Zat-zat Berbahaya Pada Knalpot Beserta Efeknya

Hari gini nggak pake motor? Kebacut banget yak?! Eh, tunggu dulu! Di dunia ini tidak ada kendaraan yang dapat melakukan pembakaran bahan bakar dengan sempurna! Nah loh?! trus efeknya apa? Sebelum masuk ke zat mematikan tersebut mari kita lihat skema pembakaran bensin yang seharusnya:
2C8H18 + 25O2 --> 16CO2 + 18H20
Contoh diatas adalah reaksi dari pembakaran bensin yang sempurna (menurut teori sih ya). Jika dilihat, tidak ada zat yang berbahaya dari hasil reaksi pembakaran (Kecuali CO2  saja). Lantas bagaimana kenyataannya? Berikut reaksinya:
2C8H18 + 21O2 --> 8CO + 18H2O + 8CO2
Wow? Ada CO-nya!  Apa spesialnya? Yah asal tahu saja, kemampuan CO untuk berikatan dengan darah jauh lebih besar daripada Oksigen, sehingga jika anda terlalu banyak menghirup CO, kadar oksigen dalam darah akan turun jauh dan pada jumlah tertentu dapat mengakibatkan kematian. Bukan hanya itu saja! Berikut saya tunjukkan beberapa zat berbahaya hasil pembakaran bahan bakar yang tidak sempurna:

1. Karbon Monoksida (CO)


Sumber : Emisi kendaraan bensin akibat berkurangnya campuran udara pada proses pembakaran

Efek : Memiliki kemampuan berikatan dengan hemoglobin 200x lebih kuat dari oksigen. Menghirup zat ini dalam jumlah banyak akan berakibat kematian

2. Nitrogen Oksida (NOx)


Sumber : Emisi kendaraan bensin maupun solar akibat proses pembakaran yang tidak sempurna

Efek : ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut)

3. Timbal (Pb)


Timbal merupakan zat yang ditambahkan dalam bensin (Nama kerennya TEL atau tetra etyl lead) dalam rangka meningkatkan bilangan oktan yang dapat meningkatkan kualitas bensin.

Sumber : Emisi dari kendaraan bensin beroktan rendah (RON 88).

Efek : Meracuni sistem pembekuan darah, hipertensi, kemandulan, menurunkan tingkat kecerdasan anak.

4. Hidrokarbon (CxHy)


Sumber : Pembakaran bahan bakar yang tidak sempurna

Efek : Ngantuk, iritasi pada mata, leukemia, kanker paru-paru

WOW, super sekali kan?  Bagaimana kalau kita tidak terlalu menggunakan bahan bakar bensin (Meskipun ini adalah kondisi yang dilematik). Jalan kaki saja jika jarak tidak terlalu jauh atau bersepeda. Jangan ke tetangga saja harus naik motor! Wkwkwkwkwk. Yah cukup sampai disini dulu ya 再见!
Dwinandha Legawa
Dwinandha Legawa Author blog yang lagi sibuk berkelana. Temukan saya di LinkedIn:

1 comment for "Zat-zat Berbahaya Pada Knalpot Beserta Efeknya"

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog.