Menjadi Netizen Yang Baik

November 27, 2015
Netizen? Apa lagi tuh? Netizen adalah singkatan dari Internet dan Citizen, jika diterjemahkan maka menjadi masyarakat internet. Netizen sendiri juga dibagi menjadi dua, yaitu netizen aktif dan pasif. Aktif adalah para netizen yang melakukan kegiatan produktif di jagat internet, sedangkan yang pasif adalah para penikmat layanan yang digarap oleh para netizen aktif.

Netizen World
Netizen World

Pertama, saya akan membahas tentang netizen pasif dulu. Netizen pasif identik dengan feedback. Artinya, biasanya setiap orang yaa\ng berkunjung ke suatu situs tertentu, pasti sejatinya ingin memberikan pendapat atau opini terhadap situs tersebut. Baik itu berupa komentar, poling, diskusi, survei, dan lain lain. Namun, ada beberapa etika yang sebaiknya anda taati agar anda tidak dicap sebagai netizen tidak berkualitas, baik itu oleh pengunjung lain atau pun dari pemilik situs.

  1. Jangan pernah nyampah di suatu situs. Nyampah disini artinya bisa bermacam-macam, baik itu spamming, irrelevant comment, bullying, sampai show off (bahasa sederhananya adalah sok pintar). Melakukan salah satu dari kegiatan tadi akan memberikan kesan buruk. Pernah beberapa kali situs ini mendapat komentar tidak jelas (biasanya sih kata "nice info" yang diikuti iklan baris beserta link) dan jujur saja saya langsung menghapus komentar orang tersebut (kalau ada fitur bane IP, pasti saya bane dia). Atau misalnya anda melakukan bullying, contohnya ketika ada seorang pemula yang tidak tahu apa-apa lalu mengirimkan thread polos (biasanya pertanyaan lugu yang terkadang membuat dia terlihat bodoh), ada baiknya anda sebagai senior tidak menyerang dia. Saya sering mendapati kejadian ini di grup diskusi di Facebook.
  2. Jangan bersikap apatis. Tidak nyampah bukan berarti anda lantas diam saja. Ingat, setiap masukan anda sangat berarti bagi pemilik dan pengembang situs. Lagi pula, jika anda memang punya ilmu yang lebih tinggi, kenapa tidak dibagikan? Mungkin saja anda bisa menjadi mastah (master) di topik diskusi yang anda ikuti? Sikap apatis juga membuat anda rugi sendiri, karena dunia internet juga salah satu panggung untuk unjuk kemampuan. Jangan disia-siakan!
  3. Jangan menjadi HATERS! Saya berpikiran kalau menjadi haters adalah tindakan yang sia-sia. Sekarang coba anda pikir, jika anda membenci seseorang sampai sedalam-dalamnya lalu anda hanya memaki-maki di media sosial, apakah itu membuat anda lebih terhormat? Atau justru orang lain akan semakin memandang rendah diri anda? Lagi pula, beberapa haters juga terkadang hanya terprovokasi dari berita yang belum tentu benar, dan satu lagi, menghina seseorang di internet juga bisa dikenakan hukuman pidana.
  4. Taati aturan yang berlaku. Terakhir, setiap situs pasti memiliki aturan yang berbeda (meskipun ada beberapa poin yang sama). Pastikan anda mentaati semua aturan yang dilampirkan pada halaman Terms and Conditions atau Disclaimer sebelum anda memulai menjelajahi situs.
Netizen aktif juga demikian. Ada beberapa etika yang sebaiknya anda jalankan agar para pengunjung (atau mungkin fans) betah saat menikmati layanan anda. Berikut diantaranya:
  1. User friendly. Etika pertama dan terutama, bersikap ramah terhadap pengunjung dan pelanggan. Tanpa mereka, apapun yang anda buat, tidak akan ada gunanya. Jangan sekali-kali anda mendiskreditkan seseorang baik dalam lingkungan konten maupun pengunjung.
  2. Up To Date. Sekarang ini jamannya smartphone canggih, sudah tidak jaman lagi bro anda membahas fitur dan keunggulan pager!. Itu cuma sedikit contoh kecil saja. Di sini, maksudnya adalah anda sebisa mungkin (atau bahkan harus) menyajikan konten yang berkaitan dengan topik yang terkait dengan masa kini.
  3. Kelola situs anda agar pengunjung betah. Hal ini yang terkadang dilupakan, terutama untuk para pemilik situs baru. Demi alasan keren, situs dipermak sedemikian rupa sampai terlihat seperti mural di tembok kamar mandi. Sebisa mungkin gunakan perpaduan warna yang tidak menyiksa mata pengunjung. Lalu, ada baiknya anda tidak terlalu money oriented, maksudnya jangan melakukan monetasi (memasang iklan) yang berlebihan pada situs. Kasihan pengunjung anda, berapa banyak akses internet yang dibutuhkan untuk merender 1 situs anda?
Netizen aktif dan pasif yang bersinergi dengan baik akan menciptakan lingkungan internet yang aman, tertib, dan bermanfaat. Ayo, hentikan kegiatan tidak berguna anda sebagai netizen di jagat internet! Dan mulailah berpartisipasi dalam menciptakan dunia internet yang aman, tertib, dan bermanfaat bagi orang lain dan diri anda sendiri. Salam!

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

2 Comments

Write Comments
umar faqih
AUTHOR
November 28, 2015 at 10:22 PM delete

Ya, Penting bannget Gan. Sekarang Banyak yang jadi Haters

Reply
avatar
Rizal Fauzi
AUTHOR
November 29, 2015 at 5:21 AM delete

Netizen? apaan tuh baru tau ane ternyata ada juga penjelasaannya di atas mantap dah jadi ngerti apa itu Netizen :v

Reply
avatar

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *