Review Medsos Asli Indonesia : Berflower.id, Bisa Dapat Duit?

July 10, 2019
Siapa nih yang aktif banget di sosial media? Sudah tahu belum, kalau ada media sosial asli Indonesia yang beralamat di berflower.id? Saya yakin anda juga baru dengar. Nah, jika anda ingin mencobanya, mungkin anda bisa melihat review sekilas dari saya yang baru saja menggunakan media sosial unik ini.

Kalau dilihat-lihat sih, antarmukanya nggak beda dengan Facebook ya. Mungkin menggunakan API atau source code yang sama dengan Facebook. Percaya deh, begitu anda masuk anda tidak akan bingung dengan cara menggunakannya. Medsos ini hadir dengan tagline 'Medsosnya Netijen +62'. Cukup unik menurut saya.

Review Medsos Asli Indonesia : Berflower.id, Bisa Dapat Duit?

Nama berflower sendiri diambil dari plesetan kata 'berkembang', dimana bahasa Inggris dari 'kembang' adalah 'flower'.

Fitur-fitur

Fitur dari media sosial ini, yah cukup lengkap namun kurang stabil. Anda bisa membuat page baru, group, sampai memainkan permainan ringan layaknya media sosial Facebook. Untuk timeline/news feed sendiri juga sudah cukup lengkap, dimana anda bisa mengupload foto, video, check-in lokasi, dan sebagainya. Terdapat juga fitur 'Story' yang fenomenal dan 'reaction' seperti layaknya Facebook.

Sayangnya untuk keperluan upload sedikit ada bermasalah dimana jika anda mengupload gambar lebih dari satu, maka semua gambarnya akan terpos dalam thread yang terpisah. Yah, namanya juga medsos baru. Mungkin aplikasinya masih belum cukup stabil.

Antarmuka Berflower
Antarmuka berflower, tidak begitu sulit dipelajari

Anda juga bisa melakukan jual beli seperti layaknya marketplace di Facebook atau sekadar menulis artikel seperti di Quora. Cukup lengkap dan komprehensif, fitur pendukungnya juga sangat baik, tidak jauh berbeda dengan kompetitor.

Ada juga daftar hashtag yang sedang trending, yang sistemnya juga sama seperti Twitter yaitu dengan menghitung jumlah postingan yang mengandung hashtag yang sama.

Satu lagi, anda mungkin akan menemukan bahwa gambar diberi watermark oleh pihak medsos. Jika anda merasa terganggu, anda bisa langsung melapor ke moderator berflower.

Secara garis besar, saya menyimpulkan bahwa medsos ini adalah 'combo' dari Facebook, Twitter, Quora, dan Instagram. Mungkin terkesan terlalu ambisius, tapi ini merupakan ide yang bagus jika dieksekusi dengan baik dan sangat potensial.

Bahasa

Bahasa yang digunakan di medsos ini sudah disetel ke Indonesia secara default. Anda akan menemukan bahwa medsos ini dipenuhi dengan bahasa gaul ala anak muda. Ya, karena memang sasaran sementara saat ini mungkin hanya khusus anak muda yang doyan curhat dan ngedrama di medsos, tanpa kebutuhan professional.

Ada 'Verfied' juga

Sama seperti media sosial pada umumnya. Untuk mengantisipasi adanya pemalsuan akun, pihak berflower juga memberikan logo 'verified' pada halaman yang anda buat. Sedangkan untuk akun pribadi, anda perlu berlangganan akun premium terlebih dahulu sebelum bisa melakukan 'permintaan verifikasi'.

Halaman situs ini, Feichangzhidao Indonesia juga diberi simbol 'verified'. Mungkin karena moderatornya sudah tahu kalau adminnya cuma satu, hahaha.

Sistem pertemanan

Sistem pertemanan dari medsos berflower ternyata mengikuti format twitter dan Instagram, yaitu dengan follow dan followong. Anda juga akan menemukan beberapa saran pertemanan saat awal-awal anda login, jika anda menggunakan Facebook/akun Google, mungkin saran ini berasal dari teman FB/Google yang juga sudah menggunakan berflower.

Yah, sejauh ini masih hanya saya sih yang menggunakan berflower di lingkaran pertemanan medsos saya, termasuk di pengikut Instagram Feichangzhidao Indonesia. Semoga saja medsos ini bisa melebarkan sayapnya.

Dukungan platform

Sejauh ini berflower sudah mendukung platform android dan web. Saya sendiri belum mencicipi aplikasi androidnya sebab sistem penyimpanan saya sudah penuh gara-gara Instagram dan LINE@, tapi saya rasa mungkin tidak berbeda dengan aplikasi medsos pada umumnya.

Bisa dapat duit?

Ya saya paham mengapa pihak pengembang memberikan fitur 'mencari uang' lewat medsos ini. Tentu saja karena tidak ada satu orang pun yang akan menolak penawaran mencari uang secara gratis lewat internet.

Di medsos ini pun juga begitu, dimana anda bisa mendapatkan poin setiap melakukan sesuatu di dalam medsos ini. Jumlah poin yang didapatkan bervariasi, bergantung dari kegiatan yang anda lakukan.
  1. 20 poin untuk membuat pos baru
  2. 10 poin untuk berkomentar di pos lain
  3. 5 poin untuk memberikan reaksi di pos lain
Well, ini hanyalah sekadar pemanis ya. Sebab saya tidak mendaftar ke berflower untuk mengejar ini, tapi untuk melebarkan sayap Feichangzhidao saja. Anda bisa melakukan penarikan poin jika saldo sudah mencapai 50.000 rupiah (1000 poin setara dengan 1 USD)

Akhir kata, langkah ini cukup baik untuk mengurangi ketergantungan teknologi luar negeri. Apakah berflower alias 'Medsosnya Netijen +62' ini bisa berkembang dan menaklukan kompetitornya? Satu lagi yang paling penting, anda tidak bisa melakukan SARA dan konten negatif sebab akan terfilter secara otomatis oleh sistem keamanan berflower. Dengan ini, maka tujuan medsos bebas konten negatif bisa terwujud secara perlahan-lahan.

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *