Catalytic Converter, Pencegah Polusi Udara Pada Knalpot Kendaraan

June 29, 2015
Kendaraan bermotor identik dengan polusi udara, dikarenakan gas buangan dari kendaraan tersebut termasuk zat yang bersifat polutan.  Gas buangan dari kendaraan bermotor banyak mengandung gas berbahaya seperti gas CO, NO, dan NO2. Gas CO berbahaya karena dapat meracuni darah, sedangkan gas NO dan NO2 merupakan gas yang menyebabkan lubangnya lapisan ozon bumi kita dan menyebabkan hujan asam. Selain gas tersebut, masih ada zat timbal (Pb) yang berasal dari zat aditif pada bensin (TEL).


catalytic converter
Berbagai cara telah dilakukan untuk mencegah serta mengatasi polusi tersebut. Mulai dari percobaan, penelitian, riset, dll. Tapi, belum ada yang bisa menemukan cara terbaik. Salah satu cara yang sekarang ada adalah dengan mengganti TEL/Timbal dengan MTBE (Methyl Tertra Butyl Ether) yang lebih ramah lingkungan.

Untuk mencegah terbentuknya gas-gas berbahaya pada gas buang kendaraan bermotor, salah satu penelitian yang dilakukan adalah dengan mencoba mengondisikan agar terjadi reaksi antara gas CO dengan gas NO dan reaksi antara hidrokarbon dengan gas NO2. Detailnya ada dibawah ini.

2CO + 2NO --> 2CO2 + N2CH4 + 2NO2 --> CO2 + N2 + 2H2O
Reaksi tersebut hanya dapat berlangsung pada suhu yang sangat tinggi, padahal pada suhu tersebut kinerja mesin tidak bisa maksimal. Oleh karena itu, diperlukan suatu katalis yang dapat mempercepat reaksi tersebut pada suhu rendah.

Dari penelitian telah ditemukan suatu katalis yang terbuat dari campuran logam platina dan rhodium. Katalis tersebut dipasang pada knalpot kendaraan dan dibentuk seperti sisir (beronnga). Dari hasil penelitian tersebut, ternyata katalis mampu bekerja dengan baik pada suhu 400 derajat Celcius dan dapat bertahan sekitar 80.000 Km.

Di negara maju, mereka sangat memperhatikan tingkat polusi di lingkungan mereka, sehingga setiap kendaraan bermotor wajib memasang alat ini pada knalpot yang dikenal sebagai Catalytic Converter

Ini juga merupakan langkah awal untuk mengurangi polusi udara di masa depan. Semoga alat ini semakin disempurnakan agar di masa depan kita terlepas dari pemanasan global. Sekian.

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

4 Comments

Write Comments
June 29, 2015 at 1:24 AM delete

Baru tau ane gan, boleh juga nih dicoba #Mimpiterus

Reply
avatar
June 29, 2015 at 2:06 AM delete

Catalytic ini bisa menjadi salah satu alternatif min untuk mencegah timbulnya polusi udara.

Makasih nih infonya, nambah ilmu lagi :D

Reply
avatar
June 29, 2015 at 2:21 AM delete

Yup, kalau di Indonesia semua kendaraan wajib pakaei konverter ini...Wah polusi udara negeri kita pasti berkurang :)

Reply
avatar

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *