Fitur Baru Word Counter, Reading Time

Mungkin anda pernah terpikir seberapa lama waktu yang dibutuhkan orang untuk menyelesaikan membaca artikel anda. Karena intelektual setiap orang berbeda, maka kecepatan membaca setiap orang juga berbeda. Untuk membantu anda mengira-ngira seberapa lama pengunjung menghabiskan artikel anda, wordcounter.net menyediakan fasilitas Reading Time atau waktu yang dibutuhkan pembeca untuk menyelesaikan membaca.

Word Counter Reading Time


Saya sudah pernah membahas fasilitas penghitung kata yang lengkap dengan kepadatan keyword ini di pos sebelumnya (Baca : Word Counter, Fasilitas Penghitung Kata Dengan Fitur Lengkap). Dan ketika saya mencoba menggunakan fasilitas ini lagi, ternyata Word Counter telah menambahkan sebuah fitur baru ini.

Jujur saja, saya baru pertama kali menemukan fitur unik seperti ini. Word counter sendiri menghitung Reading Time berdasarkan kecepatan membaca rata-rata setiap orang yaitu 275 kata per menit. Berikut rumus yang digunakan untuk menghitung kecepatan membaca secara manual:
K/WM  = KM
Dimana :

  • K adalah Jumlah kata yang dibaca
  • WM adalah  waktu yang diperlukan untuk membaca seluruh artikel dengan satuan menit
Hasilnya adalah KM atau kkecepatan membaca dalam satuan kata per menit. Rumus ini dikembangkan oleh Tampubolon. Standar yang ditetapkan adalah 250 kata per menit. Sedangkan word counter menggunakan standar 275 kata per menit.

Namun jika anda ingin mencoba dengan ukuran kecepatan orang yang lebih anda bisa menekan tombol "play" yang ada di pojok kanan bawah bagian artikel. Kecepatan membaca akan dihitung dengan tingkat tertinggi dari 200.000 kata per menit sampai tingkat paling parah yaitu 1 kata per menit.

Lalu apa gunanya? Salah satu kegunaan yang paling penting bagi blogger adalah untuk mencegah bounce rate atau rasio pentalan. Apa itu bounce rate? Bounce rate adalah ketika orang mengunjungi situs anda namun orang tersebut tidak melakukan interaksi (sesi) apapun di situs anda.

Manfaat yang lain adalah untuk melihat seberapa lama pengunjung anda membaca artikel anda. Dengan begitu, anda juga mengetahui seberapa jauh intelektual pengunjung anda. Apalagi jika digabungkan dengan tools Google Analytics.
Dwinandha Legawa
Dwinandha Legawa Author blog yang lagi sibuk berkelana

Post a Comment for "Fitur Baru Word Counter, Reading Time"