingin membeli sebuah tiket untuk perjalanan tertentu), dan 趟 sendiri juga berarti perjalanan. Contohnya sebagai berikut
Sebagai satuan : 这有什么好处?zhe yi tang you shen me hao chu (perjalanan yang ini punya kelebihan apa?)
Sebagai perjalanan : 那的时候,我久高兴!na tang de shi hou, wo jiu gao xing! (Waktu perjalanan itu, saya sangat senang)

10. 条 (tiao)


条 merupakan kata satuan untuk barang yang memiliki nilai panjang yang lumayan, contohnya celana jeans atau ikan. 条 juga bisa berarti juta (bahasa daerah). Berikut contoh penggunaannya
裤子多少钱?zhe tiao ku zi duio shao qian (Celana ini berapa harganya?)

Banyak ya? Tenang saja saya akan memberikannya sedikit-sedikit agar anda tidak pusing melihat hitam-hitam bengkok seperti itu. Semoga saja dengan saya menulis artikel ini, bisa membantu anda dalam mempelajari 量词 dengan baik. Salam! 
Dwinandha Legawa
Dwinandha Legawa Author blog yang lagi sibuk berkelana. Temukan saya di LinkedIn:

3 comments for "Mengenal Liang Ci Satuan Dalam Bahasa Mandarin (Bagian Dua)"

  1. bagus nih, nambah" ilmu tentang mandarin

    ReplyDelete
  2. penjelasannya mudah di mengerti,, jadi kepingin nih belajar bahasa mandarin..

    ReplyDelete
  3. pas banget nih artikel ama gue yang pingin belajar bahasa mandarin

    ReplyDelete

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog.