Charles Babbage Sang Penemu Komputer

June 28, 2015
Setiap orang pasti pernah menggunakan komputer (Kecuali orang pedalaman banget ya). Komputer terkenal karena kecanggihannya untuk internet, bermain game, kerja, dll. Tetapi jaman dulu, ternyata komputer hanya digunakan sebagai alat hitung! Itupun ukurannya sangat besar dengan bobot yang sangat berat! Berikut adalah artikel tentang sejarah komputer yang diciptakan oleh Charles Babbage.

charles babbage quotes and history sejarah

Charles Babbage lahir pada tanggal 26 Desember 1791, di daerah Southwark, London, Inggris Raya. Ayahnya bernama Benyamin Babbage dan berprofesi sebagai bankir di kota London. Ia adalah ilmuwan matematika yang berasal dari Inggris, yang pertama kali mengemukakan gagasan tentang komputer yang diprogram. Sebagian dari proyek mesin komputer gagasannya sudah mulai dibuat, namun tidak selesai. Saat ini, mesin tersebut masih bisa kita lihat secara utuh di Museum Sains London.

Charles Babbage merupakan salah satu ikon yang paling terkenal dalam sejarah komputer yang disebut sebagai 'kalkulator otomatis' atau 'mesin penghitung' yang pertama. Ia juga dikenal sebagai Bapak Komputer. Sebuah komunitas amal memakai nama Charles Babbage untuk menghargai kontribusinya terhadap dunia komputer.

Charles Babbage memiliki kecerdasan dan kegeniusan yang luar biasa di bidang matematika. Kemampuannya meningkat tajam di Trinity College, Universitas Cambride pada tahun 1811. Bahkan, kemampuannya melebihi gurunya sendiri.

Ketika usianya mencapai 20 tahun, Charles Babbage bekerja sebagai seorang ahli matematika, khususnya di bidang fungsi kalkulus. Pada tahun 1816, ia terpilih sebagai anggota Royal Society, serta mempunyai peranan yang sangat pentng di Yayasan Astronomical Society (Organisasi Astronomi dan Geofisika Inggris Raya).

Pada tahun 1821, Charles Babbage menciptakan mesin hitung yang dapat menyusun tabel matematika. Ketika melengkapi tabel tersebut pada tahun 1832, tiba-tiba ia mendapatkan ide yang lebih baik yaitu mesin yang dapat menyelesaikan lebih dari satu jenis bagian dari berbagai jenis operasi penghitungan matematika.

Pada tahun 1856, Charles Babbage menciptakan sebuah mesin yang diberi nama analytical engine yang berfungsi sebagai mesin untuk memanipulasi simbol umum, serta memiliki beberapa karakteristik, seperti komputer modern yang dilengkapi berbagai aplikasi, seperti penggunaan punched card (Sebuah unit memori untuk memasukkan angka) serta berbagai komponen dasar komputer lainnya.

Charles Babbage meninggal pada 18 Oktober 1871 dalam usia 79 tahun. Selanjutnya, penemuannya tentang mesin penghitung terus dikembangkan. Pada tahun 1937, Howard H. Aiken, seorang sarjada dari Universitas Harvard,  bekerja sama dengan IBM (International Business Machines), yang kemudian berhasil membuat Mark I, sebuah komputer pertama yang bisa dimanfaatkan dalam segala keperluan. Sejak saat itu, kemajuan teknologi komputer berkembang dengan pesat.

Pada tahun 1991, dengan menggunakan perencanaan ciptaan Charles Babbage, sebuah mesin diferensial dikembangkan, dan mesin ini pun dapat berfungsi secara sempurna, yang membuktikan bahwa pemikira Charles Babbage tentang mesin penghitung memang bisa diimplementasikan.


Dengan begitu panjang dan rumitnya sejarah kompuer, harusnya kita sebagai pengguna harus bisa memanfaatkan komputer dengan baik dan produktif. Semoga artikel ini dapat membuat para pembaca semakin memanfaatkan komputernya dengan baik. Terima kasih.

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 Comments:

Write Comments
June 28, 2015 at 11:41 PM delete

keren bro,, memberikan inspirasi saya

Reply
avatar

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *