Pengertian dan Cara Kerja AdSense Serta Bedanya Dengan Adwords

Google Adsense? Kalau anda adalah seorang blogger maka pasti anda sudah mengetahui seluk beluk jaringan periklanan ini. Namun tidak sedikit juga para blogger yang salah mengerti tentang teknologi google satu ini. Saya akan menjelaskan selengkap-lengkapnya tentang AdSense ini. Silahkan anda baca dan simak.

pengertian adsense dan perbedaannya dengan adwords

1. Apa Itu AdSense

adsense produk dan pengertian
Tipe Produk AdSense
AdSense adalah jaringan periklanan global yang bekerja berdasarkan cookie (Aktivitas Internet) yang terekam pada browser. Artinya script AdSense akan membaca keseharian anda di browser dan menampilkan iklan yang paling sesuai dengan kegiatan anda.

AdSense bekerja di situs mitra host (Blogger dan Youtube) dan non mitra host (Domain sendiri). Khusus mitra host, mereka tidak bisa mendaftar langsung dari situs AdSense, melainkan dari menu penghasilan yang ada di masing-masing situs. Bagi para pengiklan mitra host akan mendapatkan akun hosted (Bisa di upgrade) dan akun jenis ini tidak bisa memasang AdSense mereka di situs non mitra host.

Yang menyediakan iklan adalah para pengiklan dari AdWords. Artinya, setiap iklan yang muncul di web anda, dan iklan yang muncul adalah berdasarkan lelang dari pihak Google. Google memilih iklan dengan bayaran tertinggi untuk tampil di halaman web anda. Tapi, kalau ternyata iklan yang tampil tidak relevan, maka anda bisa memberhentikan iklan lewat dashboard Adsense. Jika anda adalah publisher baru, maka iklan defaultnya adalah iklan Google (sebelum diisi oleh pengiklan AdWords)

Beberapa jenis produk dari AdSense adalah:
AdSense untuk konten : AdSense yang tampil di halaman web.
AdSense untuk pencarian : AdSense yang muncul di halaman pencarian google.
AdSense video : AdSense yang muncul untuk Youtube.
AdSense Mobile (AdMob) : Iklan untuk laman mobile.
AdSense for application : AdSense yang muncul di aplikasi yang terdaftar

Para pemilik web dapat mendaftarkan web mereka untuk menjadi publisher (penayang) AdSense. Tapi, mereka harus mentaati peraturan dan kebijakan Google yang terus diperbarui.

Baca Juga : Google garap teknologi Infrastuktur

2. Apa Itu AdWords?

google adwords management dan pengertian
Fasilitas bagi para pengiklan AdWords
AdWords adalah para pengiklan (Advertiser) yang terdaftar dalam jaringan AdSense. Para pengiklan AdWords menggunakan AdWords Keyword Planner untuk menjaring customernya. Kebanyakan para blogger menggunakan tool tersebut untuk optimasi blog, dan itu salah kaprah karena sebenarnya tool itu ditujukan untuk para pengiklan AdWords.

Para pengiklan AdWords juga menentukan harga tiap kliknya ke Google. Lalu para pengiklan ini berkewajiban untuk membayar ke Google jika dan hanya jika iklannya diklik. Kemudian Google akan membagikan hasilnya kepada penayang AdWords dengan persen yang sudah disepakati.

Sama-sama tentang Google : Google Project Wing "Pak Pos" Terbang dari Google

3. Hubungan AdWords dengan Pendaftaran AdSense 

Mengapa mendaftar AdSense semakin sulit? Sebenarnya ini karena semakin banyak pengiklan AdWords yang bergabung, sehingga Google harus memperketat kebijakan agar kredibilitas mereka tidak turun. Para publisher yang 'nakal' juga terus diberantas karena hal ini akan merugikan bagi para pengiklan AdWords (Mereka membayar tayangan iklan yang sebenarnya tidak ada) dan akhirnya Google lah yang disalahkan.

Cukup jelas kan? Semoga artikel ini membantu anda yang sedang mencari tahu apa itu AdSense. Sampai jumpa!
Dwinandha Legawa
Dwinandha Legawa Author blog yang lagi sibuk berkelana. Temukan saya di LinkedIn:

10 comments for "Pengertian dan Cara Kerja AdSense Serta Bedanya Dengan Adwords"

  1. kerennn broo kapan2 gue mau masang Google adsense juga ni

    ReplyDelete
  2. bru tau saya klau google adsens dan adword itu beda.

    ReplyDelete
  3. Emang beda sih bener banget nih ts

    ReplyDelete
  4. baru tau kalo Google AdSense ama Word Beda :v sumpah baru tau gan :3 makasih infonya yah !

    ReplyDelete
  5. Jadi seperti perbedaannya ya, baru tau ternyata pengiklan itu ada di google adword, kalau cara daftar google adwords gmana mas?

    ReplyDelete
  6. ini ni baru greget bisa di coba. nice info

    ReplyDelete
  7. nice artikel gan, jadi tau lebih mendalam apa itu adsense

    ReplyDelete

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog.