Mengenal Teknologi OTP (One Time Password) Lebih Dekat

April 22, 2019
Perkembangan teknologi sedang pesat-pesatnya. Berbagai inovasi dilakukan untuk memudahkan setiap pengguna, dan salah satunya adalah sistem otentifikasi elektronik bernama OTP atau One Time Password. Kode ini biasanya memiliki susunan 6 angka.

Apa sih OTP itu?

OTP merupakan salah satu alat untuk mengotorisasi proses masuk akun. Jika jaman dulu kita menggunakan ID dan Password untuk melakukan login, maka sekarang tidak lagi. Pengguna biasanya sulit mengingat ID dan Password yang beragam dalam jangka panjang. Apalagi dengan potensi bahaya dari penyadap (seperti keylogger), maka ID dan Password semakin dinilai tidak efektif.

Mengenal Teknologi OTP (One Time Password) Lebih Dekat

OTP biasanya dikirim lewat nomor ponsel, dimana setiap orang tidak mungkin memiliki nomor ponsel yang sama. OTP hanya berlaku paling lama sekitar 30 menit dan setelah itu sudah tidak bisa digunakan lagi.

Fungsi OTP

Seperti yang sudah saya sampaikan di atas, kode OTP digunakan untuk proses login akun. Beberapa aplikasi seperti Whatsapp dan fintech (financial technology), menggunakan OTP untuk proses login tanpa ID maupun password tambahan.

OTP ini bersifat pribadi dan rahasia! Anda jangan memberikan kode OTP kepada siapapun, termasuk petugas atau customer service dari aplikasi bersangkutan, karena sekali kode OTP anda jatuh ke tangan oknum maka akun anda bisa diutak atik oleh oknum tersebut.

Seberapa efektif sih OTP itu?

Salah satu keunggulan utama OTP adalah tidak perlu diingat. Namun, ini artinya anda harus memastikan nomor ponsel anda selalu aktif atau anda tidak dapat melanjutkan sesi login bahkan jika anda terhubung dengan Wi-Fi.

Anda perlu memastikan bahwa ponsel tidak diatur dalam posisi mode pesawat dan bisa menerima sinyal dengan baik agar kode OTP dapat diterima.

Jika dibandingkan dengan Password atau PIN, tentu saja OTP jauh lebih efektif. Saya sendiri sudah merasakannya, karena saya tidak perlu mengingat ID serta password untuk setiap akun. Saya hanya perlu menginput nomor ponsel dan semua urusan login bisa tertangani dengan mudah dan aman.

Ada yang perlu digarisbawahi, yaitu kode OTP sering disalahgunakan oleh oknum penipuan. Anda perlu waspada jika ada oknum yang mengatakan bahwa OTP digunakan untuk penarikan tunai pada jual beli online.

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *