Kenapa Harus Shorten URL?

Ada yang masih belum tahu apa itu Shorten URL? Shorten URL berguna untuk kemudahan publikasi situs website. Kebanyakan dari para blogger sudah menggunakan layanan ini untuk memudahkan mereka saat berbagi link. Bagaimana preferensinya? Coba dilihat perbedaannya:

Tanpa Shorten URL :
https://www.xinfczd.com/2015/08/pelajaran-di-sekolah-tidak-penting.html
Dengan Shorten URL:
https://goo.gl/p0R48j
Atau
 https://adf.ly/1Nsj2W
Bisa dibayangkan bagaimana jika anda ingin berbagi link lewat tulisan tangan jika tanpa shorten URL. Salah satu penyedia layanan ini yang paling terkenal adalah goo.gl (besutan Google). Cara penggunaannya juga sangat mudah. Berikut akan saya berikan beberapa penyedia shorten URL yang bisa anda gunakan sewaktu waktu.

1. Goo.gl



penyingkat URL


Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, goo.gl adalah layanan shorten URL yang paling umum digunakan. Selain situsnya tidak berat, anda hanya perlu melakukan copy paste link di kolom yang disediakan. Setelah itu alamat situs yang sudah disingkat akan muncul dan langsung bisa digunakan. Goo.gl juga menyediakan layanan analytics guna memonitor jumlah kunjungan dari situs yang didaftarkan. Goo.gl juga menyediakan layanan history, sehingga anda tidak akan kehilangan link yang sudah anda daftarkan sebelumnya. Sayangnya anda tidak bisa mendapatkan uang dari goo.gl, layanan ini hanya ditargetkan untuk kepraktisan saja.

2. Adf.ly


penyingkat URL

Ini dia penyingkat URL paling epik di dunia blogger. Hanya dengan menggunakan layanan ini anda bisa mendapatkan uang dengan mendaftarkan URL di adf.ly ini. Cara kerjanya sangat mudah. Anda cukup mendaftar dengan mengeklik sign up seperti website pada umumnya. Lalu anda bisa memulai mendaftarkan URL. Anda juga harus memasang script terlebih dahulu.

Anda harus membagikan link yang sudah disingkat untuk mulai mendapatkan uang. Nanti pengunjung akan melihat iklan terlebih dahulu sebelum tiba ke situs anda dengan mengklik skip ad di pojok kanan atas. Penghasilan akan dihitung per pengunjung. Oh ya, anda juga bisa bergabung ke program afilasi untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

3. Shorte.st


penyingkat URL


Hampir sama seperti adf.ly, hanya saja untuk shote.st juga menawarkan penghasilan lewat social media share.

Menarik kan? Semua bisa menggunakan layanan ini tanpa dipungut biaya, malah mereka yang akan membayar anda. Masih banyak penyedia layanan lain yang tidak saya sebutkan disini karena kurangnya wawasan saya. Menggunakan layanan penyingkat URL selain lebih praktis juga menguntungkan bukan? Memang tidak ada sesuatu hal tanpa kekurangan. Yup, salah satu kekurangan penyingkat URL adalah terkadang iklan yang ditampilkan terkesan tidak jelas. Tapi tujuan utamanya memang bukan mencari uang kan?
Dwinandha Legawa
Dwinandha Legawa Author blog yang lagi sibuk berkelana. Temukan saya di LinkedIn:

2 comments for "Kenapa Harus Shorten URL?"

  1. mantab gan saya sering menggunakan yang goo.gl, sangat bermanfaat artikelnya, ditunggu artikel selanjutnya gan ^_^

    ReplyDelete
  2. bagus ya mas ,, klu shoretn URL bit.ly gak mask juga mas?

    ReplyDelete

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog.